Setiap perusahaan dan bisnis yang sehat harus memiliki laporan keuangan yang menunjukkan informasi keuangan perusahaan dari catatan transaksi keuangan yang ada pada periode tertentu. Untuk membantu bisnis mencatat transaksi keuangan, dibutuhkan software keuangan yang dapat diandalkan.

Aplikasi keuangan bisnis atau software keuangan akan mencatat setiap transaksi keuangan perusahaan yang terjadi secara lengkap dan juga detail. Dari catatan transaksi yang terjadi inilah kemudian dapat dibuat menjadi laporan keuangan per periode tertentu.

Laporan keuangan bagi perusahaan sangat penting karena menjadi landasan evaluasi performa bisnis dan membantu perusahaan mengambil keputusan bisnis penting di masa mendatang. Aplikasi membantu perusahaan membuat laporan keuangan lebih praktis, mudah dan juga efisien.

Fungsi Software Keuangan

Saat ini semakin banyak perusahaan menggunakan software keuangan bisnis untuk membantu aktivitas bisnis yang dikelola. Berikut adalah fungsi software keuangan atau aplikasi keuangan:

1. Pencatatan Cash Flow

Fungsi aplikasi keuangan adalah untuk mencatat arus kas atau cash flow dana keluar masuk perusahaan. Arus kas harus tercatat dengan sangat rapi, detail dan tidak boleh terlewat sedikit pun. Salah sedikit saja, maka bisa menyebabkan masalah besar bagi perusahaan.

Jika menggunakan aplikasi, maka setiap transaksi arus kas dari divisi manapun akan tercatat secara otomatis.

2. Manajemen Anggaran

Aplikasi keuangan membantu perusahaan dalam melakukan manajemen anggaran dengan lebih baik. Divisi keuangan perusahaan dapat mengatur jumlah anggaran yang dibutuhkan setiap divisi perusahaan  berdasarkan anggaran yang disediakan.

Dari sini dapat terlihat apakah anggaran yang tersedia sesuai dengan anggaran yang dibutuhkan. Setiap divisi dapat dengan mudah menginputkan anggaran yang dibutuhkan.

3. Menyusun Laporan Keuangan

Bisa dikatakan fungsi akhir atau fungsi utama dari aplikasi keuangan adalah untuk membantu menyusun laporan keuangan. Laporan keuangan disusun berdasarkan informasi transaksi yang telah tercatat secara rapi di dalam sistem.

Dengan adanya laporan keuangan, maka bisnis dapat melakukan evaluasi terhadap kondisi perkembangan usaha. Perusahaan juga dapat menentukan apakah bisnis harus mendapat suntikan modal atau tidak.

Mengenal Jenis-Jenis Laporan Keuangan Perusahaan

ilustrasi aplikasi keuangan gratis pexels-liza-summer
Ilustrasi (Foto: Pexel/Liza-summer)

Software keuangan dibuat mengikuti aturan Standar Akuntansi Keuangan (SAK) yang mengkategorikan laporan keuangan ke dalam 5 jenis yakni laporan laba rugi, laporan perubahan modal dan sebagainya. Berikut adalah jenis laporan keuangan yang harus dibuat dalam bisnis:

1. Laporan Laba Rugi

Laporan laba rugi dalam software keuangan adalah jenis laporan keuangan paling mendasar yang digunakan dalam bisnis untuk menunjukkan kondisi laba (untung) dan rugi dalam suatu perusahaan.

Laporan laba rugi sangat penting bagi bisnis karena dapat menunjukkan dengan jelas bagaimana kondisi keuangan perusahaan selama periode waktu tertentu. Berdasarkan laporan laba rugi ini perusahaan dapat mengevaluasi kinerja perusahaan dan bisnis serta menentukan bidang apa saja yang harus ditingkatkan.

Laporan laba rugi yang biasa digunakan dalam perusahaan dibedakan ke dalam dua jenis berdasarkan model penyajian data yang digunakan sebagai berikut:

  1. Single Step Model

Single step model adalah cara penyajian data dalam laporan laba rugi yang disajikan dengan model lebih sederhana. Di dalam laporan single step model, hanya terdapat satu kategori untuk pendapatan serta pengeluaran yang ditunjukkan di dalam laporan.

Laporan laba rugi single step model umumnya dipilih oleh perusahaan untuk mengambil kebijakan secara cepat atau sebagai bahan evaluasi satu bidang saja dalam perusahaan.

