Jakarta, Gizmologi – Dalam era yang serba digital saat ini, proses transformasi digital dinilai penting dalam hadirkan informasi yang lebih lengkap dan bermanfaat. Sektor kesehatan juga menjadi salah satu bagian yang penting dalam transformasi. Dan untuk itu, BitHealth serta InterSystems jalin kemitraan untuk hadirkan layanan kesehatan berbasis teknologi inovatif.

BitHealth sendiri merupakan sebuah penyedia solusi digital layanan kesehatan yang sudah berdiri sejak 2019. Lewat penandatanganan MoU pada 18 Oktober 2023 lalu, dijalin kerja sama resmi bersama InterSystems, di mana kedua pihak bakal bersama menciptakan solusi digital inovatif bagi sektor kesehatan sekaligus meningkatkan integrasi manajemen data.

Solusi tersebut dinilai dapat meningkatkan kualitas layanan kesehatan bagi masyarakat lebih baik lagi. Peter James Rampengan, Chief Sales & Marketing BitHealth mengatakan bila pihaknya telah memosisikan diri sebagai penyedia solusi layanan kesehatan digital, hadir untuk merangkul perusahaan layanan kesehatan dalam melalui proses transformasi digital.

“Strategic partnership ini ditujukan untuk menggabungkan keahlian solusi digital layanan kesehatan dengan kemampuan pengembangan perangkat lunak milik InterSystems, sehingga menciptakan solusi pengelolaan data. Semua guna memberdayakan penyedia layanan kesehatan yang berujung pada meningkatnya kualitas perawatan pasien,” jelas Peter lewat sebuah kesempatan luring (18/10).

Baca juga: Gadgetdiva Gelar Pelatihan Digital untuk Komunitas Pelaku UMKM

BitHealth Juga Bantu Pemerintah Kembangkan Program SATUSEHAT

Penandatanganan MoU BitHeath InterSystems

Sebagai mitra BitHealth dalam lakukan transformasi digital terhadap penyedia layanan kesehatan seperti rumah sakit, InterSystems hadir sebagai penyedia teknologi daya yang juga berkomitmen untuk membantu pelanggannya menyelesaikan masalah-masalah terkait skalabilitas, interoperabilitas, dan kecepatan yang paling krusial. Perusahaan yang satu ini telah beroperasi selama 45 tahun, memiliki banyak pelanggan dan 80% di antaranya termasuk dalam kategori penyedia layanan kesehatan.

Pada sebuah kesempatan yang sama, Luciano Brustia, Regional Managing Director APAC InterSystems menyatakan antusiasmenya bisa bermitra dengan BitHealth di Indonesia. “Kemitraan strategis ini memungkinkan InterSystems untuk lebih cepat memperluas pasar InterSystems IRIS for Health dan mendukung percepatan transformasi digital industri kesehatan di Indonesia.”

Lebih lanjut, kolaborasi BitHealth dan InterSystems bakal dapat mengoptimalkan pemanfaatan kekuatan, sumber daya, dan jaringan masing-masing agar bisa melayani lebih banyak penyedia layanan kesehatan. Hingga saat ini, BitHealth telah memiliki lebih dari 20 proyek, didukung lebih dari 100 insinyur serta lebih dari 15 konsultan ahli.

BitHealth sendiri juga ikut mendukung program SATUSEHAT yang dicanangkan pemerintah, di mana ke depannya dapat mengintegrasikan data kesehatan yang beragam sekaligus tersebat di berbagai sistem dan protokol komunikasi dari seluruh sektor perawatan kesehatan di Indonesia.

Optimis Meningkatkan Kinerja Rumah Sakit Indonesia

Penandatanganan MoU BitHealth InterSystems

Peran BitHealth dan Intersystems nantinya dinilai sangat penting dalam memperlancar proses transformasi layanan kesehatan secara digital. “Saat ini masih cukup banyak rumah sakit dengan manual input yang dapat memicu risiko human error, mengingat tenaga manusia memiliki limitasi sendiri,” tambah Peter.

Sementara dalam kasus lain, sudah ada sejumlah rumah sakit yang menerapkan lebih dari satu aplikasi digital, mengakibatkan banyaknya data yang tersedia, namun tidak terintegrasi. Situasi tersebut akan membuat pihak manajemen rumah sakit maupun tenaga medis membutuhkan waktu ekstra untuk dapat mengambil keputusan. Sementara situasi rumah sakit umumnya berpacu dengan waktu, membutuhkan pengambilan keputusan yang tepat dan instan.

Selain untuk mempercepat pengambilan keputusan medis maupun bisnis rumah sakit, pemanfaatan platform BitHealth juga dapat meningkatkan tingkat efisiensi operasional, sekaligus meningkatkan kualitas pelayanan secara menyeluruh. BitHealth sendiri selalu percaya dengan kolaborasi, dan pihaknya optimis bisa mencapai tujuan yang lebih besar dan positif bersama InterSystems.

Artikel berjudul BitHealth dan InterSystems Berkolaborasi Hadirkan Transformasi Digital Layanan Kesehatan di Indonesia yang ditulis oleh Prasetyo Herfianto pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/WOmD3Mq
via IFTTT