Jakarta, Gizmologi – Di ajang Computex 2023, MediaTek dan NVIDIA mengumumkan bahwa mereka bakal bekerja sama untuk mengembangkan System on Chip (SoC) otomotif. Kolaborasi keduanya akan menghadirkan kabin mobil yang dilengkapi kecerdasan buatan atau AI.

Rick Tsai, selaku Vice Chairman and CEO of MediaTek mengungkapkan, kemitraan ini akan membuat MediaTek mengintegrasikan chipset dan perangkat lunak GPU Nvidia ke dalam SoC, yang disediakan untuk produsen mobil pada layar infotainment.

“Melalui kerja sama khusus dengan NVIDIA ini, kami akan bersama-sama menyediakan platform unik untuk kendaraan masa depan yang intensif komputasi dan ditentukan oleh perangkat lunak,” ungkap Rick dalam keterangan yang diterima Gizmologi, Kamis (1/6/2023).

Melalui kolaborasi ini, MediaTek akan mengembangkan Dimensity Auto Platform mereka dengan integrasi chiplet NVIDIA GPU terbaru, NVIDIA AI, dan juga graphics IP dari NVIDIA. Termasuk, berbagai teknologi software seperti NVIDIA Drive OS, Drive IX, CUDA dan TensorRT.

Sistem tersebut akan mampu melakukan streaming video, menjalankan game, dan tugas AI untuk berinteraksi dengan pengendara. Layar dasbor akan memberikan tampilan eksternal dari lingkungan kendaraan, sementara kamera akan memantau pengemudi.

Baca Juga: MediaTek Kenalkan Chip Dimensity Auto Buat Kendaraan Pintar

SoC Otomotif Racikan MediaTek dan NVIDIA

SoC Otomotif Racikan MediaTek dan NVIDIA
SoC Otomotif Racikan MediaTek dan NVIDIA

“Gabungan SoC terdepan di industri MediaTek dan teknologi perangkat lunak GPU dan AI NVIDIA akan memungkinkan pengguna merasakan pengalaman baru, keamanan yang lebih baik, dan layanan terkoneksi internet terbaru untuk semua segmen kendaraan, dari yang mewah hingga mainstream,” papar Jensen Huang, founder and CEO of NVIDIA.

Tentunya kemitraan ini merupakan kesempatan besar bagi Nvidia, yang ingin memperluas jangkauannya ke pasar otomotif. Di sisi lain, MediaTek merupaka pemasok semikonduktor terkemuka untuk industri otomotif, dan kemitraannya dengan Nvidia akan memberi keuntungan besar bagi perusahaan dalam pengembangan sistem infotainment canggih.

Sayangnya untuk saat ini, belum diungkapkan secara pasti kapan produk hasil dari kerja sama antara MediaTek dan NVIDIA ini bakal diumumkan. Jadi, mari kita nantikan saja perkembangan terbarunya.

Artikel berjudul MediaTek Racik SoC Otomotif Bareng NVDIA yang ditulis oleh Aditya Fajar pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/8YdtHv4
via IFTTT