Z-LiveLive Streaming Zalora

Melalui akselerasi digital sejak beberapa tahun lalu, fitur live streaming e-commerce telah berkembang pesat dan diprediksi memiliki nilai USD $19 miliar di Asia Tenggara pada 2023. Hal ini yang membuat situs belanja fesyen Zalora merilis fitur siaran langsung Z-Live mulai tanggal 25 Juni 2021.

Konektivitas yang lebih kuat, peningkatan pendapatan, hingga perkembangan layanan iklan dan konten yang semakin beragam dari industri dipercaya membuat fitur live streaming e-commerce makin populer.

Z-Live sendiri diluncurkan bersamaan dengan perayaan kampanye ZALORA Big Fashion Sale agar memudahkan pelanggan berbelanja sembari menonton berbagai episode melalui live streaming. Fitur Live Streaming ini diluncurkan di Singapura, Indonesia dan Filipina dan Malaysia di mana Zalora beroperasi.

Tren Live Streaming E-commerce

Z-Live ilustrasi livestream 123rf rawpixel
ilustrasi livestream (Foto: 123rf/rawpixel)

Menurut penelitian terbaru, konsumsi konten online harian di seluruh dunia telah meningkat sejak awal pandemi COVID-19, dimana tercatat adanya rata-rata dua kali lipat peningkatan, dari 3 jam 17 menit sampai 6 jam 59 menit.

Secara global, salah satu yang paling populer adalah tontonan dari kategori fashion dan beauty. Konten-konten ini menarik perhatian pelanggan dengan cara yang interaktif dan berperan penting pada industri retail e-commerce.

Z-Live kini merupakan bagian dari perjalanan atau pengalaman belanja pelanggan ZALORA, dengan membuka komunikasi dua arah antara pelanggan dan brand. Dengan menghadirkan fitur interaksi real time ini, mitra brand kini memiliki kesempatan untuk menjangkau pelanggan kapan saja dan dimanapun mereka berada.

Menurut Gunjang Soni, CEO ZALORA Group, peluncuran fitur live stream merupakan bagian dari rencana strategis perusahaan yang lebih kuat guna menyatukan aspek konten, sosial, dan perdagangan secara bersamaan untuk menciptakan pengalaman belanja yang lebih menarik dan inspiratif di dunia fashion dan lifestyle.

“Lebih dari transaksi komersial, melalui Z-Live, kami ingin menyediakan konten yang relevan bagi kebutuhan para pelanggan. Siaran langsung juga dapat meningkatkan hubungan emosional yang kuat terhadap belanja online, dimana dapat menjembatani kesenjangan antara pengalaman belanja online dan offline seperti ketika menunjukkan sebuah produk, menjawab pertanyaan pelanggan, dan interaksi lainnya,” ujarnya,

Dijelaskan lebih lanjut, perusahaan fokus dalam menghadirkan konten yang telah di kurasi kualitasnya, dan telah dikembangkan oleh tim bersamaan dengan brand favorit pelanggan Asia Tenggara. Selain konten siaran langsung, pelanggan juga dapat mencari konten lain yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan di Z-Live.

Kolaborasi dengan Teknologi BeLive

Untuk menghadirkan fitur Z-Live, Zalora berkolaborasi dengan teknologi BeLive, penyedia teknologi live stream dari Singapura. BeLive merupakan pemain live stream utama sejak 2014, dan telah menjadi solusi untuk pelayanan live stream. Mereka kini membantu mengembangkan platform Z-Live dengan berbagai alat pendukung guna menyediakan pengalaman live stream terbaik.

Menghadirkan kualitas video yang baik, BeLive akan mendukung berbagai konten live stream ZALORA dengan kecepatan dan keamanan yang terjamin. “Belanja online secara langsung merupakan salah satu aspek terpenting dalam industri e-commerce, dan fokus dari Z-Live adalah menyediakan konten yang interaktif dan dapat di beli dengan mudah, dimana akan menjadi pengalaman yang baru bagi pelanggan”, ungkap Kenneth Tan, CEO BeLive.

Fitur Z-Live

ilustrasi livestream 123rf dean drobot

Z-Live yang akan disiarkan secara langsung mulai 25 Juni pada episode pertamanya akan mengundang sederet selebriti dan influencer ternama di bidang fashion, beauty dan lifestyle seperti Ayla Dimitri, Alika Islamadina, Karina Nadila, Aris Suhendra, Cindercella, Ben Kasyafani, Alva Susilo, Della Dartian. Berikut ini fitur-fitur yang terdapat di Z-Live:

Z-Live On Air

Z-Live memiliki 5 segmen live stream, dimana fokus pada berbagai kategori populer ZALORA, dengan penawaran eksklusif dan hadiah giveaway yang dapat dinikmati selama live stream berlangsung. Sebagai kurator brand fashion dan lifestyle terpercaya, pelanggan dapat menyaksikan berbagai konten menarik bersama brand favorit. Siaran ini akan berlangsung selama 30-60 menit dan mengundang bintang tamu spesial, yang dipandu oleh selebriti ternama.

Friends In Fashion

Segmen ini fokus pada fashion variety show, berkolaborasi dengan ahli gaya dan mode serta tim dari ZALORA. Bersiap-siap untuk menyaksikan topik yang relevan dengan industri fashion, tren dan mainkan permainan interaktif dengan hadiah giveaway untuk para penonton secara langsung!

Style Challenge

Segmen penataan gaya ini menguji kecepatan dan gaya mode para bintang tamu dalam menata tampilan untuk tampil di berbagai kesempatan.

Beauty Files
Panduan terpercaya untuk diskusi topik skincare dan makeup, membahas mengenai bahan-bahan, teknik, tips dan trik hingga sesi Q&A bersama para penonton.

Just For Kicks
Segmen khusus bagi penggemar sneaker dan streetwear, dimana penonton akan menemukan tren dan pembahasan terkini mengenai street culture di sini.

Hot Sales
Ini adalah fitur yang menampilkan berbagai informasi diskon dan promosi dengan flash sale dan pemenang harian dari ZALORA.

 



from Gizmologi https://ift.tt/3x1SYPt
via IFTTT