Jakarta, Gizmologi – Sejak beberapa tahun lalu sebelum fitur Nearby Share hadir, aplikasi SHAREit dikenal oleh pengguna Android maupun di sistem operasi lain sebagai solusi kirim file cepat tanpa koneksi maupun data internet. Namun kini fungsinya sudah berkembang, tak lagi sekadar itu saja.

Tentu sebagai perusahaan teknologi global, SHAREit Group menghadirkan ragam solusi bagi masyarakat lewat aplikasi lain dan fitur tambahan di dalam aplikasi SHAREit itu sendiri. Jaringan bisnisnya sendiri kini telah menjangkau lebih dari 150 negara, dengan 45 bahasa yang berbeda. Lantas bagaimana langkahnya di tahun 2022?

Baca juga: SHAREit Hadirkan Ekosistem Berbagi Game Tanpa Paket Data

Lewat sebuah sesi virtual yang diadakan Kamis (27/1), fokus bisnis periklanan bakal ditempuh lewat pengembangan ekosistem digital, supaya bisa mudahkan brand untuk jangkau “offline consumer” di kawasan Asia Tenggara. Yang dimaksud adalah masyarakat yang berada di wilayah minim konektivitas. Indonesia sendiri termasuk salah satu negara di mana keterbatasan digital atau konektivitas yang kurang masih bisa ditemukan.

SHAREit Group Berhasil Capai 2,4 Milyar Unduhan

SHAREit Group
Ki-Ka= Aat Pangestu Hadi, Country Sales Director, SHAREit Indonesia dan Karam Malhotra, Global VP & Partner, SHAREit Group

Karam Malhotra, Global VP & Partner dari SHAREit Group mengatakan bila kelompok audiens tersebut sangat penting, di mana collaborative society (masyarakat kolaboratif) baru bisa terbentuk lewat keterlibatan semua aspek. “SHAREit, yang merupakan platform berbagi dan penemuan konten, memungkinkan pengguna berbagi file dan konten bahkan saat mereka offline,” jelasnya.

Bermitra dengan perusahaan fintech sampai aplikasi media sosial, SHAREit berupaya untuk menjadi enabler ekosistem aplikasi, bantu mitra jangkau masyarakat yang lebih luas. Inilah yang membuat transformasi dari aplikasi berbagi file menjadi platform pemasaran. Membantu klien untuk akuisisi pengguna baru, tawarkan opsi pembayaran digital, sampai tawarkan proses monetisasi lewat jaringan pengguna SHAREit.

Menurut statistik internal terbaru, rangkaian aplikasi SHAREit Group sudah diinstal hampir 2,4 milyar pengguna global. “Kami berspesialisasi dalam solusi kinerja pemasaran, dan membantu mendorong pertumbuhan pengguna berbagai brand, hanya dengan aplikasi seluler,” tambah Karam. Berbagai unit iklan yang bisa ditawarkan termasuk iklan banner, pop-up, gif hingga video ads.

Tingkatkan Jumlah Pendaftar Layanan Alodokter

Alodokter

SHAREit pun memberikan contoh sebuah kampanye yang dilakukan oleh salah satu aplikasi solusi kesehatan Tanah Air, yakni Alodokter yang dapat hubungkan berbagai dokter dan rumah sakit dengan pasien. Iklan dimunculkan dalam bentuk spanduk pada halaman utama “Aplikasi Populer”, supaya pengguna dan komunitas SHAREit mudah melihat iklan tersebut—yang sangat relevan di masa pandemi saat ini.

Dalam waktu kurang dari 3 minggu, kampanye tersebut dapat tingkatkan jumlah penginstalan. Tak sampai di situ, bahkan sampai dalam proses mendaftar dan jelajahi layanan yang tersedia di dalamnya, meski tak disebutkan secara spesifik jumlahnya. Sementara mengawali tahun 2022, aplikasi ini duduki peringkat ke-4 sebagai aplikasi dengan unduhan terbanyak di Indonesia.

Didapat dari laporan firma riset App Annie, SHAREit berhasil bersanding dengan aplikasi populer lain dari ByteDance, Meta serta Google. Turut berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi digital, pihak SHAREit optimis bisa terus berkembang di 2022, khususnya dalam bisnis periklanan.



from Gizmologi https://bit.ly/3HbfOsZ
via IFTTT