  1. Multiple Step Model

Multiple step model dalam laporan laba rugi merupakan jenis laporan keuangan yang di dalamnya menyajikan informasi lebih lengkap dibandingkan laporan single step model. Di dalam laporan multiple step model, disajikan data pendapatan dan pengeluaran lebih lengkap yang dibagi ke dalam beberapa kategori.

Kategori yang digunakan seperti pendapatan serta biaya pengeluaran operasional, pendapatan serta pengeluaran biaya non operasional. Anda bisa memilih model penyajian laporan laba rugi apakah single step model atau multiple step model pada software keuangan.

2. Laporan Neraca

Laporan neraca merupakan jenis laporan keuangan yang dibuat berbentuk neraca agar tampak jelas bagaimana posisi keuangan bisnis. Di dalam laporan neraca berisi informasi aktiva, pasiva, modal perusahaan. Di dalam laporan neraca akan terlihat keseimbangan antara aset dan kewajiban.

  1. Kewajiban

Kewajiban merupakan jumlah hutang atau tagihan yang wajib dibayar perusahaan ke pihak lainnya. Kewajiban meliputi pinjaman bank, pajak, piutang, overdraft, dan sebagainya.

  1. Aktiva

Aktiva disebut juga sebagai aset yang merupakan sumber pendanaan perusahaan yang terdaftar legal secara hukum dan bernilai ekonomi. Aktiva dibagi menjadi dua jenis yakni aktiva tidak lancar dan aktiva lancar. Aktiva meliputi bangunan, tanah, mobil dan uang.

  1. Ekuitas

Ekuitas merupakan besar kekayaan yang dimiliki perusahaan. Ekuitas bisa bertambah dan berkurang tergantung penambahan investasi ke dalam perusahaan.

3. Laporan Perubahan Modal

Laporan perubahan modal adalah laporan keuangan yang berisi informasi kenaikan serta pengurangan kekayaan bersih perusahaan. Laporan perubahan modal digunakan sebagai indikator untuk menunjukkan apakah perusahaan mengalami perkembangan atau tidak.

Apabila bisnis merugi, maka modal akan menurun sementara jika bisnis untung, maka modal meningkat. Untuk menyusun laporan perubahan modal, maka dibutuhkan informasi modal awal, bukti pendapatan.

Software keuangan sangat membantu dalam mencatat transaksi penarikan dana, jumlah keuntungan (laba) dan rugi yang dialami perusahaan dalam periode waktu tertentu secara detail dan jelas.

4. Catatan Atas Laporan Keuangan

Catatan atas Laporan Keuangan (CALK) merupakan laporan perusahaan yang biasanya hanya dipakai oleh perusahaan berskala besar. Di dalam CALK terdapat informasi lengkap mengenai situasi perusahaan dan dugaan ada tidaknya penyimpanan atau inkonsistensi bisnis.

5. Laporan Arus Kas

Laporan arus kas merupakan jenis laporan keuangan perusahaan yang sangat dibutuhkan untuk memahami bagaimana kondisi pergerakan arus keuangan perusahaan. Laporan arus kas berfungsi sebagai indikator perkiraan arus kas di beberapa periode yang akan datang.

Arus kas masuk terdiri dari arus uang yang masuk melalui dana pinjaman perusahaan, hasil dari aktivitas operasional perusahaan hingga pendanaan investor. Sementara arus kas keluar terdiri dari setiap arus uang yang keluar meliputi biaya operasional, biaya pembayaran kredit dan sebagainya.

Ada 3 macam laporan arus kas yang disajikan melalui software keuangan:

  1. Investasi

Investasi merupakan jenis laporan keuangan berkaitan dengan pembelian dan penjualan aktiva tetap. Di dalam laporan investasi berisi informasi pembelian dan penjualan aset yang tidak lancar seperti pabrik, property, mesin peralatan dan lainnya.

  1. Operasional

Laporan keuangan operasional adalah laporan yang di dalamnya tertera informasi mengenai pengeluaran operasional perusahaan meliputi pembayaran pajak penghasilan dan bunga, penjualan jasa dan produk, pembayaran gaji karyawan, sewa hingga bonus terkait.

  1. Pembiayaan

Laporan keuangan pembiayaan merupakan laporan yang di dalamnya menunjukkan informasi terkait penambahan modal pembiayaan perusahaan. Penambahan modal bisa melalui dana pinjaman hingga investasi oleh pemodal.

