Smartwatch dengan range harga 1 jutaan yang stylish, berkualitas, dan punya fitur lengkap? Hampir mustahil mencari yang punya semua kelebihan itu beberapa tahun lalu. Kini di tahun 2023, ada banyak pilihan smartwatch yang menarik dengan uang sejutaan yang kamu miliki. Salah satunya adalah Redmi Watch 3 dari Xiaomi yang belum lama meramaikan pasar wearable device! 

Spesifikasi di atas kertas sungguh memikat, begitu pula bentuknya yang fresh dan kekinian. Apakah experience kala memakai Redmi Watch 3 sebanding dengan segala kelengkapan yang ditawarkan? Setelah menggunakannya selama lebih dari seminggu, saya akan mengulasnya lebih dalam untuk Gizmo friends pada review ini.

Desain

Redmi Watch 3

Saya rasa, desain menjadi nilai jual utama yang dapat menarik perhatian Gizmo friends kala melihat Redmi Watch 3. Ia tampil atraktif dengan model kotak-membulat (sekilas tampak seperti bahasa desain ala Apple Watch series 8). Strap berbahan karet yang disertakan tersedia dalam warna hitam dan ivory, serta berdesain ceria, membulat dan dinamis. Tersedia pula berbagai pilihan warna strap – dari kalem sampai colorful – semuanya bisa dibeli secara terpisah. Saya suka mekanisme lepas-pasang strap yang sangat mudah, tinggal pencet sekali dan strap langsung terlepas dari bodi tanpa perlu ada kait-kaitan/baut ekstra. Tetapi, model strap yang tidak konvensional butuh pembiasaan lebih saat akan memasang Redmi Watch 3 ke pergelangan tangan.

Bobot Redmi Watch 3 tergolong ringan, hanya 37 gram (tanpa strap). Saya menyukai smartwatch yang ringan seperti ini karena walaupun rasanya tidak premium, namun nyaman dipakai seharian dan tidak membuat pergelangan tangan terasa terbebani. Material yang digunakan biasa saja, kokoh dan durable namun saya rasa lis chrome di bagian samping bodi tampaknya akan rawan mengundang baret-baret halus seiring pemakaian. 

Layar

Redmi Watch 3

Layar menjadi poin yang sangat memikat saya saat menggunakan Redmi Watch 3. Dengan harga sejutaan, sudah menggunakan panel AMOLED berukuran 1.75 inch yang tergolong luas untuk membaca notifikasi ataupun melakukan navigasi antar menu! Selain itu, layarnya terlihat pas dengan bodi berkat screen-to-body ratio 70%. Saya senang sekali melihat tampilan layarnya, terlihat mewah kala digunakan di pergelangan tangan. Kecerahan layar hingga 600 nits menunjukkan tajinya saat digunakan di luar ruangan – sangat mudah membaca segala informasi pada layar karena kecerahannya sangat memadai dan warnanya tetap vivid dan tajam.

Tak hanya itu, respon touchscreennya pun gegas – saya tidak menemukan adanya delay mengganggu kala sedang scrolling atau menyentuh menu-menu yang ada. Bahkan lebih smooth dari Huawei Watch Fit yang sehari-hari saya gunakan! Respon gegas ini sangat penting mengingat cara untuk bernavigasi di smartwatch Xiaomi sejutaan ini hanya dapat dilakukan melalui sentuhan layar (selain satu tombol yang berfungsi sebagai tombol menu dan home). Bahan kaca yang digunakan terasa smooth kala disentuh turut menyumbang kemewahan dari bagian layar – sesuatu yang tidak saya sangka ada pada sebuah Redmi… Watch 3.

Tampilan Antar Muka

Redmi Watch 3

Tak kalah menarik dengan tampilan bodi dan layar, menu yang ada di Redmi Watch 3 juga memberikan kesan ceria dan atraktif. UI-nya tampil matang dan font yang digunakan tidak kaku, sangat menarik! Pengoperasiannya sangat mudah – slide kanan-kiri untuk melihat widget yang ada di home screen, slide dari atas ke bawah untuk melihat bar notifikasi, dan tekan tombol di bagian kanan bodi untuk mengakses menu. Widget yang tersedia dapat diatur melalui aplikasi, mulai dari informasi detak jantung, pelacakan Sp02, baterai, stopwatch, langkah kaki, dan banyak lagi. Berpindah ke menu, ada 23 icon berbentuk bulat yang siap diakses.

