Jakarta, Gizmologi – Riset Nielsel mengungkapkan belanja iklan untuk layanan online servis di Indonesia pada 2021 lalu mencapai Rp259 triliun. Angka ini naik 13 dibanding periode yang sama pada tahun 2020, dengan media saluran iklan meliputi televisi, channel digital, media cetak, radio.
Dalam laporan tersebut terungkap, Televisi masih menjadi saluran iklan pilihan bagi pemilik merek dengan porsi belanja 78,2%, diikuti channel digital 15,9%, media cetak 5,5%, dan radio 0.4%. Hal tersebut diketahui berdasarkan perhitungan gross rate card.
“Televisi masih menjadi saluran iklan utama karena sifatnya yang dapat menjangkau audiens lebih banyak dalam waktu bersamaan. Sementara itu, kemudahan kustomisasi channel digital membuat belanja iklannya juga turut beranjak naik,” kata Direktur Eksekutif Nielsen Indonesia Hellen Katherina, dalam keterangannya, Selasa (15/3).
Peningkatan ini, menurut Hellen, menandakan bahwa kepercayaan untuk beriklan di tengah pandemi masih tinggi. Sepanjang 2021, Nielsen bahkan menemukan pertumbuhan positif pada 9 dari 10 kategori yaitu online services, facial care, hair care, coffee and tea, snacks, clove cigarettes, seasonal condiments, liquid milk, dan instant food and noodles.
Pertumbuhan tertinggi dicapai oleh kategori online services dengan belanja iklan Rp42,8 triliun atau naik 67% jika dibandingkan tahun sebelumnya. Namun, iklan pada kategori government dan political organization mencatatkan penurunan sebesar 4% karena belum dimulainya periode pesta politik.
Belanja Iklan di Platform Online
Nielsen memperlebar tipe dan jumlah media digital yang dimonitor di layanan Nielsen Digital Ad Intel. Sejak Januari 2022 Nielsen mulai memonitor biaya iklan di media sosial yaitu Facebook, Twitter, dan Instagram. Nielsen Digital Ad Intel merupakan layanan pengukuran belanja iklan yang sebelumnya telah membantu marketer memantau belanja iklan di Top 200 situs di Indonesia, termasuk di dalamnya 27 channel Youtube dengan trafik yang tinggi.
“Kemudahan kustomisasi channel digital membuat belanja iklannya juga turut beranjak naik. Peningkatan ini menandakan bahwa kepercayaan untuk beriklan di tengah pandemi masih tinggi,” kata Hellen dalam keterangan tertulis yang diterima Gizmologi.
Baca Juga: Ad Fraud Sebabkan Indonesia Rugi Rp500 Miliar di Tahun 2021
Nielsen juga menemukan hasil yang menarik antara belanja iklan di channel media sosial dan bukan media sosial. Kategori online service dan telco adalah kategori yang memiliki belanja iklan paling besar dikeduanya.
Tetapi, beberapa kategori lain memiliki strategi belanja iklan yang berbeda. Pada channel media sosial, kategori financial institution, banking, e-channel, retailers, dan software companies tercatat mengeluarkan angka belanja iklan yang lebih besar.
Sedangkan pada kategori facial care, beverages (carbonated, liquid milk, dan health drink) dan rokok mencatatkan belanja iklan yang lebih besar di tipe bukan media sosial.
from Gizmologi https://ift.tt/0Ewsha5
via IFTTT
0 Komentar