Jakarta, Gizmologi – Di tengah kondisi ekonomi yang tidak menentu di tahun 2022, kinerja IndiHome justru bisa melaju dengan terus bertumbuh positif di semua sisi. Hal ini diungkapkan oleh E. Kurniawan, President Marketing Management PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, yang mengatakan pertumbuhan pelanggan baru IndiHome yang terus meningkat  bertambahnya jumlah pelanggan baru.

“Jumlah pelanggan IndiHome terus meningkat hingga akhir tahun 2022. Artinya sepanjang tahun ini, tren konsumsi digital masyarakat tetap dalam tren meningkat,” ujar E. Kurniawan dalam pernyataan resminya di Jakarta (31/12).

Dengan rentetan ekspansi produk, pelayanan, dan berbagai kegiatan yang didasari dengan perencanaan dan eksekusi terarah, kinerja IndiHome mendapat kepercayaan cukup besar dari publik. Tidak kurang 37 penghargaan, bertumbuh pesat dari 24 penghargaan pada tahun lalu, bergengsi dari instansi bonafit dalam dan luar negeri.

Baca juga: Sambut 2023, IndiHome Bakal Bidik Dua Segmen Besar  

Kinerja IndiHome Moncer di Tahun 2022, Raih 9 Juta Pelanggan

Ilustrasi Teknisi IndiHome 3

Secara spesifik, kinerja IndiHome mencatat konsumsi data masyarakat melalui IndiHome telah menembus 60 petabyte (60 juta gigabyte) dengan jumlah perangkat yang terhubung dalam jaringan IndiHome mencapai lebih dari 180 juta perangkat. Jumlah yang terkoneksi cukup besar mengingat jumlah pelanggan IndiHome hingga kuartal lll 2022 ada di kisaran 9 juta pelanggan.

“Besarnya pengguna ekosistem kami menandakan adanya kepercayaan besar terhadap layanan kami,” kata Kurniawan.

Tentunya realisasi positif ini tidak didapat begitu saja. Diperlukan banyak upaya maksimal untuk bisa mendapat kepercayaan masyarakat. Sepanjang tahun 2022, tidak sedikit perbaikan layanan berkelanjutan yang dilakukan oleh IndiHome.

Dijelaskan lebih lanjut, yang menjadi salah satu fokus kinerja IndiHome adalah pemerataan akses internet yang menyeluruh. Karena itu pembangunan jaringan ke daerah menjadi salah satu fokus utama.

Hingga penghujung tahun 2022, IndiHome telah menjangkau 499 dari 514 kota/kabupaten. Dengan ini penetrasi layanan IndiHome secara nasional telah mencapai 97 persen.

Dengan jangkauan yang makin masif, kinerja IndiHome mengedepankan kepuasan pelanggannya di setiap ekspansi bisnisnya. Dari sisi produk, di tahun 2022, IndiHome mengklaim sebagai provider internet optik fiber dengan layanan televisi interaktif terbanyak. Mereka memiliki hingga 214 ragam channel dari 14 mitra over the top (OTT) seperti Netflix, Disney Hotstar, hingga Vidio.

Dengan banyaknya mitra OTT yang tergabung dalam ekosistem IndiHome, pelanggan dimudahkan dengan kustomisasi layanan sesuka hati dan kemudahan pembayaran cukup melalui 1 billing saja.

Tidak hanya sebagai internet service provider dengan channel tv interaktif terbanyak saja. Setahun terakhir IndiHome terus berupaya meningkatkan kecepatan internet nasional. Dengan pangsa pasar (market share) internet fixed broadband nasional hingga lebih dari 80 persen, IndiHome terus berupaya meningkatkan peringkat kecepatan internet nasional.

IndiHome berusaha untuk mendongkrak kecepatan rata-rata internet pelanggan-pelanggan menjadi 30 mbps di akhir tahun 2022. “Ada hampir 3 juta pelanggan yang kami naikkan kecepatan internetnya secara gratis melalui program Higher Speed Same Price,” kata E. Kurniawan.

Di saat terjadi penyesuaian tarif internet akibat kenaikan PPN 11% pada bulan April 2022 lalu, IndiHome justru memberi diskon tarif pasang baru. IndiHome juga rajin memberi promo untuk mendatangkan pelanggan baru.

Tidak kurang puluhan promo yang dihadirkan sepanjang tahun 2022 ini seperti promo bulanan berbalut tanggal cantik, hari nasional Indonesia, dan inisiatif promo sendiri seperti dalam merayakan HUT Telkom sepanjang bulan Juni lalu. Ragam promo yang diberikan pun beragam seperti potongan harga langganan, bebas biaya untuk pemasangan baru, hingga hadiah langsung kepada pelanggan.

IndiHome memastikan aktivitas promosi dilakukan secara berkelanjutan yang tidak sekedar bakar uang semata dan bermanfaat bagi pelanggan. Hasilnya, perusahaan mengklaim, hampir 100 persen jumlah pelanggan baru tetap menggunakan IndiHome. Bahkan pada promo 11.11 November lalu ada lebih dari 50 ribu pelanggan baru yang mendaftarkan diri dalam campaign tersebut. Menunjukan kebutuhan masyarakat akan internet cepat tetap tinggi.

Dukungan Multisektor

IndiHome

Di luar kegiatan core business, hampir setiap pekan IndiHome berikan dukungan ke puluhan kegiatan multisektor seperti olah raga, e-sport, seni, hingga kegiatan sosial yang tersebar di seluruh Indonesia. Contohnya, event akbar balapan MotoGP Indonesia pada Maret 2022 lalu mengukir sejarah baru karena IndiHome turut andil dalam kesuksesan tersebut dengan menyiapkan fasilitas internet optik fiber untuk semua stakeholder yang hadir di sirkuit ataupun penonton yang hadir.

Lalu, ada juga dukungan terhadap “Mudik Sehat Bersama BUMN 2022” sukses digelar dengan antusias dari masyarakat bukan hanya pelanggan setia IndiHome saja. Dari cabang olahraga eSport IndiHome sukses melahirkan talenta berbakat yang siap membawa nama baik Indonesia di kancah internasional, terbukti dari beberapa event yang digelar perwakilan LEAD by IndiHome ikut serta dalam kejuaraan Asia Tenggara pada medio tahun 2022 lalu.

Dukungan IndiHome terhadap salah satu cabang olahraga unggulan Indonesia yakni Badminton juga sudah membuahkan hasil. Ada Ardini Cantika Putri atlet junior dari IGBA (IndiHome Badminton Academy) yang mengharumkan nama bangsa usai meraih juara I pada turnamen Victor Denmark Junior U17 di Odense Denmark yang digelar 19 – 23 Oktober 2022 yang lalu.

Alhasil, produk internet broadband milik Telkom ini pun optimistis bisa melanjutkan tren positif pembangunan digitalisasi nasional di masa mendatang yang lebih menyeluruh dan inklusif.

“Ekonomi digital sudah terbukti mengakselerasi pertumbuhan ekonomi. Karena itu kami sangat optimistis menyongsong tahun 2023 dan menjadi bagian dalam pengembangan ekosistem digital nasional. Kami sangat terbuka untuk berkolaborasi dengan masyarakat dan mitra potensial untuk memenuhi kebutuhan digitalisasi nasional,” pungkasnya.



from Gizmologi https://ift.tt/eRGi06K
via IFTTT