Jakarta, Gizmologi – Pertama kali diperkenalkan pada acara WWDC 2023 bulan Juni lalu, akhirnya Apple meluncurkan pembaruan perangkat lunak terbarunya, iOS 17 untuk semua pengguna secara gratis. Tentunya, tidak semua seri iPhone mendukung versi iOS terbaru, namun setidaknya bisa didapatkan oleh pengguna iPhone rilisan 2018.

Selain iOS 17, Apple juga merilis software update untuk jenis perangkat lainnya. Yakni termasuk watchOS 10 yang membawa banyak perubahan pada user interface, iPadOS 17, hingga tvOS 17 yang membawa fitur FaceTime untuk Apple TV 4K—memanfaatkan iPhone sebagai kamera lewat fitur Continuity Camera agar bisa lakukan panggilan video dari layar besar alias televisi.

Melalui sebuah rilis resmi, Apple sebutkan bila iOS 17 membuat smartphone mereka lebih personal dan intuitif, melalui sejumlah pembaruan pada fitur komunikasi, kirim dan terima file maupun kontak, sampai pengisian dayanya. Gizmo friends dapat mengunduhnya secara langsung melalui menu Settings – General – Software Update.

Baca juga: Kapasitas Baterai iPhone 15 Terungkap, Sedikit Lebih Besar 

iPhone XR Masih Bisa Merasakan iOS 17

iOS 17

Ya, pengguna iPhone rilisan 2018 pun bisa ikut menjajal iOS 17. Alias iPhone XR dan Xs yang kini masih cukup diminati terutama sudah tersedia dengan harga sangat terjangkau. Otomatis sejumlah seri lainnya seperti iPhone SE generasi kedua dan rilisan lebih baru bisa langsung mengunduhnya. Ukuran pembaruan bisa berbeda pada setiap seri.

Sayangnya, pengguna iPhone X dan iPhone 8 Series hanya akan mendapatkan pembaruan keamanan saja, alias tetap pada iOS 16. Sementara untuk pengguna iPad, iPadOS 17 juga kompatibel dengan seri iPad mini generasi kelima ke atas, iPad generasi keenam atau lebih baru, iPad Air generasi ketiga ke atas, serta iPad Pro generasi kedua hingga yang lebih baru.

Oh ya, meski sudah bisa diunduh untuk pengguna umum, masih ada sejumlah fitur pada iOS 17 yang baru menyusul akhir tahun ini. Beberapa di antaranya seperti Journal sebagai bagian dari usaha Apple dalam meningkatkan kesehatan mental penggunanya, fitur playlist kolaboratif pada Apple Music yang mirip seperti Spotify, sampai AirDrop yang memanfaatkan sambungan internet demi jarak lebih jauh.

Tampilan Kontak Lebih Personal

iOS 17

Secara tampilan, iOS 17 memang terlihat identik seperti pada versi sebelumnya. Namun Apple membawa pembaruan cukup menarik, seperti aplikasi panggilan alias Phone yang bisa menampilkan Contact Posters alias tampilan kontak lebih personal. Di mana font dan gambar bakal tampil secara penuh, terlihat ketika ada panggilan masuk maupun saat melihat kontak pengguna iPhone lainnya.

Panggilan video FaceTime juga kini mendukung sejumlah efek reaksi baru, serta dapat meninggalkan pesan audio maupun video ketika teman tidak bisa menerima panggilan. Dan bagi pengguna iMessage, akhirnya kamu dapat membalas pesan dengan gestur swipe, seperti yang sudah lama tersedia untuk WhatsApp dan Telegram.

Daftar lengkap perubahan yang hadir di iOS 17, bisa kamu intip lewat situs resmi Apple berikut ini. Dari semua yang hadir dan menyusul akhir tahun nanti, mana yang sudah dinantikan oleh Gizmo friends?

Artikel berjudul iOS 17 Sudah Bisa Diunduh Hari Ini, Berikut Daftar iPhone yang Kompatibel! yang ditulis oleh Prasetyo Herfianto pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/Q3PtrC4
via IFTTT