Untuk menghubungkan Redmi Watch 3 ke ponsel, kamu dapat menggunakan aplikasi Mi Fitness yang dapat diunduh di Play Store maupun App Store. Tampilannya cukup mudah dimengerti dan mempunyai fitur yang lengkap. Saya suka segala hal terkait pengaturan smartwatch yang dikumpulkan dalam satu menu ‘device’, memudahkan untuk mengatur segala hal yang ada dalam smartwatch sejutaan ini tanpa perlu menelusuri banyak menu. Lebih menyenangkan lagi, Mi Fitness dapat terhubung ke Strava – pecinta lari dan sepeda akan menyukai bagian ini, apalagi bila mengingat built-in GPS yang hadir pada smartwatch ini.

Fitur

Redmi Watch 3

Bertabur fitur – kesan pertama yang saya rasakan ketika mengeksplorasi Redmi Watch 3 lebih dalam. Bagian yang paling menyita perhatian saya adalah mode olahraga yang tersedia hingga 120 mode! Ada menu workout harian, water sports, outdoor activities, trainings, dance, combat sports, ball sports, winter sports (yang tidak terlalu berguna di Indonesia), recreational sports – dan masih banyak lagi – yang masing-masing mengandung berbagai macam sub-menu menarik. Sebagai orang yang sering menggunakan smartwatch untuk kegiatan berolahraga, saya sering menggunakan mode outdoor running, pool swimming, treadmill, dan jump rope dan lengkapnya mode membuat saya dapat menggunakan smartwatch ini di berbagai situasi. Sering lupa mengaktifkan mode olahraga? Redmi Watch 3 bisa mendeteksi kegiatan tersebut secara otomatis!

Kala digunakan sebagai ‘perpanjangan tangan’ dari ponsel, Redmi Watch 3 juga tak kalah handal. Dengan koneksi Bluetooth, ia dapat digunakan untuk menjawab telepon dan mengobrol dengan lawan bicara tanpa perlu menyentuh ponsel! Saya bisa mengobrol ke arah pergelangan tangan dan mendengar lawan bicara dari speaker yang disematkan pada bodinya. Notifikasi yang masuk dari ponsel dapat terbaca melalui notification bar, dan smartwatch ini juga dapat digunakan sebagai kontroler musik dan kamera.

Redmi Watch 3

Kelengkapan sensor yang ada pada Redmi Watch 3 terbilang mumpuni. GPS internal tersedia, begitu pula heart rate sensor dengan blood oxygen monitor, gyroscope, accelerometer, dan geomagnetic sensor. Kelengkapan ini saya rasakan berguna dalam hal hadirnya fitur yang membutuhkannya seperti kompas, GPS yang mendeteksi lokasi tanpa perlu terhubung dengan ponsel, dan tampilan jam yang selalu menyala dengan akurat saat pergelangan tangan diangkat – terasa natural.

Apakah Redmi Watch 3 tahan air? Tentu saja! Sertifikasi hingga kedalaman 5ATM telah saya tes untuk digunakan selama berenang dan mandi – ia dapat melaluinya tanpa terjadi masalah. Tidak perlu repot-repot melepas smartwatch setiap hendak melakukan kegiatan yang berhubungan dengan air.

Baterai

Redmi Watch 3

Redmi Watch 3 dibekali dengan baterai berkapasitas 289 mAh – cukup standar, dengan klaim bertahan hingga 12 hari pemakaian. Berdasarkan hasil tes yang saya lalui setelah menggunakannya bersama dengan Redmi Note 12, Always-on Display aktif, GPS aktif setiap pagi dan sore untuk tracking kegiatan olahraga, dan notifikasi datang silih berganti, baterainya dapat bertahan hingga 4-5 hari pemakaian. Saya rasa klaim 12 hari dari Xiaomi mungkin valid untuk pemakaian yang tidak terkoneksi ke ponsel dan tidak menggunakan fitur Always-on Display yang memang membutuhkan ekstra daya, namun daya tahan 4-5 hari dengan penggunaan yang cukup intens menurut saya sudah sangat baik.

Baca juga: Review Xiaomi Redmi Note 12 4G: Smartphone Rp2 Jutaan Serba Ada

Waktu pengisian ulang baterai dengan kabel bawaan dan adaptor 10w (1A) membutuhkan hingga 1,5 jam untuk dapat terisi dari habis total hingga penuh. Tidak cepat memang, tapi sudah lebih dari cukup mengingat baterai Redmi Watch 3 tidak perlu diisi setiap hari.

