Jakarta, Gizmologi – Dampak pandemi yang menyeluruh juga berikan dampak ke banyak sektor pekerjaan. Tak sedikit masyarakat yang terpaksa harus kehilangan kerja, sementara pemilik bisnis merasa kesulitan untuk melakukan rekrutmen karyawan baru. Platform solusi manajemen tenaga kerja bisa hadir sebagai solusi, dan itulah mengapa Sampingan catat pertumbuhan positif.

Hadir berikan solusi yang komprehensif, platform yang baru didirikan sejak 2018 ini diklaim makin diminati oleh masyarakat, sebagai destinasi untuk mencari lowongan pekerjaan. Klaim tersebut juga tumbuh berdasarkan data, di mana selama pandemi, jumlah mitra (atau yang disebut dengan Kawan Sampingan) tumbuh hingga lebih dari 3 kali lipat.

Baca juga: 5 Tip Sukses Terapkan Sistem Bekerja Jarak Jauh Kini dan Nanti

Kini jumlah mitra telah lebih dari 1 juta orang dibandingkan periode sebelum pandemi, buktikan kemampuan perusahaan dalam berikan solusi bagi para tenaga kerja di tengah pandemi. Beri dampak positif bagi 29,4 juta orang yang terdampak langsung, berdasarkan data dari Kementerian Ketenagakerjaan Republik RI (Kemnaker RI).

Sampingan Bawa Tiga Jenis Layanan Utama Menyeluruh

Kawan Sampingan

Wisnu Nugrahadi, CEO & co-founder Sampingan mengatakan, para pekerja termasuk kerah biru (blue collar) butuh lebih dari sekadar sistem pencocokan kerja. “Mereka juga membutuhkan sistem yang membuat keseluruhan proses pekerjaan lebih mudah, seperti rekrutmen, pelatihan di tempat kerja, proses penggajian, hingga asuransi kesehatan.”

Lewat platform ini, para pekerja tersebut bisa mengakses beragam lowongan pekerjaan sesuai keahlian dan kemampuan, serta mendapatkan manfaat pekerjaan yang lebih terstruktur. Memanfaatkan teknologi untuk bantu atasi ketidakpastian dalam bekerja selama masa pandemi.

Wisnu menambahkan, platform bikinannya juga terus diandalkan oleh para rekan bisnis sebagai solusi workforce, dengan adanya penyempurnaan fitur dan layanan. Berkat proses staffing yang bisa diandalkan, kini tercatat lebih dari 150 perusahaan skala kecil dan besar yang sudah menjadi rekan bisnis dari Sampingan.

Jenis pelayanannya sendiri beragam, meliputi kebutuhan pekerjaan logistik dan pergudangan, pemasaran lapangan, riset, layanan pelanggan sampai administrasi. Sementara untuk tiga layanan utamanya sendiri, ada Sampingan Systems berupa layanan software as a service (SaaS), Sampingan Manpower yang merupakan layanan perekrutan dan staffing, serta Sampingan Solutions.

Layanan terakhir hadir berikan solusi menyeluruh. Dapat dimanfaatkan rekan bisnis untuk atur seluruh proses mulai staffing, laju performa pekerjaan hingga pelaporan kinerja secara agregat.

Terus Bantu Masyarakat & Perusahaan Kembangkan Bisnis

Platform Sampingan

Salah satu Kawan Sampingan, Fikri merasakan manfaat setelah tergabung ke dalam platform Sampingan semasa pandemi. Ia mengatakan bila adanya situasi yang tak menentu ini membuatnya terpaksa berhenti bekerja sebagai wedding organizer, membuatnya kehilangan pendapatan.

Setelah bergabung sejak September 2020, ia bekerja sebagai sales canvasser. “Berbeda dengan pekerjaan sebelumnya, setelah bergabung saya mendapatkan pemasukan yang lebih pasti tiap bulan. Dan lebih dari itu, saya juga mendapatkan pengalaman kerja dan keterampilan penerapan marketing yang dapat menunjang kinerja saya,” tambah Fikri.

Sampingan mencoba untuk bantu perusahaan dalam kembangkan bisnis secara fleksibel, lewat solusi komprehensif yang bisa dimanfaatkan seperti recruitment dan pengelolaan pekerja. “Solusi ini terbukti efektif dan semakin diandalkan para perusahaan untuk proses pencarian pekerja mereka,” tutup Wisnu.



from Gizmologi https://ift.tt/2Tyiy04
via IFTTT