Los Angeles, Gizmologi – Dibelinya Twitter oleh Elon Musk ternyata memicu gelombang kontroversi. Kali ini para artis Hollywood melakukan aksi meninggalkan platform burung biru tersebut.

Sebut saja Mick Foley, seorang mantan pegulat yang kini jadi aktor baru-baru ini mengumumkan lewat akun Facebook-nya bahwa dia akan berhenti menggunakan Twitter setelah kepemilikannya berpindah tangan ke Elon Musk.

“Saya benar-benar menikmati terhubung dengan kalian semua di media sosial, tapi kadang-kadang bisa sangat melelahkan. Saya pikir saya akan kembali dalam beberapa minggu, tapi untuk sementara, saya akan terus memposting di Facebook dan Instagram,” demikian bunyi pertanyaan. Tak lama kemudian, diketahui bahwa akun Twitter miliknya telah dinonaktifkan.

Tony Braxton juga tidak mau ketinggalan. Dia memutuskan untuk meninggalkan hampir 2 juta follower-nya di Twitter. Menurutnya, sejak dibeli Elon Musk, kicauan di platform tersebut kebablasan dalam kebebasan berbicara.

“Ujaran kebencian di bawah selubung ‘kebebasan berbicara’ tidak dapat diterima. Oleh karena itu saya memilih untuk menjauh dari Twitter karena itu bukan lagi tempat yang aman untuk diri saya sendiri, putra saya, dan POC lainnya,” begitu kicau terakhirnya di Twitter.

Menyusul keputusan Tony Braxton, penyanyi Sara Bareilles juga melakukan hal yang sama. Dia merasa Twitter bukan lagi platform untuknya.

“Sungguh menyenangkan di Twitter. Saya cabut dari sini. Sampai jumpa di platform lain. Maaf, ini bukan untuk saya,” tulis Sara.

Alasan Artis Hollywood Meninggalkan Twitter

Beberapa rencana besar Elon Musk terhadap Twitter memang terbilang radikal. Di antaranya dia ingin mengubah platform ini menjadi tempat untuk bebas berbicara seutuhnya.

Selain itu, dia menampik jika membeli Twitter bukan karena ingin menghasilkan banyak uang. Dia berdalih ingin melakukannya karena alasan kemanusiaan.

“Saya mencoba membantu umat manusia, yang saya cintai,” demikian janjinya tak lama setelah secara resmi mengakuisisi Twitter.

Baca juga: Jadi Beli Twitter, Elon Musk Langsung Pecat Petingginya Secara Brutal!

Namun, di mana para artis Hollywood tidak demikian adanya. Elon justru mengambil keputusan radikal dengan berencana mengembalikan akun Donald Trump yang sebelumnya pernah diblokir Twitter karena dianggap sering memposting konten provokatif.

Inilah setidaknya yang dirasakan Shonda Rhimes, kreator serial Grey’s Anatomy yang merupakan seorang kulit hitam. Dia khawatir dengan rencana tersebut dan menilai Elon sebagai seorang “free speech absolutist”.

“Saya tidak mendukung apa pun yang direncanakan Elon. Sampai jumpa,” begitu kicaunya di Twitter.

Selain nama-nama di atas, beberapa artis Hollywood lainnya seperti Tea Leoni, Erik Larsen, Bill Morrison, Ken Olin, Marina Sirtis, Alex Winter, dan lainnya juga melakukan hal yang sama. Yang pasti dengan adanya gelombang deaktif Twitter ini, bisa memengaruhi artis Hollywood lainnya dan daftar di atas akan terus bertambah.

Bagaimana dengan kamu? Apakah memilih tetap stay atau go dari Twitter seperti yang dilakukan para artis Hollywood?



from Gizmologi https://ift.tt/GnSmQZE
via IFTTT