Jakarta, Gizmologi – Operator seluler XL Axiata bersiap untuk menaikkan kapasitas jaringan untuk menghadapi kemungkinan lonjakan trafik di semua layanan jelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Berdasarkan data puncak trafik dari tahun-tahun sebelumnya, perusahaan memperkirakan trafik meningkat hingga 2-3x lipat dibandingkan rata-rata trafik di hari biasa.

Perusahaan meyakini, trafik akan meningkat sekitar 25 persen dibanding trafik Nataru tahun lalu, dan telah menyiapkan jaringan dengan kapasitas 2x lipat dari biasanya. Hal ini diperkirakan akan mendorong peningkatan trafik penggunaan layanan telekomunikasi dan data di berbagai daerah di Indonesia.

“Untuk memastikan pelanggan mendapatkan layanan terbaik, XL Axiata telah menyiapkan jaringan dengan kapasitas 2x lipat lebih besar dari hari normal,” tulis Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa dalam keterangan resminya, Rabu (21/12).

Berdasarkan survei Kemenhub 2022, diperkirakan akan ada potensi pergerakan sekitar 44,17 juta orang saat Nataru nanti. Untuk mengantisipasi hal tersebut, XL Axiata sudah mengidentifikasi kota-kota rawan dengan lonjakan trafik, termasuk juga destinasi wisata, pusat keramaian, serta area pemukiman.

“Tim XL Axiata juga sudah menyiapkan rekayasa pengalihan atau pemecahan trafik jika terjadi kepadatan di suatu area. Dengan demikian, lonjakan trafik di suatu lokasi tidak akan menyebabkan penurunan kualitas layanan kepada pelanggan.”

Menurut Gede, area atau lokasi yang mengalami kenaikan trafik internet tinggi diperkirakan akan terjadi di beberapa kawasan jalur pergerakan pemudik. Tim teknis XL Axiata memperkirakan, pergerakan masif akan terkonsentrasi di jalur mudik via jalan tol Trans Jawa dan Trans Sumatera dengan peningkatan trafik 10-20 persen.

Begitu juga jalur non tol, yaitu Pantura hingga Pansela. Dimulai pada malam pergantian tahun, peningkatan trafik diperkiran akan turut terjadi di tempat-tempat wisata hingga ke pusat keramaian yang merayakan pergantian tahun, seiring dengan ramainya kampanye ajakan berwisata dalam negeri.

Baca Juga:Telkomsel hingga XL Axiata Pulihkan Jaringan Telekomunikasi Paska Gempa Cianjur

XL Axiata Naikkan Kapasitas Jaringan untuk Libur Natal dan Tahun Baru

Kapasitas Jaringan
XL Axiata menaikkan kapasitas jaringan untuk libur natal dan tahun baru

XL Axiata juga telah menyiapkan tidak kurang dari 65-unit mobile BTS (MBTS) di berbagai titik lokasi yang butuh dukungan penguatan kualitas sinyal, terutama di wilayah Jawa Barat, Sumatera, dan Bali. Titik-titik lokasi tersebut, antara lain meliputi jalur transportasi utama, lokasi tujuan wisata, pusat keramaian, hingga terminal bus, stasiun kereta, serta bandar udara.

“Kami juga telah menyiapkan antisipasi jika sewaktu-waktu terjadi accident yang tidak terduga, seperti misalnya banjir, gempa bumi, dan sebagainya yang sifatnya bencana, yang berpotensi menyebabkan putusnya pasokan listrik ke BTS-BTS,” ucap I Gede Darmayusa.

XL Axiata menyatakan, tim di lapangan akan standby 24 jam selama masa libur ini, selain juga ada tim memantau kondisi jaringan di seluruh wilayah layanan melalui pusat monitoring kualitas layanan XL Axiata – Customer Experience and Service Operation Center (CE&SOC) di kantor pusat di Jakarta.

Sementara itu, guna melayani pelanggan yang membutuhkan dukungan selama melewati masa libur panjang tersebut, tim layanan pelanggan XL Axiata juga telah siap Untuk memastikan pelanggan dapat terlayani secara maksimal, XL Axiata menyediakan sekitar 550 petugas layanan contact pelanggan baik melalui layanan call center maupun layanan digital care. Layanan kepada pelanggan ini bersiaga selama 24 jam sehari, 7 hari dalam sepekan.

XL Axiata juga telah menyiapkan fasiltas dan infrastruktur yang beragam, baik melalui telpon atau layanan digital yang bisa dilakukan dari rumah, diantaranya, layanan XL Center online, layanan Call Center dan layanan Digital Care Maya melalui aplikasi myXL dan AXISnet juga kanal digital seperti; E-mail, Twitter, Facebook, Instagram serta Live Chat, untuk melayani sekaligus memberikan solusi atas berbagai pertanyaan baik menyangkut keluhan layanan hingga informasi produk kepada pelanggan setia.



from Gizmologi https://ift.tt/3IOJ47u
via IFTTT