Jakarta, Gizmologi – Tren Instagram memprediksi konten lokal yang bakal disukai kalangan gen Z pada 2023. Instagram mengungkap sejumlah hal yang diminati para Gen Z, mulai dari kebiasaan hingga topik mereka sukai.

Director Creator Partnership Southeast Asia Meta, Revie Sylviana mengungkapkan, konten atau tagar seputar makanan dan wisata masih akan menjadi tren di tahun depan. Lantaran konten tersebut memiliki kekuatan untuk menciptakan tren dan mengarahkan percakapan mengenai kultur-kultur yang tengah populer.

“Kuliner dan wisata masih akan menjadi primadona. Salah satunya adalah tagar Pesona Indonesia yang di-drive oleh 37 persen Gen Z Indonesia,” ujar Sylviana dalam laporan “Yang Dicintai Gen Z Indonesia di Instagram”, Selasa (6/12).

Berdasarkan data internal Instagram dan Populix, tren lain yang juga diprediksi akan terjadi di tahun depan adalah pemakaian lagu-lagu lokal pada konten dibagikan di Instagram, terutama untuk konten Reels. “Gen Z justru lebih mengutamakan lagu Indonesia,” ujar Revie menjelaskan.

Gen Z lebih banyak menggunakan dan membagikan konten lokal, berupa lagu dan tarian, dibandingkan konten asing untuk Reels. Populix mendapati 1 dari 2 Gen Z pernah menggunakan lagu “Dunia Tipi-Tipu” dari Yura Yunita dan sepertiga dari mereka menyukai lagu “Ojo Dibandingke” yang dinyanyikan Farel Prayoga.

Beberapa lagu Indonesia yang juga difavoritkan Gen Z adalah Full Senyum Sayang dari Evan Loss, I Love Mama Mantu dari Bulan Sutena, dan Hati-Hati di Jalan oleh Tulus. Tidak hanya itu, tarian Mendung Tanpo Udan juga sukses menarik perhatian pengguna di Indonesia.

Baca Juga: Inikah Alasan Kenapa Ada Akun yang Dikunci dan Diblokir Ketika Instagram Down?

Tren Instagram yang Bakal Hype di 2023

Tren lain yang juga diperkirakan akan ramai adalah teknologi web3.0 seperti NFT, avatar, augmented reality (AR) dan virtual reality (VR). Populix menemukan 65 persen Gen Z ingin melihat lebih banyak vitur VR di Instagram,

“Gen Z juga tertarik menggunakan fitur AR buatan kreator Indonesia yaitu “ID Flag” dan “Kasat Mata”.” tulisnya.

Sepanjang 2022, Instagram mencatat Gen Z menyukai konten video yang ada di Reels dan Instagram Story. Kedua fitur itu menjadi tempat kesukaan mereka untuk menonton konten yang menghibur.

Bahkan untuk berinteraksi, para Gen Z kerap menggunakan fitur komentar dan pesan pribadi DM. Mereka juga gemar menggunakan fitur Sticker Add Yours di Reels dan Story.

Topik yang diminati Gen Z Indonesia di Instagram tidak melulu soal hiburan, mereka juga tertarik dengan aksi sosial seperti lingkungan yang berkelanjutan, otentik dan menjadi diri sendiri, pemberdayaan perempuan, komunitas dan kesehatan mental.

Laporan ini dibuat menggunakan metode survei online mandiri mandiri dengan kuesioner yang terstruktur, serta pengambilan sampel acak bertahap yang dilakukan mulai 11 hingga 22 November 2022. Secara keseluruhan, ada 2.000 Gen Z dengan usia 18-25 tahun yang berpartisipasi dalam survei ini.



from Gizmologi https://ift.tt/J2gFuoA
via IFTTT