Untuk melakukan perhitungan pembiayaan, Anda hanya harus menambahkan nilai kas atau menguranginya dari ekuitas pemilik serta kewajiban perusahaan dalam jangka panjang.

Rekomendasi Software Keuangan Terbaik di Indonesia

Memilih software keuangan tentu tidak bisa sembarangan karena menentukan efektivitas pekerjaan hingga keamanan data perusahaan. Mekari Jurnal adalah pilihan terbaik bagi perusahaan yang sedang mencari software akuntansi dengan fitur lengkap serta dapat diandalkan.

Berikut keunggulan aplikasi Mekari Jurnal:

1. Fitur Bisnis Lengkap

Salah satu kelebihan utama software keuangan dari Mekari adalah telah dilengkapi oleh berbagai fitur bisnis yang sangat lengkap dan juga memudahkan pengelola. Di dalam software ini dibekali fitur utama seperti berikut ini:

– Fitur pembuatan laporan keuangan otomatis

– Fitur manajemen stok barang

– Fitur pembuatan invoice

– Fitur pencatatan setiap transaksi jual beli dan sebagainya

– Fitur pelacakan barang untuk mengetahui produk apa yang paling laris

– Fitur manajemen aset perusahaan

2. Menghemat Waktu Pelaporan Keuangan

Keunggulan software keuangan perusahaan adalah dapat mempercepat waktu pelaporan keuangan bisnis perusahaan. Jika dibandingkan dengan pelaporan keuangan menggunakan cara manual, pelaporan keuangan secara otomatis menggunakan software menjadi lebih efisien dan cepat.

Hal ini tentu berbeda jika menggunakan cara manual dimana data atau informasi dapat tersebar kemana-mana sehingga manajemen keuangan harus bekerja dua kali untuk mengumpulkan data dan mengelolanya.

Dengan software keuangan, maka seluruh aktivitas transaksi keuangan perusahaan dapat terpantau dan dikelola secara aman di satu tempat saja.

3. Penyimpanan Aman

Salah satu alasan utama mengapa semakin banyak bisnis dari yang berskala besar hingga kecil sekalipun mempercayakan pencatatan keuangan perusahaannya dengan software Mekari adalah karena alasan keamanan. Menariknya, keamanan software keuangan Mekari bahkan sudah berstandar ISO 27001.

Software Mekari menggunakan sistem penyimpanan otomatis berbasis cloud yang mana akses hanya bisa dilakukan oleh pihak perusahaan sendiri. Dengan adanya fitur cloud membuat keamanan data serta aktivitas transaksi keuangan pun dapat disimpan dengan aman.

Untuk memudahkan melakukan pengelolaan keuangan, terdapat fitur pengaturan akses ke sistem. Fitur ini memungkinkan Anda untuk memberikan izin akses kepada pihak lain yang membutuhkan informasi mengenai keuangan perusahaan.

4. Interface Mobile Friendly

Ribet selalu menggunakan laptop atau PC untuk mengakses aplikasi? Sekarang kamu dapat mengakses aplikasi keuangan dimana saja dan kapan saja karena dibuat mobile friendly. Kamu dapat mengakses informasi, memeriksa hingga mengelola data aktivitas keuangan melalui gadget smartphone.

5. Hasil Pelaporan Akurat

Salah satu kelebihan utama mengadaptasi software keuangan adalah memperoleh informasi keuangan dan laporan secara detail dan akurat. Hal ini karena seluruh aktivitas transaksi keuangan dan kondisi keuangan perusahaan tercatat secara rapi dalam satu tempat.

Sistem otomatisasi penyimpanan data di dalam software keuangan berbasis cloud akan mampu mengurangi tingkat human error yang sering terjadi ketika input data secara manual. Dengan cara ini, hasil laporan keuangan perusahaan menjadi lebih akurat.

Mempersiapkan laporan keuangan perusahaan yang rinci dan akurat adalah hal penting yang tidak boleh diabaikan setiap bisnis. Laporan keuangan dapat membantu perusahaan dalam mengontrol aliran dana keluar dan masuk. Untuk itu pencatatan arus kas transaksi, kondisi keuangan harus dilakukan dengan baik.

Sebagai salah satu software keuangan terbaik di tanah air, Mekari Jurnal memberikan layanan paket lengkap kepada setiap konsumen. Layanan paket membuat setiap konsumen dapat menikmati seluruh fitur yang tersedia tanpa harus membelinya secara terpisah.



from Gizmologi https://ift.tt/SZCn4Xk
via IFTTT