Jakarta, Gizmologi – Keamanan siber menjadi isu yang terus bergulir dengan berbagai kasus yang terus bergulir. Telkomsel pun berupaya tanggap dengan kondisi itu. Mereka menghadirkan Telkomsel IoT Sphere yang memberi perlindungan terkait potensi ancaman siber dengan layanan berbasis Internet of Things (IoT) untuk segmen korporasi.
Inisiatif ini dianggap sebagai wujud nyata Telkomsel yang berupaya menghadirkan solusi digital yang lebih komprehensif dan aplikatif di berbagai sektor melalui pemanfaatan teknologi digital terdepan. Termasuk memahami tingginya kebutuhan konsumen di segmen enterprise terhadap keamanan aset dan jaringan yang sangat rentan pada berbagai serangan siber.
Baca juga: Kejahatan Siber Bisa Datang dari Perangkat IoT Non-Bisnis
Hal ini ditegaskan oleh Alfian Manulang, Vice President Internet of Things Telkomsel yang melihat sudah banyak perusahaan yang saat ini semakin mengadopsi beragam teknologi komunikasi berbasis digital sebagai upaya meningkatkan efektivitas dan produktivitas di tengah kondisi yang begitu menantang. Salah satunya dengan mengimplementasikan teknologi IoT.
“Dengan menghadirkan Telkomsel IoT Sphere, kami berupaya membuat aset IoT yang dimiliki perusahaan tetap terjaga dan aman dari berbagai potensi ancaman seperti virus maupun gangguan berbahaya lainnya dengan mekanisme yang praktis, karena dilengkapi dengan sistem mitigasi yang dapat mendeteksi potensi ancaman secara otomatis dan real-time,” ujar Alfian dalam konferensi pers virtual Telkomsel IoT Sphere di Jakarta (24/11).
Apa itu Telkomsel IoT Sphere?
Telkomsel IoT Sphere adalah solusi layanan keamanan IoT untuk memberi perlindungan optimal pada jaringan pelanggan dari segala ancaman dan eksploitasi secara komprehensif yang dapat menjaga kinerja dan produktivitas perusahaan. Layanan ini menawarkan berbagai fitur unggulannya yang berfokus dalam menjaga keamanan aset IoT perusahaan.
“Hadirnya sistem keamanan terintegrasi ini juga menjadi bagian dari upaya kami dalam menghadirkan solusi digital Telkomsel IoT yang lebih menyeluruh. Sehingga konsumen di segmen enterprise dapat lebih fokus dalam mengembangkan bisnis tanpa adanya kekhawatiran serangan siber yang dapat merusak aset dan mengganggu produktivitas perusahaan,” imbuh Alfian.
Ada setidaknya empat fitur unggulan yang ditawarkan Telkomsel IoT Sphere yaitu sebagai berikut:
- Just on Click membuat platform mudah dikonfigurasi dengan akses visual interaktif yang sederhana dan didukung sistem monitoring ancaman yang mendetail.
- Security and Threats protection merupakan database berisikan berbagai jenis virus dari seluruh dunia, malware, maupun ancaman lainnya yang telah diintegrasikan sehingga memungkinkan platform secara otomatis melakukan tindakan pencegahan yang tepat.
- Device Agnostic yang memungkinkan platform dapat diaplikasikan ke semua perangkat maupun aplikasi, dan didukung dengan End Device Protection serta sistem monitoring ancaman yang non-intrusif.
- Routing & Filtering yang memungkinkan pengguna memiliki fleksibilitas dalam mengatur koneksi data dengan segmentasi yang komprehensif dan filtering system yang kuat sehingga keamanan koneksi data tetap terjaga
Penerapan Telkomsel IoT Sphere di berbagai sektor
Berbekal fitur dan keunggulan tersebut, Telkomsel IoT Sphere menjadi layanan smart security solutions yang dapat diaplikasikan untuk beragam kebutuhan keamanan oleh lintas sektor industri. Sektor perbankan dapat memanfaatkan konektivitas VPN Telkomsel IoT Sphere untuk melindungi jaringan mesin ATM dari serangan siber seperti phishing maupun ancaman lainnya.
Kemudian kantor pelayanan publik seperti Samsat juga dapat mengoptimalkan sistem keamanan cloud Telkomsel IoT Sphere untuk menjaga keamanan data pengguna layanan dan aplikasi yang sangat sensitif. Hingga startup dompet digital untuk meningkatkan pengamanan transaksi konsumen melalui mesin Electronic Data Capture (EDC).
Alfian menambahkan, Telkomsel IoT Sphere menjadi smart security solutions yang dihadirkan untuk melengkapi ekosistem Telkomsel IoT Smart Connectivity yang terdiri dari IoT Control Center, IoT Managed Service Connectivity, NB-IoT, IoT Managed SD-WAN, IoT Managed CCTV, dan IoT NTrance, untuk mendukung kebutuhan teknologi perusahaan akan otomasi, keamanan jaringan, hingga meningkatkan produktivitas secara menyeluruh.
“Ke depan, Telkomsel akan terus menghadirkan lebih banyak layanan berbasis IoT yang berpusat pada prinsip customer-centricity agar dapat memberikan layanan terintegrasi yang mampu menjawab berbagai kebutuhan pelanggan, khususnya di segmen enterprise, serta mengakselerasi transformasi industri 4.0 di Indonesia untuk meningkatkan perekonomian bangsa,” pungkasnya.
from Gizmologi https://ift.tt/3CJhneU
via IFTTT
0 Komentar