Jakarta, Gizmologi – Lewat serangkaian acara peluncuran yang diadakan sejak beberapa pekan lalu, OPPO menghadirkan smartphone terbarunya yakni OPPO A95 yang diklaim punya daya tahan tinggi. Secara tidak langsung membuktikan bila smartphone tipis dan ringan tak melulu ringkih—nyatanya bisa hadir dengan serangkaian proteksi ekstra bagi pengguna.

Dirancang agar cocok untuk beragam jenis pengguna, seri OPPO A95 punya sejumlah fitur proteksi seperti IPX4 agar tahan dari cipratan air. Bahkan cover bodi belakangnya pun juga dirancang tahan api untuk perlindungan bagi penggunanya bila terjadi masalah pada baterai. Lebih lanjut, OPPO Indonesia mengajak rekan media untuk melihat komponennya secara langsung.

Berlangsung di OPPO Service Center Roxy Mas, digelar sebuah sesi “Quality Teardown” di mana satu unit OPPO A95 dibongkar pasang secara langsung oleh teknisi andal. Selain menunjukkan secara langsung isi komponen, juga membuktikan kalau layanan purnajual OPPO sangat siap untuk berikan pelayanan prima. Berkat teknisi yang sudah tersertifikasi.

Baca juga: 5 Alasan OPPO A95 Layak Jadi Pilihan Smartphone Rp3 Jutaan Terbaik

Dibongkar Langsung Oleh Teknisi Bersertifikasi Global

ilustrasi sertifikasi teknisi OPPO

Dalam kesempatan yang sama, Aryo Meidianto A, PR Manager OPPO Indonesia mengatakan bila sesi bongkar perangkat OPPO A95 ditujukan untuk membuktikan bila isi komponennya berkualitas, layak dibeli para konsumennya. “Terlebih perangkat ini kami rekomendasikan sebagai pilihan hadiah Natal dan Tahun Baru 2021,” tambah Aryo.

Proses pembongkaran OPPO A95 dilakukan secara langsung oleh teknisi yang sudah tersertifikasi. Salah satunya bernama Ayu, teknisi wanita yang baru saja selesaikan tingkatan sertifikasi teknis secara global pekan lalu. Menunjukkan bila tidak hanya teknisi pria saja yang bisa mendapatkan tingkat sertifikasi tinggi.

Ayu merupakan salah satu dari sekian banyak teknisi yang sudah tersertifikasi oleh OPPO. Proses untuk mendapatkan sertifikasi tersebut cukup ketat, di mana ada dua standar tingkatan yang bisa diraih, yakni tingkat satu dan dua. Tidak ada perbedaan tugas kerja secara spesifik, alias semua teknisi bisa mengerjakan semua proses layanan purnajual. Dengan menerapkan standar yang tinggi, termasuk alat yang digunakan untuk melepas dan memisahkan tiap komponen ketika proses pembongkaran.

Proses sertifikasi untuk para teknisi OPPO Service Center diadakan setiap enam bulan, dan bila mereka masih gagal untuk menyelesaikan prosesnya, masih diberikan kesempatan dalam batch berikutnya. Pengujiannya sendiri dipantau langsung oleh pabrik pusat dari Dongguan, China. Dipantau secara daring termasuk sesi wawancara langsung.

Dengan teknisi yang sudah disertifikasi, konsumen tak perlu khawatir terhadap kualitas SDM yang ada di OPPO Service Center. Termasuk memberikan transparansi proses perbaikan, alias bisa dilihat langsung oleh konsumen, tidak hanya dalam sesi khusus kali ini. Secara cepat dan terampil, Ayu membongkar perangkat OPPO A95 yang sebelumnya sudah dipanaskan melalui sebuah alat khusus, untuk mempermudah pembongkaran back cover.

Melihat Komponen OPPO A95 Lebih Dekat

OPPO A95 - OPPO Service Center

Ketika back cover sudah dibuka, ada beberapa part yang perlu dilepas lebih dulu satu persatu, mulai dari baut, antena RF, hingga modul lainnya seperti PCB, kamera belakang plus bagian audio jack yang menyatu bersama speaker dan buzzer. Ada fakta menarik yang ditemui saat proses ini berlangsung, di mana sensor kamera dengan lampu LED (flash) dibuat terpisah.

Alasannya sendiri cukup reasonable; OPPO A95 dirancang untuk menyasar segmen kelas menengah dengan harga lebih terjangkau, terutama bila dibandingkan seri Reno dan Find. “Dengan begitu, biaya penggantian komponen bisa lebih murah. Semisal kalau hanya lampu flash yang rusak, tak perlu membayar sensor kamera belakang,” tambah Aryo.

Bongkar perangkat OPPO A95

Dengan sertifikasi IPX4, OPPO A95 tak dilengkapi dengan seal atau karet ekstra yang dapat mencegah air masuk ke bagian dalam secara penuh. Konsumen juga tak perlu khawatir kalau perangkat mereka akan berubah bentuk atau membekas ketika dibuka, berkat sertifikasi teknisi plus alat khusus yang memastikan supaya hasil akhir bakal tetap presisi seperti semula.

Untuk layanan purnajual di OPPO Service Center, ditegaskan bila tidak ada biaya pembongkaran perangkat. Alias konsumen hanya perlu membayar biaya sparepart-nya saja. Tentu hal ini dapat membuat biaya yang perlu dikeluarkan oleh konsumen bisa lebih terjangkau.



from Gizmologi https://ift.tt/3yGseG9
via IFTTT