Tokopedia - iOS

Indonesia, Gizmologi – Merayakan Hari Difabel Sedunia, Tokopedia meluncurkan fitur Voice Over. Fitur ini memudahkan difabel, khususnya tunanetra, menggunakan aplikasi Tokopedia untuk memenuhi kebutuhan hingga menciptakan peluang.

Baca juga: CTO dan CIO Tokopedia Masuk Daftar Pemimpin Teknologi Terbaik se-ASEAN

Menurut Ferico Samuel, Engineering Manager Tokopedia, saat ini pemerintah telah memiliki perhatian yang cukup baik terhadap difabel. Misalnya pada uang kertas dengan tekstur yang mudah diketahui nilainya, trotoar dengan tanda khusus untuk difabel, dan sebagainya. Sehingga pihaknya pun perlu memberikan perhatian kepada difabel dengan memanfaatkan teknologi.

“Lewat fitur ini kami berharap Tokopedia bisa menjadi platform yang semakin inklusif dan mempermudah lebih banyak masyarakat dari berbagai kalangan, termasuk rekan-rekan difabel,” ujar Ferico yang menjadi inisiator pengembang fitur Voice Over saat konferensi pers virtual di Jakarta (3/12).

Pengembangan Fitur Voice Over di Aplikasi Tokopedia

Fitur Voice Over TokopediaFerico menjelaskan bahwa kehadiran fitur itu tidak lepas dari kontribusi difabel yang sekaligus menjadi pengguna Tokopedia. “Fitur Voice Over terus dikembangkan sesuai masukan rekan-rekan difabel yang menggunakan Tokopedia agar selalu relevan dengan kebutuhan mereka,” imbuhnya.

Proses pengembangan fitur ini pun melalui beberapa tahap. Mulai dari memahami bagaimana difabel menggunakan smartphone, sehingga mengerti kendala apa saja yang dialami. Kemudian melakukan riset, percobaan dan konsep. Setelah itu kolaborasi dengan tim lain seperti UX Writer. Hingga proses uji coba fitur yang berkolaborasi dengan rekan difabel, termasuk komunitas dan karyawan.

Saat ini, fitur Voice Over sudah bisa diakses melalui sistem iOS yang terintegrasi dengan asisten digital Siri. Selanjutnya, fitur Voice Over ini akan terus dikembangkan ke segala jenis sistem smartphone, termasuk Android. “Deretan inisiatif Tokopedia diharapkan dapat memberikan solusi menyeluruh yang dapat membantu masyarakat Indonesia, khususnya rekan-rekan difabel, memenuhi kebutuhan sehari-hari hingga menciptakan peluang sekaligus bangkit bersama memulihkan ekonomi yang terdampak pandemi,” tambah Ferico.

Salah satu tunanetra pengguna Tokopedia, Maria Hardono, berkata, “Fitur Voice Over Tokopedia membantu saya dalam proses belanja daring. Saya bisa mendengarkan review produk dari pembeli lain, berbelanja dengan e-wallet dan mengikuti berbagai promo serta live shopping.”

Tunanetra lain yang merupakan pengguna sekaligus pelaku usaha di Tokopedia, M. Reza Akbar. “Sejak saya menggunakan fitur Voice Over di Tokopedia, saya merasa menjadi lebih mandiri khususnya dalam memenuhi kebutuhan harian serta menjalankan bisnis secara lebih mudah dan juga nyaman,” ujarnya.

Hadirkan Ekosistem yang Inklusif untuk Semua Kalangan

tokopedia gopay kebut 11Sementara itu Ekhel Chandra Wijaya, External Communications Senior Lead Tokopedia, menambahkan, Tokopedia terus memberikan panggung seluas-luasnya bagi pegiat UMKM lokal, termasuk difabel, untuk menciptakan peluang lewat pemanfaatan teknologi agar bisa bangkit bersama memulihkan ekonomi

Tokopedia melalui Tokopedia Bersama pun berfokus pada pemberdayaan kelompok difabel agar menjadi lebih mandiri secara sosial maupun ekonomi. Misal, lewat pembukaan kanal donasi, pelatihan keterampilan, akses terhadap pengembangan usaha dan masih banyak lagi.

Tokopedia, yang kini menjadi rumah bagi lebih dari 6.000 Nakama (sebutan karyawan Tokopedia), juga terus membuka kesempatan bagi talenta terbaik, termasuk difabel, untuk berkarya bersama, menciptakan beragam inovasi digital. Deva Prasetya Wibowo dan Shaleh Mahfud adalah contoh Nakama difabel di Tokopedia Care Yogyakarta yang bergabung sejak 2019 dan konsisten berkontribusi mempermudah masyarakat Indonesia lewat layanan pengguna 24/7.

 

 



from Gizmologi https://ift.tt/3DqZkdL
via IFTTT