Jakarta, Gizmologi – Firma riset pasar Canalys baru-baru ini merilis laporan jumlah pengapalan (shipment) smartphone global untuk kuartal-pertama (Q1) 2023. Tercatat selama periode Januari-Maret 2023 tersebut, jumlah pengiriman smartphone turun 12 persen.

Canalys menyebut bahwa jumlah pengiriman smartphone berada di angka kurang lebih 250 juta unit. Angka ini mengalami penurunan dari periode yang sama pada tahun sebelumnya, pada kuartal-I 2022 lalu.

“Meski ada pemangkasan harga besar-besaran di sejumlahn model ponsel, permintaan konsumen, terutama di segmen ponsel kelas bawah, tetap lesu di kuartal-I 2023 ini,” ungkap analis Canalys Sanyam Chaurasia dalam keterangannya, Minggu (23/4/2023).

Menurut Canalys, penurunan ini disebabkan oleh kondisi ekonomi global yang belum membaik. Di masa-masa seperti ini, vendor smartphone memangkas biaya operasi dan biaya lain-lain, termasuk biaya produksi, untuk menghemat kas perusahaan.

Selain alasan di atas, Canalys juga menyebut bahwa tingkat inflasi tinggi menjadi pemicu vendor-vendor mengurangi stok ponsel di gudang mereka. Cara yang dilakukan seperti pengurangan unit atau penyetopan produksi.

“Situasi ini disebabkan oleh angka inflasi yang tinggi, di mana hal tersebut juga akan turut mempengaruhi kepercayaan dan pengeluaran konsumen,” tambah Sanyam.

Namun, kondisi seperti ini, lanjut Canalys, bisa menjadi pembelajaran bagi vendor-vendor smartphone. Sehingga, dengan berbagai pembelajaran atau anjloknya pasar ponsel global ini, Canalys memprediksi pasar smartphone akan pulih pada kuartal-II (Q2) 2023 mendatang.

Baca Juga: Canalys: Pengapalan PC Global di Tahun 2022, Turun 16 Persen

Pengapalan Smartphone Dunia

Pengapalan Smartphone di Q1 2023
Canalys-Q1-2023-smartphone-market-global

Terlepas dari pasar smartphone global kuartal-I (Q1) 2023, Canalys juga merilis daftar lima vendor smartphone teratas di pasar global untuk periode yang sama. Di mana persaingan vendor besar terus berlanjut dengan sangat sengit.

Banyak merek, termasuk Apple, Samsung, Xiaomi, Oppo, dan Vivo, berjuang untuk menguasai pasar. Hasilnya Apple yang sempat berada di puncak dengan seri iPhone 14 pada kuartal terakhir 2022, kali ini harus berganti posisinya dengan Samsung.

Di mana Samsung berhasil mempertahankan posisi pertama sebagai vendor smartphone terlaris di kuartal-I (Q1) 2023 dengan pangsa pasar (market share) 22 persen. Posisi kedua ditempati Apple dan diikuti Xiaomi, Oppo, serta Vivo yang masing-masing memiliki market share 21 persen, 11 persen, 10 persen, dan 8 persen.

Tercatat Samsung menjadi pemimpin pasar global dalam total penjualan. Meski demikian, raksasa teknologi asal Korea Selatan itu mencapai kesuksesan volume penjualan ini dengan model-model dengan margin rendah dan terjangkau.

Artikel berjudul Riset Canalys: Pengapalan Smartphone Dunia Q1 2023 Turun 12 Persen yang ditulis oleh Aditya Fajar pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/LGM0msg
via IFTTT