Jakarta, Gizmologi – Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump akhirnya bisa kembali berkicau di platform media sosial, yang kini bernama X. Mengingat dulunya, akun pribadi Trump diblokir Twitter sejak 2021.

Menariknya kicauan pertama Trump di X justru dilakukan setelah, ia menyerahkan diri ke Rumah Tahanan Fulton Country di Georgia, AS. Ia dituding melakukan konspirasi dan tindakan kriminal untuk membatalkan hasil pemilu AS pada 2020 di negara bagian tersebut.

“Sebuah foto bertuliskan ‘Election Interference’ and ‘Never Surrender!’, lengkap dengan URL website DonaldTrump.com,” seperti dikutip dari Engadget, Jumat (25/8/2023).

Adapun link website yang dicantumkan Trump berisikan foto tahanan atau mug shot Trump yang diambil dan dibagikan secara publik. Trump juga diberi nomor tahanan berkode P01135809.

Tak perlu waktu lama, unggahan Trump tersebut langsung mendapat perhatian sekitar 88 juta akun pengikutnya di Twitter. Postingan pertama Trump di platform yang kini bernama X itu mendapat lebih dari 144 ribu balasan dan 838 ribu like.

Pasalnya, ini merupakan cuitan pertama Trump di X, sejak 8 Januari 2021. Seperti diketahui, Twitter memblokir akun pribadi @realDonaldTrump secara permanen karena dianggap melanggar aturan terkait upaya penghasutan kekerasan pada saat kerusuhan di Gedung Capitol AS, 6 Januari 2021 silam.

Baca Juga: Meta Segera Pulihkan Akun Facebook & Instagram Donald Trump

Kicauan Pertama Donald Trump di X

Sebetulnya, pada November tahun lalu, Elon Musk selaku pemilik X/Twitter sempat mengadakan poling untuk menanyakan apakah sebaiknya akun Donald Trump dikembalikan atau tidak. Hasilnya cukup mengejutkan, setelah mendapatkan 15 juta respon, 51,8 persen warganet mengatakan ‘Ya’ agar Musk memulihkan akun Twitter pribadi Trump.

Namun sejak diblokir dari Twitter, Trump sudah lebih dulu membuat platform media sosialnya sendiri yang bernama Truth Social. Bahkan sebelum diunggah ke X, Trump pertama kali menggunggah mug shot miliknya di Truth Social.

“Apa yang telah terjadi mengolok-olok keadilan. Saya tidak melakukan kesalahan apapun, semua orang tahu,” kata Trump usai dibebaskan dari penjara Fulton County. Ia dibebaskan setelah membayar jaminan sebesar USD 200.000 atau sekitar Rp 3 miliar sambil menunggu jadwal persidangan.

Artikel berjudul Akhirnya Donald Trump Bisa Kembali Berkicau Lagi di X yang ditulis oleh Aditya Fajar pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/KJ3YxWm
via IFTTT