Jakarta, Gizmologi – PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta mengoperasikan sebuah robot pintar di dalam area Stasiun MRT Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Robot yang diberi nama DINA (Digital Intelligent Assistant) akan berpatroli dan membantu penumpang di Stasiun MRT.

“Fungsi dari robot DINA ini ialah melakukan patroli di area stasiun untuk mengawasi fasilitas dan kondisi area publik, terutama saat window time (waktu setelah operasional),” kata Direktur Operasi dan Pemeliharaan PT MRT Jakarta, Muhammad Effendi, dalam keterangannya, Senin (2/1/2023).

Robot DINA yang diluncurkan MRT ini dikembangkan bersama akademisi dari Universitas Gunadarma. Robot DINA berbentuk seperti koper putih beroda empat dengan layar besar dan kamera yang terintegrasi.

“Selain itu, alat ini juga melakukan interaksi dua arah dengan penumpang karena robot DINA tersambung dengan petugas di stasiun sehingga pengguna jasa dapat bertanya dan berbicara langsung dengan petugas tersebut. Sederhananya, robot ini adalah DINA berjalan,” tuturnya.

Baca Juga: OttenMatic Tawarkan Pengalaman Ngopi Buatan Robot Barista

Pengoperasian Robot DINA di Stasiun MRT

Robot Patroli DINA
Robot DINA berpatroli di Stasiun MRT Lebak Bulus

Effendi bersama salah satu penumpang melakukan uji coba komunikasi dengan robot DINA. Dia mengatakan robot DINA ini juga dapat diakses menggunakan ponsel pintar.

“Penumpang tersebut melihat saya melalui layar di robot DINA dan saya melihat melalui layar komputer yang nantinya ada di salah satu ruangan di stasiun. Bahkan, kita bisa mengecek dan melihat apa yang dilihat oleh robot DINA ini melalui ponsel, meskipun sedang berada di rumah atau kantor,” ungkapnya.

Menurutnya, inovasi seperti ini juga membantu manajemen mengetahui kondisi nyata (real time) di stasiun sehingga membantu dalam pengambilan keputusan atau kebijakan. Robot DINA ini akan dikembangkan baik untuk membantu pelayanan pengguna jasa maupun sebagai fungsi pengawasan keamanan di stasiun.

Penggunaan robot pintar ini dapat berpatroli secara otonom maupun menggunakan kendali petugas. Ke depannya, akan dilakukan kajian dan evaluasi untuk penambahan di stasiun lain, termasuk untuk fase 2A. PT MRT Jakarta (Perseroda) juga mengajak para pengguna MRT Jakarta untuk mencoba berinteraksi dengan robot DINA ini.



from Gizmologi https://ift.tt/TrXUv46
via IFTTT