Jakarta, Gizmologi – Pengusaha Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) lokal kini semakin mudah membuka potensi masuk ke pasar nasional. Berkat kehadirak fitur “Dilayani Tokopedia” mempermudah pelaku UMKM untuk menjajakan dagangannya kepada pembeli dengan lebih cepat dan efisien.

Fitur yang disediakan platform e-commerce Tokopedia bernama “Dilayani Tokopedia”. Melalui layanan ini, para pelaku UMKM bisa berinteraksi secara langsung dengan pembeli dalam berbelanja kebutuhan dan keperluan sehari- hari.

“Kami mencatat pengiriman barang terjauh di kuartal I 2022 melalui Dilayani Tokopedia adalah dari Kota Medan, Sumatera Utara ke Kabupaten Merauke, Papua. Transaksi Dilayani Tokopedia secara keseluruhan pun meningkat lebih dari lima kali lipat pada kuartal I 2022 dibanding kuartal I 2021,” ujar Associate Vice President of Fulfillment Tokopedia Samuel Simanjuntak dalam konferensi pers daringnya, Rabu (8/6).

Baca Juga: Tak Hanya Pembeli, Pedagang Pun Dilayani Tokopedia Biar Makin Cuan

Di kuartal pertama 2022, Tokopedia bahkan mencatat adanya pengiriman barang tercepat melalui fitur “Dilayani Tokopedia” yang memakan waktu hanya 10 menit sejak pemesanan hingga diterima oleh pembeli. Beberapa kategori dengan transaksi tertinggi lewat “Dilayani Tokopedia” pada kuartal I 2022 di antaranya dari kategori Kesehatan, Perawatan Tubuh, Makanan dan Minuman, Ibu dan Bayi, serta Rumah Tangga.

Kehadiran fitur “Dilayani Tokopedia” merupakan salah satu wujud inisiatif “Hyperlocal Tokopedia” sehingga dapat membantu pelaku UMKM menangani tantangan operasional bisnis seperti penerimaan, pengemasan, pengiriman pesanan, serta penanganan jika ada kendala.

Dilayani Tokopedia Bantu UMKM

Dilayani Tokopedia

Lebih lanjut, Tokopedia hingga Mei 2022 menghimpun data bahwa transaksi rata-rata para penjual setelah menggunakan “Dilayani Tokopedia” meningkat hampir empat kali lipat dibanding sebelum menggunakan Dilayani Tokopedia.

Dua UMKM lokal yang berhasil merasakan dampak positif dari fitur “Dilayani Tokopedia” di antaranya seperti UMKM Amazara dan Toko Kopi Gayo.  Amazara, UMKM Yogyakarta yang menjual berbagai alas kaki perempuan, telah bergabung di Tokopedia sejak Agustus 2017 dan telah memanfaatkan gudang pintar Dilayani Tokopedia di Jakarta dan Surabaya.

“Jangkauan pengiriman kami sejak menggunakan Dilayani Tokopedia meluas ke Papua. Jumlah pesanan di provinsi luar Pulau Jawa pun meningkat secara signifikan, dengan kenaikan tertinggi di Sulawesi Selatan, Riau, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat dan Lampung,” kata Pemilik usaha Amazara Uma Hapsari.



from Gizmologi https://ift.tt/bnmJ90V
via IFTTT