Jakarta, Gizmologi – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) DKI Jakarta dan Tokopedia mempertegas kerja sama dengan mengajak masyarakat untuk turut mendukung pertumbuhan para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) lokal, dalam rangka menyambut HUT DKI Jakarta ke-495.

“Kita bekerja sama dan berkolaborasi dengan Tokopedia, kita bergandengan tangan untuk memfasilitasi perajin yang memiliki keterbatasan membuka toko secara online,” kata Ketua Dekranasda DKI Jakarta Fery Farhati saat virtual media gathering, Selasa (21/6/2022).

“Kami juga mengajak lebih banyak masyarakat untuk mendukung UMKM DKI Jakarta, salah satunya dengan membeli karya mereka,” imbuhnya.

Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia Astri Wahyuni menambahkan, pihaknya terus berusaha memberikan kesempatan seluas-luasnya agar pelaku UMKM dapat terus bertumbuh. Di mana Tokopedia memiliki strategi inisiatif hyperlocal

Baca Juga: Dilayani Tokopedia, Pelaku UMKM Bisa Kirim Barang Sampai Papua

“Misalnya lewat peluncuran toko JakArtisan bersama Dekranasda DKI Jakarta, pelatihan UMKM Kelas Maju Digital hingga pameran daring produk UMKM DKI Jakarta Jumat Beli Lokal yang disiarkan setiap Jumat di Tokopedia Play,” katanya.

Selain itu, Astri mengatakan, Tokopedia juga memiliki strategi inisiatif hyperlocal yang menggunakan teknologi geo-tagging. Hal tersebut memungkinkan para pelaku UMKM dapat bertemu dengan konsumen-konsumen terdekat.

“Tentu ini akan menguntungkan dua-duanya, dari ongkir dan kecepatan (pengiriman). Termasuk di DKI Jakarta yang wilayahnya sangat luas, hyperlocal ini menjadi strategi Tokopedia untuk menjawab tantangan tersebut,” imbuh Astri.

Pada kesempatan yang sama, Tokopedia mengungkapkan beberapa kategori paling laris sepanjang kuartal II 2022 di DKI Jakarta, yakni Makanan dan Minuman, Kesehatan, Rumah Tangga, Elektronik, dan Otomotif. Di sisi lain, baju pangsi, blangkon Betawi, dan sabuk adat Betawi menjadi beberapa produk khas Betawi yang paling dicari. Dakara Indonesia dan Sancraft merupakan contoh UMKM lokal binaan Dekranasda DKI Jakarta yang memanfaatkan Tokopedia untuk memulai dan membangun bisnis.



from Gizmologi https://ift.tt/PZBTWNi
via IFTTT