Jakarta, Gizmologi – Genshin Impact telah berhasil menjelma jadi game populer, sejak diluncurkan pada 28 September 2020. Bahkan game mobile keluaran miHoYo ini sukses menghasilkan USD 3,7 miliar (sekitar Rp 56,6 triliun) dari belanja pemain di seluruh dunia di App Store dan Google Play.

Menurut laporan Sensor Tower Store Intelligence, Genshin Impact berhasil menempati peringkat sebagai mobile game berpendapatan ketiga terbesar secara global. Menyusul Honor of Kings milik Tencent dan PUBG Mobile yang juga berdiri di bawah bendera Tencent.

“Di luar China, Genshin Impact menempati peringkat kedua untuk belanja pemain mobile game, mengumpulkan USD 2,5 miliar secara internasional di App Store dan Google Play,” tulis Sensor Tower, Minggu (2/10/2022).

Selain itu, menurut Sensor Tower, Genshin Impact adalah mobile game penghasil pendapatan pertama di seluruh dunia yang memanfaatkan monetisasi gacha selama dua tahun terakhir. Mengingat Genshin Impact kerap memberikan update konten konsisten dan terjadwal baik yang terus menambahkan area, karakter, bahkan beberapa mekanik baru di dalamnya.

Tentunya popularitas ini juga ternyata diikuti dengan pendapatan yang fantastis. Selama kuartal pertama 2022 (Q1 2022), pasar mobile game global telah mengalami penurunan pertamanya dari tahun ke tahun dalam hal belanja pemain.

Adapun nilai pasar turun sekitar 5% menjadi sekitar USD 21 miliar. Kuartal kedua 2022 (Q2 2022) pun telah mengikuti tren serupa di Q1 2022 karena pendapatan turun sekitar 7 persen secara tahunan menjadi USD 20 miliar.

Baca Juga: Gaet Studio Ufotable, HoyoVerse Garap Serial Anime Genshin Impact

Total Pendapatan Genshin Impact versi Mobile

genshin impact mobile gross

“Genshin Impact telah bertentantangan tren pasar yang lebih besar karena belanja pemain naik 16% secara tahunan pada Q1 2022 menjadi USD 556 juta, sementara pendapatan Q2 meningkat 28% secara tahunan menjadi USD 413,5 miliar,” tutur Sensor Tower.

Di negara asalnya, China game ini menempati peringkat pertama sebagai pasar untuk belanja pemain dalam versi seluler Genshin Impact tertinggi selama dua tahun pertama. Sementara di Jepang, game ini menduduki peringkat kedua dengan sekitar 24% dari belanja pemain, sedangkan Amerika Serikat berada di posisi ketiga dengan 17%.

Setelah menghasilkan USD 2 miliar di tahun pertamanya, Genshin Impact terus menjadi salah satu mobile game paling menguntungkan di dunia. Pengembang miHoYo telah mengambil pelajaran dari mobile game sebelumnya seperti Honkai Impact 3rd, yang kini telah melampaui USD 1 miliar dalam hal belanja pemain global, dan menerapkannya pada Genshin Impact.

Menggabungkan sistem monetisasi gacha yang efektif dengan strategi operasi langsung skala industri yang menyediakan pembaruan konten reguler dan karakter baru yang populer, miHoYo telah membuat Genshin Impact tetap relevan dan melawan tren terkini dari industri lainnya.



from Gizmologi https://ift.tt/uwJE3jW
via IFTTT