Eropa, Gizmologi – Menjadi trendsetter ponsel lipat dahulu kala, wajar bila Motorola terus bersaing untuk merilis smartphone layar lipat kompak alias flip dari tahun ke tahun. Menariknya, kali ini tidak hanya ada satu, namun dua Motorola Razr 40 Series diresmikan untuk pasar global.

Kalau Samsung hadirkan satu perangkat fold berdimensi besar dan flip untuk versi kecil, pendekatan Motorola kali ini berbeda. Motorola Razr 40 hadir dalam dua opsi flip berbeda, di mana versi Ultra bakal jadi penerus generasi sebelumnya, sementara versi standar jadi opsi smartphone layar lipat harga murah. Meski begitu, keduanya membawa beberapa fitur yang identik.

Motorola Razr 40 Series hadir sebagai smartphone flip global pertama yang punya sertifikasi tahan debu. Lebih tepatnya IP52—ya, tahan debu namun tidak bisa menyelam seperti Galaxy Z Flip4 yang punya sertifikasi IPX8, alias hanya tahan dari cipratan air. Keduanya sama-sama punya opsi permukaan bodi luar kulit vegan.

Tak seperti generasi sebelumnya, hinge pada Motorola Razr 40 Series dibuat lebih fleksibel agar bisa memiliki fitur Flex View, di mana layar bisa dibuka lebih dan kurang dari 90 derajat untuk angle penggunaan beragam, mirip seperti keunggulan milik Samsung. Namun di saat yang sama, crease dibuat lebih samar, dan punya lipatan yang rapat saat perangkat tertutup.

Baca juga: Motorola Edge 30 Ultra Rilis Untuk Pasar Global dengan Sensor Kamera 200MP

Cover Screen Razr 40 Ultra Bisa Jalankan Semua Aplikasi

Motorola Razr 40 Ultra

Dari kedua varian, Motorola Razr 40 Ultra jadi opsi paling premium. Terlihat langsung dari bagian luarnya, di mana Motorola sematkan layar seluas 3,6 inci, menjadi yang paling besar di pasaran saat ini. Spesifikasi layar luarnya pun cukup hebat, karena selain punya panel AMOLED 10-bit, juga mendukung refresh rate maksimum 144Hz.

Motorola juga memastikan bila layar tersebut bisa dimanfaatkan untuk banyak hal, bekerja sama dengan Google dan Spotify. Bila perlu, pengguna bisa aktifkan semua aplikasi agar bisa diakses dari layar luar Motorola Razr 40 Ultra. Fitur Live Preview untuk tampilkan viewfinder kamera pun juga bisa diakses dari aplikasi pihak ketiga seperti Instagram.

Untuk pengalaman multimedia lebih jauh, layar utama Motorola Razr 40 Ultra berukuran 6,9 inci dengan panel LTPO AMOLED FHD+ dan refresh rate hingga 165Hz. Layar ini memiliki lima lapis proteksi, plus Ultra-Thin Glass. Di bagian atas terdapat kamera punch-hole 32MP yang bisa rekam video 4K.

Motorola Razr 40 Ultra

Tentunya pengguna smartphone ini bakal lebih banyak akses kamera yang berada di luar. Sensor utama kamera Motorola Razr 40 Ultra beresolusi 12MP dengan diafragma f/1.5, ukuran piksel 1,4um, dan sudah mendukung OIS. Di sebelahnya, ada kamera 13MP f/2.2 ultra-wide yang juga sudah didukung oleh autofokus, serta bisa diakses dari layar luar.

Spesifikasi Motorola Razr 40 Ultra lainnya meliputi penggunaan chipset Snapdragon 8+ Gen 1, RAM hingga 12GB UFS 3.1, penyimpanan hingga 512GB UFS 3.1, baterai 3,800 mAh, serta pengisian daya maksimum 30W lewat kabel (& 5W secara nirkabel). Motorola menjanjikan 3 kali pembaruan OS dan 4 tahun pembaruan keamanan sistem secara berkala.

Motorola Razr 40 Diklaim Bakal Jauh Lebih Murah

Motorola Razr 40

Selain Motorola Razr 40 Ultra, juga hadir varian standar yang terlihat sepintas mirip seperti Galaxy Z Flip pertama terdahulu. Berkat layar luarnya yang cukup mungil, berukuran 1,5 inci, namun tetap bisa tampilkan notifikasi, widget, dan viewfinder kamera. Layar utamanya berukuran 6,9 inci dengan panel yang sama, hanya saja refresh rate sedikit turun ke 144Hz saja.

Penurunan lainnya ada pada chipset Snapdragon 7 Gen 1 serta jenis storage UFS 2.2. Uniknya, sensor kamera utama Motorola Razr 40 justru punya resolusi lebih tinggi mencapai 64MP f/1.7, serta baterai sedikit lebih besar mencapai 4,200 mAh. Keduanya sama-sama memiliki setup speaker stereo, serta gunakan bingkai aluminium seri-7000.

Harga Motorola Razr 40 Ultra sendiri dibanderol USD999 atau Rp14,8 jutaan di Amerika Serikat. Sementara untuk versi standar, bakal menyusul beberapa bulan mendatang bersama harganya. Walau begitu, pihak Motorola janjikan harga jauh lebih murah dibandingkan versi Ultra. Apakah semurah harga Galaxy Z Flip3 saat ini? Kita nantikan saja ya.

Artikel berjudul Motorola Razr 40 Series Punya Cover Screen Paling Luas, Rilis Versi Murah yang ditulis oleh Prasetyo Herfianto pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/fBMkYbx
via IFTTT