Jakarta, Gizmologi – Google Cloud memperkenalkan sejumlah inovasi terbarunya dengan menampilkan AI generatif untuk membantu peritel mentransformasi proses pemeriksaan etalase di toko. Melalui prototipe terbaru itu memungkinkan situs e-commerce maupun pemilik toko untuk mengelola stok barang secara digital.

API dan produk baru ini diklaim memudahkan, aman, dan dapat ditingkatkan, dan dapat dimanfaatkan untuk mulai membangun model AI terbaik Google. Selain itu, fitur baru ini ditujukan untuk membantu pengguna memanfaatkan kekuatan AI generatif untuk berkreasi, terhubung, dan berkolaborasi di Google Workspace.

“Tujuan kami adalah untuk berani dan bertanggung jawab dalam pendekatan kami dan bermitra untuk meningkatkan model AI kami sehingga aman dan bermanfaat bagi semua orang,” ujar CEO Google Cloud Thomas Kurian dalam keterangannya, Selasa (21/3/2023).

Bagi pengembang yang ingin membangun aplikasi generasi berikutnya dengan AI generatif, Google memperkenalkan antarmuka pemrograman aplikasi (API) PaLM, penawaran baru yang diklaim Google memudahkan dan aman untuk bereksperimen dengan model bahasa besar terbaiknya.

Saat ini, Google menyediakan model yang efisien, dalam hal ukuran dan kemampuan, dan ukuran lainnya akan segera ditambahkan. API ini juga dilengkapi dengan alat intuitif bertajuk MakerSuite. Alat tersebut memungkinkan pengembang membuat prototipe ide dengan cepat dan, dari waktu ke waktu, akan memiliki fitur untuk rekayasa cepat, pembuatan data sintetik, dan penyetelan model kustom, dan didukung alat keamanan tangguh.

“Dikembangkan dalam Vertex AI Vision Google Cloud dan didukung oleh dua model machine learning (ML), pengenal produk dan pengenal tag. AI akan pemeriksa etalase memungkinkan peritel mengidentifikasi produk dari semua jenis, dalam skala besar,” paparnya.

Berbekal teknologi ini, peritel tidak lagi harus menghabiskan waktu, tenaga, dan investasi untuk pengumpulan data dan melatih model AI mereka sendiri, dan juga akan memiliki tingkat fleksibilitas yang tinggi dalam jenis citra yang dapat mereka berikan ke AI pengecekan etalase. Selain itu, Generative AI App Builder menyediakan cara tercepat bagi pengembang untuk memulai pembuatan aplikasi AI generatif, atau aplikasi gen, seperti bot, aplikasi chat, asisten digital, mesin telusur kustom, dan lainnya, dengan keahlian teknis terbatas yang diperlukan.

Baca Juga: Penyair Legendaris Indonesia, Sapardi Djoko Damono dalam Google Doodle

Google Cloud AI Generatif

AI Generatif
kemampuan Google Cloud lewat AI generatif

Google Cloud juga meluncurkan Built with Google Cloud AI, inisiatif baru membantu mitra vendor perangkat lunak independen (ISV) untuk mulai membuat aplikasi menggunakan layanan Google Cloud AI. Inisiatif ini memberikan akses khusus ke keahlian, pelatihan, dan dukungan pemasaran bersama Google Cloud untuk membantu mitra membangun kapasitas dan memasuki market.

“Selain mendorong peningkatan yang signifikan dalam pendapatan per kunjungan, ini juga dapat menghemat waktu dan biaya peritel untuk membuat beberapa halaman secara manual. Alat baru ini mendukung 72 bahasa termasuk Bahasa Indonesia, Bahasa Melayu, Thai, Mandarin Simplified and Traditional, serta Bahasa Vietnam dan sekarang tersedia secara umum untuk peritel di seluruh dunia,” jelas Google.

Menurut Google, peritel sudah cukup lama mengalami kesulitan menentukan panel mana yang akan ditampilkan di situs web mereka, cara menyusunnya secara efektif, dan cara mengoordinasikan konten yang relevan dan dipersonalisasi. Solusi Recommendations AI Google Cloud menggunakan ML untuk membantu peritel memberikan rekomendasi produk kepada pembeli mereka.

Peningkatan baru ke Recommendations AI dapat membuat properti e-commerce peritel menjadi lebih personal, dinamis, dan bermanfaat bagi pelanggan individu. Misalnya, fitur pengoptimalan tingkat halaman yang baru kini memungkinkan situs e-commerce untuk secara dinamis memutuskan panel rekomendasi produk yang akan ditampilkan kepada pembeli.

Artikel berjudul Google Cloud Kenalkan Kemampuan AI Generatif untuk Peritel, Bisa Cek Stok Barang yang ditulis oleh Aditya Fajar pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/n5624Hv
via IFTTT