Jakarta, Gizmologi – Memasuki tahun 2022, Xiaomi sudah memasang kuda-kuda untuk berlari cepat di arena balap penjualan smartphone. Bagaimana sih kuda-kudanya?

Melalui keterangan resmi yang diteirma Gizmologi, Sabtu (8/1/2022), Xiaomi mengungkapkan empat strategi utama untuk Indonesia di tahun 2022 sebagai jawaranya smartphone. Menurut Alvin Tse, Country Director Xiaomi Indonesia, pencapaian yang telah diraih Xiaomi di tahun 2021 telah meningkatkan rasa percaya dirinya dalam mendominasi pasar di tahun 2022.

“Pencapaian ini telah menciptakan momentum yang penting bagi Xiaomi untuk tumbuh dan mendominasi pada tahun 2022. Kami punya empat strategi untuk menjadi smart choice bagi Xiaomi Fans yaitu memperkuat portofolio produk high-end, menghadirkan pengalaman ritel AIoT, memastikan pemisahan merek Xiaomi dan POCO, serta memperkuat pasar regional,” ungkapnya.

Alvin Tse ketika membuka Xiaomi Store di Central Park, Jakarta (foto: Xiaomi Indonesia)
Alvin Tse ketika membuka Xiaomi Store di Central Park, Jakarta (foto: Xiaomi Indonesia)

Dengan adanya empat strategi tersebut, Xiaomi berarti akan terus menghadirkan produk high-end untuk pasar Indonesia. Di tahun 2021, vendor ini telah meluncurkan berbagai produk smartphone dan AIoT seperti Mi 11, Mi 11 Ultra, RedmiBook 15, dan Xiaomi Pad 5.

Selain itu, pemisahan brand Xiaomi dan POCO akan menciptakan strategi dan pendekatan yang berbeda meskipun keduanya masih berbagi infrastruktur meliputi layanan purna jual, manufaktur, dan quality control. Jaringan ritel untuk produk AIoT jgua semakin diperluas, termasuk layanan purna jual untuk memanjakan pengguna.

Sisi baiknya, akan banyak tenaga yang diserap sebagai bagian dari keluarga besar Xiaomi untuk menggarap pasar daerah. Jadi, ini bukan hanya ekspansi pasar tetapi juga penyerapan sumber daya manusia.

Brand Smartphone Nomor 1

Di tahun 2021, Xiaomi telah memiliki lebih dari 400 jaringan ritel Xiaomi Store yang terdiri dari Xiaomi Shop dan 4.000 lebih Xiaomi Preferred Partner. Sedangkan untuk layanan purna jualnya telah mencapai 400 titik servis di seluruh Indonesia.

Dengan pencapaian sebagai brand smartphone nomor 1 di Indonesia pada kuartal kedua 2021, di mana penguasaan pasarnya mencapai 28% yang dipadukan dengan pertumbuhan 112% year-on-year, tentu tidak mengherankan jika Xiaomi begitu percaya diri untuk memenangkan persaingan di tahun 2022.

Meskipun begitu, tentu vendor pesaingnya tidak akan tinggal diam. Kita lihat saja, bagaimana mereka berlari dan siapa yang akan jadi yang terkencang penjualannya di tahun ini.



from Gizmologi https://ift.tt/330v3Gn
via IFTTT