Jakarta, Gizmologi – Sharp memperkenalkan varian baru dari smartphone Aquos Sense8. Ponsel mid-range yang dirilis di negara asalnya, Jepang itu sudah dibekali prosesor Qualcomm Snapdragon 6 Gen 1.

Bicara desain Sharp Aquos Sense8 ini tampil lebih sederhana, namun tetap memiliki segudang fitur dan spesifikasi yang nyaman digunakan dalam keseharian penggunanya. Terlebih ponsel ini merupakan peningkatan lebih lanjut dari seri Aquos Sense sebelumnya, setidaknya dari sisi masa pakai baterai, kamera, serta layar.

Sharp Aquos Sense8 sendiri mengusung panel IGZO OLED seluas 6,1 inci beresolusi Full HD Plus (1.080 x 2.432 piksel) dengan refresh rate 90 Hz, serta tingkat kecerahan hingga 1300 nits. Dimensinya 153 x 71 x 8,4 m dengan bobot hanya 159 gram dan menggunakan bodi aluminium premium.

Laiknya ponsel buatan Jepang, Shap Aquos Sense8 dijanjikan juga tahan air yang berarti sudah mendapatkan rating IP68. Selain itu ponsel ini juga sudah memenuhi standar MIL-STD-810H dan MIL-STD-810G yang berarti tahan terhadap guncangan dan jatuh.

Urusan fotografi, Aquos Sense8 dibekali dengan dua kamera belakang dengan resolusi utamanya 50 MP (f/1.55). Untuk kamera keduanya dilengkapi sensor ultrawide beresolusi 8 MP serta sudut pandang hingga 120 derajat.

Kamera utama ini juga dilengkapi fitur zoom optik 2x dan penstabil gambar (OIS/Optical Image Stabilization). Kedua kamera juga ditemani lampu kilat LED untuk membantu pencahayaan di malam hari atau kondisi minim cahaya.

Sementara kamera selfienya beresolusi 8 MP yang berada di bagian notch berbentuk tear drop. Pengguna juga dapat memotret gambar dengan format RAW, alias foto mentah dan dilengkapi pengolah gambar yang bernama ProPix5. Dengan fitur ini, pengguna dapat menghasilkan gambar untuk tampil lebih jelas dan realistis sekalipun dengan gradasi warna yang kaya.

Baca Juga: Sharp AQUOS R7s Dibawa ke Indonesia, Bawa Sensor 1 Inci Harga Rp16 Juta

Spesifikasi Sharp Aquos Sense8

Sharp Aquos Sense8

Sharp Aquos Sense8 juga sudah ditenagai system on-chip (SoC) Snapdragon® 6 Gen 1 terbaru yang disebutkan Sharp memiliki peningkatan performa hingga 36 perse dari segi CPU dibandingkan dengan model sebelumnya. Chipset tersebut ditemani RAM 6 GB dan ruang penyimpanan (storage) seluas 128 GB.

Bila dirasa kurang, kapasitas penyimpanannya masih bisa diperbesar hingga 1 TB melalui slot microSD. Sharp Aquos Sense8 juga dibekali sistem operasi (OS) Android 13 dan security update hingga 3 tahun.

Fitur pendukung lainnya mencakup jack audio 3,5 mm, USB-C untuk pengisian daya dan transfer data, dual-SIM (nano-SIM dan eSIM), jaringan 5G, Wi-Fi 5, Bluetooth 5.1, dan NFC. Sharp Aquos Sense8 ditopang baterai berkapasitas 5.000 mAh yang didukung opsi pengisian daya cepat setidaknya 160 menit atau 2 jam 40 menit.

Sharp Aquos Sense8 datang dengan empat warna, yakni Blue, Pale Green, Light Cooper, dan Cobalt Black. Di negara asalnya Sharp Aquos Sense8 dijual seharga 62.150 yen atau setara Rp6,5 jutaan.

Belum ada indikasi bahwa perangkat ini bakal diperkenalkan secara global. Meski begitu, Sharp Indonesia baru merilis Aquos R7s pada Juli lalu, jadi tak menutup kemungkinan ponsel ini akan masuk resmi ke tanah air.

Artikel berjudul Sharp Aquos Sense8, Smartphone Mid-Range dengan Snapdragon 6 Gen 1 yang ditulis oleh Aditya Fajar pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/DrXVUxl
via IFTTT