Jakarta, Gizmologi – XL Axiata berhasil mengakhiri tahun 2021 dengan hasil yang memuaskan. Tercatat trafik data XL Axiata naik 38% selama periode libur natal dan tahun baru (Nataru) 2021.

Kenaikan ini meningkat 7% hingga 15% lebih tinggi jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. Mayoritas trafik data didominasi layanan streaming, seperti game online dan web browsing. Sebaliknya, trafik layanan legacy, yaitu percakapan (voice) dan SMS mengalami penurunan sebesar 3% dibandingkan hari biasa.

Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, mengatakan jauh-jauh hari XL Axiata menyiapkan jaringan melayani pelanggan selama libur panjang Natal dan Tahun Baru 2022.

“Berdasarkan dinamika di masyarakat, sejak awal kami memprediksi kemungkinan akan ada kenaikan trafik data, meski pun belum seperti saat sebelum pandemi,” dalam keterangan resminya, Rabu (5/1/2022).

Upaya Antisipasi Trafik Data XL Axiata

Jaringan XL Axiata

Untuk menjaga kualitas layanan, dia menambahkan, dilakukan peningkatan kapasitas hingga 2 kali, pengerahan Mobile BTS (MBTS). Termasuk menyiagakan genset lengkap dengan bahan bakarnya di area-area rawan bencana, serta kesiapan melakukan rekayasa pengalihan jaringan di area yang terganggu ke jaringan yang ada di sekitarnya.

Meski tak ada pembatasan perjalanan, trafik data di area pemukiman tetap naik sekitar 2 persen dibandingkan hari normal. Beberapa kawasan pemukiman/perumahan yang mengalami kenaikan tersebut, terutama adalah perumahan di kota Jakarta, Tegal, Depok, Solo, Kediri, Bekasi, Batam, Jambi, Palembang dan sebagainya.

“Dari keseluruhan trafik layanan selama periode Natal dan tahun baru, didominasi oleh trafik dari aktifitas web browsing sebesar 42%, akses media sosial sebesar 29%, streaming video sebesar 21%, games 4% dan lain-lain 4%.”

Baca Juga: Indonesia Gadget Award 2021, XL Axiata Borong 3 Penghargaan

Didominasi Layanan Streaming Games dan Media Sosial

 XL Axiata

Sedangkan aktiftas games meningkat trafiknya hingga 183%, kemudian akses file sebesar 24%, streaming 11% serta web browsing 8%. Untuk trafik aktifitas video call dan conference, Facebook meningkat sebesar 27%, Telegram 22% serta Line dan WhatsApp masing-masing sebesar 10%.

“Untuk games, trafik mobile legend meningkat 210%, kemudian Roblox 90%serta Hago 11%,”

Sedangkan untuk trafik akses media sosial, Instagram meningkat 33%, disusul WhatsApp 30 persen,Twitter 19% serta Facebook 18%. Selanjutnya, untuk trafik streaming musik, layanan Joox music dan Itunes juga meningkat 24% dan 11%.

Trafik akses ke layanan belanja online (termasuk Lazada, Shopee,Tokopedia) mengalami peningkatan sebesar 62%, sementara trafik ke layanan travelling (termasuk Traveloka, Agoda, Tiket.com) meningkat sekitar 95%.

Dan seperti biasanya selama masa libur Panjang, trafik ke layanan peta jalan (Google Map dan Apple Map) juga meningkat sebesar 13%. Sementara trafik untuk akses ke layanan pembayaran digital (Dana, Ovo) mengalami penurunan hampir 1%.



from Gizmologi https://ift.tt/3ePzG8K
via IFTTT