Penggunaan

Redmi Watch 3

Secara garis besar, saya tidak menemukan adanya masalah berarti dalam menggunakan smartwatch ini bersamaan dengan Redmi Note 12. Koneksi berjalan dengan mulus! saya selalu bisa menerima panggilan telepon via Bluetooth dan melakukan percakapan (baik mendengar lawan bicara maupun berbicara) dengan baik. Segala jenis notifikasi yang diterima pada ponsel, masuk ke Redmi Watch 3 secara real-time tanpa adanya delay. Getaran saat notifikasi masuk terasa tidak begitu halus, tetapi bisa dimaklumi mengingat harganya yang terjangkau. Hadirnya speaker di smartwatch ini sangat membantu di beberapa kasus, seperti ketika saya menggunakan fitur timer dan ketika timer yang saya atur selesai, ada bunyi yang membuat saya aware terhadap hitungan timer tersebut.

Digunakan untuk berolahraga, Redmi Watch 3 juga dapat bekerja dengan baik. Ia dapat menghitung langkah kaki harian saya dengan akurat, begitu juga dengan detak jantung dan sleep record (bila saya gunakan ketika tidur di malam hari) yang datanya dapat saya akses setiap saat. GPS bawaan yang disematkan dalam smartwatch ini turut membantu ketika saya sedang berlari pagi atau bersepeda. Saya mencoba fungsi trackingnya untuk berjalan pagi sejauh 4 kilometer di sekitar Bandar Lampung tanpa pairing ke ponsel, dan trek yang saya lalui dapat ditampilkan dengan akurat di maps. dan Berenang? Saya sudah mencobanya dan tidak ada masalah – smartwatch ini tetap aman walau saya pakai berenang selama satu jam di kolam renang berstandar olimpiade.

Redmi Watch 3

Hanya saja, saya punya catatan yang cukup penting di sisi ini. Saya mengalami kesulitan dalam melakukan pairing Redmi Watch 3 ke perangkat iOS yang saya miliki (iPhone 13, iPhone 7, dan iPad 9). Masalah ada pada bluetooth yang seringkali tak kunjung terdeteksi dan pairing pada aplikasi Mi Fitness yang tidak berjalan mulus. Saya harap semua ini dapat diselesaikan melalui update baik pada firmware smartwatch maupun aplikasi Mi Fitness, tetapi hingga saat review ini tayang – saya tidak merekomendasikan pengguna iOS untuk menggunakan smartwatch ini.

Kesimpulan

Redmi Watch 3

Desain atraktif, fitur lengkap, nyaman digunakan – formula yang ada pada Redmi Watch 3 membuat saya merasa nyaman dalam memakainya sehari-hari. Harga Rp 1.199.000 yang terjangkau juga semakin menambah nilai jual dari smartwatch ini. Dengan yakin, saya rasa Redmi Watch 3 adalah salah satu smartwatch terbaik yang pernah saya coba di harga 1 jutaan.

Saya sangat merekomendasikannya kepada Gizmo friends yang menggunakan ponsel Android – semua fungsi berjalan mulus kala dikoneksikan dengan Android! Berbeda cerita dengan iOS, hingga saat review ini terbit saya belum bisa merekomendasikannya kepada Gizmo friends karena sulit dan tidak stabilnya koneksi Redmi Watch 3 dengan perangkat iOS. Selain itu, model strap bawaan dengan pengait yang tidak konvensional dapat menyulitkan pada awal mula memakai smartwatch ini (walau lama-lama akan terbiasa dengan sendirinya).

Spesifikasi Redmi Watch 3

Layar 1.75″ 390×450 pixel Touchscreen, Kecerahan 600 nits, Anti-Fingerprint Glass
Warna Hitam, Ivory
Ukuran 42.58 x 36.56 x 9.99 mm
Berat 37g (tanpa strap)
Ketahanan 5ATM Water Resistant
Konektivitas Bluetooth 5.2, Mi Fitness App (Android/iOS)
Sensor GPS, 3-axis accelerometer, heart rate sensor, SpO2 sensor
Baterai 289mAh, 12 hari pemakaian normal
Mode olahraga Lebih dari 120 Mode Olahraga Dalam Ruangan dan Luar Ruangan
Monitor kesehatan 24-jam Monitor Detak Jantung, Monitor Tidur, Kadar Oksigen Darah, Pengingat Berdiri, Penghitung Langkah, Kalori, Jarak, Rekaman Aktivitas
Harga Rp 1.199.000

Artikel berjudul Review Xiaomi Redmi Watch 3: Smartwatch Sejutaan Kaya Fitur yang ditulis oleh Redaksi pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/4AHZ58n
via IFTTT