Jakarta, Gizmologi – Dalam menyusun bisnis, ada beberapa aspek penting yang perlu diperhatikan demi perkembangan yang berkelanjutan. Berlaku untuk semua jenis bisnis, diperlukan strategi konten kreatif yang tepat, di mana strategi tersebut bisa berbeda untuk tiap produk maupun jasa yang ditawarkan. Namun yang pasti, tak boleh dilewatkan.
Lewat diskusi virtual ShopeePay Talk yang diadakan kemarin (22/2), diulas bagaimana strategi konten kreatif bisa dicapai maupun direncanakan. Dibahas langsung oleh tiga pebisnis maupun pakar, topik obrolan yang dikemas secara interaktif dan ringan kali ini dihadirkan supaya pemilik bisnis bisa menciptakan konten serta strategi yang pas, agar bisa mendapatkan perhatian para target konsumennya.
Hadir dalam kesempatan tersebut, Eka Nilam Dari selaku Head of Strategic Merchant Acquisition ShopeePay menegaskan kalau media sosial sudah menjadi salah satu platform utama, hubungkan bisnis dengan konsumen termasuk membangun kedekatan personal. Terutama di masa pandemi, di mana interaksi lebih banyak dilakukan secara virtual.
Baca juga: Agar Bisnis Makin Berkembang, Ini 5 Tips Kelola Keuangan untuk UMKM
Meski ketersediaan akses internet saat ini sudah cukup mudah, hal ini lantas juga menjadi tantangan untuk para pemilik bisnis. Di mana mereka harus bersaing untuk memenangkan hati konsumen yang sesuai dengan target pasar, hanya melalui media sosial atau interaksi virtual. Berikut adalah tiga strategi konten kreatif yang bisa Gizmo friends terapkan sebagai pemilik bisnis.
Cari Preferensi Audiens & Daya Tarik Produk
Akun media sosial suatu bisnis tertentu tak hanya digunakan untuk promosi satu arah saja. Lewat platform seperti Twitter, Instagram dan TikTok, pemilik bisnis bisa menggunakannya untuk terapkan strategi konten kreatif yang tepat. Salah satunya dengan mencari preferensi audiens, serta nilai apa yang dapat ditonjolkan dalam brand yang dimiliki.
Terkait hal ini, founder & CEO Baso Aci Akang, Dandi Sepsaditri menyebutkan bila pebisnis harus benar-benar mengenal gaya komunikasi, preferensi serta profil audiens-nya untuk berikan konten yang menarik atau engaging. “Brand juga jangan lupa untuk mengidentifikasi kelebihan, serta daya pikat produk yang ditawarkan,” tambahnya.
Mengingat produk yang dijual adalah makanan, strategi konten kreatif yang diterapkan oleh Baso Aci Akang yakni mengedepankan aspek visual. Hal tersebut supaya konsumen bisa terdorong untuk membeli produknya, lewat gambar yang memperlihatkan kelezatan dan diharap dapat menggugah selera.
Integrasi Konten dengan Pengalaman Konsumen
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ada baiknya jika komunikasi dengan konsumen melalui media sosial tidak hanya berlangsung satu arah saja. Strategi konten kreatif yang relevan saat ini bisa melalui integrasi media sosial dengan pengalaman konsumen, juga secara luring agar bisa lebih relevan dengan situasi terbaru.
Marketing Manager Bobobox, Ahmad Qois memaparkan bila pihaknya ingin menjalin hubungan dengan konsumen lewat media sosial, dengan mengoptimalkan customer journey yang hybrid, terintegrasi serta berkelanjutan. Salah satunya dengan membahas konsep staycation yang terus marak dibicarakan selama masa pandemi.
“Situasi ini lantas kami manfaatkan untuk mengajak audiens mengeksplorasi opsi staycation secara virtual, melalui media sosial. Dengan begitu, brand bisa terus dekat dan hadir di tengah audiens,” jelas Ahmad.
Buat Persona Brand Untuk Strategi Konten Kreatif Terbaik
Dalam pemanfaatan media sosial, perlu dijalin kedekatan antara brand dengan konsumen maupun calon konsumen sebagai audiens. Sehingga sebagai makhluk sosial, audiens tersebut harus dijadikan fokus utama. Memanusiakan brand bisa dijadikan strategi konten kreatif yang lebih relevan saat ini.
Menurut founder & CEO Garis Temu, Giorrando Grissandy, brand dapat membangun persona yang kuat, menyampaikan konten yang mengandung nilai brand, sampai menjalin komunikasi yang transparan untuk membangun kepercayaan. “Dengan begitu, sisi humanis di balik sebuah brand yang selama ini terkesan jauh akan terasa lebih akrab, serta kepercayaan dan kedekatan pun akan terjalin,” tutupnya.
from Gizmologi https://ift.tt/i1krtj6
via IFTTT
0 Komentar