Jakarta, Gizmologi – Setelah kemarin sudah dibocorkan bakal hadir di minggu ini, akhirnya Apple secara resmi meluncurkan stylus terbarunya untuk perangkat yang kompatibel seperti iPad. Apple Pencil USB C justru dibanderol dengan harga paling terjangkau, bahkan dibandingkan generasi pertama. Namun dengan fitur yang justru lebih terbatas.

Ya, seperti yang kita ketahui, Apple tidak menjual seri tabletnya yakni iPad dalam paket yang terintegrasi dengan stylus—berbeda dengan Samsung yang mem-bundle Galaxy Tab S9 Series terbaru, termasuk bersama stylus S Pen. Artinya, konsumen harus menyiapkan budget ekstra untuk bisa membuat sketsa, menggambar dan lainnya dengan Apple Pencil pada iPad.

Kehadiran Apple Pencil USB C sekaligus membuktikan bila bocoran yang disampaikan oleh Mark Gurman adalah benar. Sebelumnya, pembocor informasi ternama tersebut menampik bila Apple bakal hadirkan seri MacBook terbaru dengan cip Apple M3. Ia menyebutkan bila laptop baru Apple tidak akan rilis dalam waktu dekat, setidaknya pada bulan Oktober ini.

Baca juga: DANA Hadirkan Apple Zone, Permudah Pengguna iPhone Untuk Berlangganan di App Store

Pengisian Daya Jadi Lebih Mudah, Meski Tidak Wireless

Apple Pencil USB C

Menurut Bob Borchers, VP of Worldwide Product Marketing, Apple, menyebutkan bila Apple Pencil telah merevolusi kegiatan pencatatan, pembuatan sketsa hingga ilustrasi, membukan banyak kemungkinan yang tak terbatas untuk produktivitas dan kreativitas.

“Digabungkan dengan iPad yang dirancang versatile, Apple Pencil USB C terbaru membuka opsi baru untuk para konsumen dalam merasakan keajaiban menulis digital dan lainnya.” Dengan harga lebih murah, apa yang hadir dan absen pada stylus Apple terbaru satu ini? Yang sama adalah tingkat presisi serta latensi rendah seperti dua varian Apple Pencil sebelumnya.

Apple Pencil USB C

Dan saat membuat sketsa atau menggambar, juga mendukung tilt sensitivity agar terasa lebih natural. Untuk menyimpannya, Apple Pencil USB C juga dapat ditempelkan secara magnetik ke sisi bodi iPad. Ketika dipasangkan ke iPad Pro, juga bisa memanfaatkan fitur hover untuk lakukan preview konten dari aplikasi yang mendukung.

Dua poin terakhir membuat Apple Pencil USB C lebih unggul dibandingkan generasi pertama. Keunggulan lain dibandingkan dua generasi sebelumnya, tentu adalah kemudahan mengisi daya lewat port USB C yang ada di ujung belakang perangkat.

Apple Pencil USB C Tidak Mendukung Sensitivitas Tekanan

Apple Pencil USB C

Sayangnya, walaupun jadi yang paling baru, ada sejumlah kekurangan yang tidak dimiliki oleh Apple Pencil USB C. Yang paling krusial, bahkan dibandingkan generasi pertama, adalah absennya pressure sensitivity di mana stylus tidak bisa mendeteksi tingkat tekanan ujung pena—umumnya dimanfaatkan untuk menentukan seberapa tebal garis yang ingin dibuat pada layar.

Walaupun dapat menempel secara magnetik, Apple Pencil USB C tidak mendukung wireless pairing serta wireless charging. Pada permukaan bodinya pun tidak didukung oleh fitur double tap, sebuah pintasan yang tersedia pada Apple Pencil generasi kedua. Juga tidak ada opsi engraving ketika membelinya lewat situs maupun toko ritel Apple.

Dengan fitur yang terbatas, harga Apple Pencil USB C dibanderol USD79, atau sekitar Rp1,2 jutaan, membuatnya sebagai opsi yang paling murah. Beberapa pengamat menyebutkan bila stylus baru satu ini hadir bukan jadi penerus Apple Pencil generasi kedua, melainkan untuk bersaing dengan Logitech Crayon yang juga jadi opsi stylus murah iPad.

Artikel berjudul Apple Pencil USB C Akhirnya Dirilis, Harga Justru Paling Murah yang ditulis oleh Prasetyo Herfianto pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/W9LuapZ
via IFTTT