Jakarta, Gizmologi – Tak dipungkiri, jumlah pengguna harian Facebook berkurang drastis untuk pertama kalinya, sejak platform sosial media buatan Mark Zuckerberg ini diluncurkan pada 17 tahun lalu. Mengantisipasi hal tersebut, Meta merilis fitur video pendek Facebook Reels secara global.

Seperti diketahui, fitur video pendek Reels semula hanya ada di Instagram. Namun kini fitur itu diperluas lagi secara global, sehingga pengguna Facebook di seluruh dunia bisa menggunakannya.

“Reels sudah menjadi format konten kami yang paling cepat berkembang sejauh ini, dan hari ini kami membuatnya tersedia untuk semua orang di Facebook secara global,” ujar CEO Meta Mark Zuckerberg dalam sebuah unggahan Facebook, Selasa (22/2).

Reels sendiri memulai debutnya pada tahun 2020 di aplikasi Instagram. Secara teknis fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuat dan mengedit video pendek seperti di TikTok.

Tampilan Reels di Facebook

Facebook Reels

Dalam peluncuran ini, Reels sudah tersedia di Amerika Serikat dan menjangkau 150 negara, termasuk Indonesia. Facebook Reels bisa diakses oleh pengguna Facebook global, melalui aplikasi Facebook di perangkat iOS maupun Android.

Adapun Format video pendek itu juga akan menawarkan lebih banyak fitur pengeditan dan berbagi, termasuk memungkinkan pengguna untuk me-mix ulang video orang lain untuk menambahkan komentar mereka sendiri.

Guna menggaet konten kreator, Facebook memperluas program bonus bagi para kreator yang menguji coba memasang iklan menggunakan spanduk dan stiker. Platform ini juga akan meluncurkan iklan di antara Reels.

Terakhir, Meta juga mengatakan akan meluncurkan pembaruan bagi pengguna untuk membuat dan melihat Reels Facebook di tempat baru, seperti di fitur Stories, tab Watch, dan di bagian atas Feeds. Di beberapa negara, pengguna juga akan melihat Reels yang disarankan di feeds mereka.

Baca Juga: Fitur Video Pendek Reels Bakal Hadir di Aplikasi Facebook

Beda Instagram Reels dan Facebook

Facebook Reels

Di platform Android, Facebook Reels ditemukan di aplikasi Facebook versi 354.0.0.22.110. Apabila versi aplikasi yang Anda gunakan adalah versi lebih lama, cobalah lebih dulu untuk memperbarui aplikasi di Play Store.

Fitur Reels muncul di tampilan beranda (home) Facebook. Tepatnya, Facebook Reels terletak di antara tab “Stories” dan “Rooms”. Secara konsep, postingan Reels-nya hanya akan muncul di timeline pertemanan di Facebook, sedikit berbeda dengan Instagram Reels, karena pengguna dapat melihat sejumlah konten Reels dari siapa pun, sesuai dengan preferensi minatnya.

Selain dari sisi antarmuka dan audiensnya yang berbeda, penempatan fitur Reels di kedua aplikasi milik Meta ini juga berbeda. Instagram Reels memiliki tab tersendiri, meskipun tetap dapat dilihat di tampilan utama aplikasi, khusus untuk Reels dari pengguna yang diikuti.

Saat pengguna membuka Reels di Instagram, tampilannya menjadi vertikal dan dapat digulir atas-bawah seperti di TikTok. Sementara itu Facebook Reels ditempatkan di antara Stories dan Rooms, sehingga pengguna dapat mengaksesnya ketika membuka tampilan utama aplikasi Facebook, tanpa pindah ke tab lain.

Serupa dengan Instagram, untuk melihat konten Reels lainnya, pengguna dapat menggulirkan ke atas atau bawah dari video Reels yang ditonton. Pengguna juga dapat membubuhkan like pada video hingga berkomentar atau membagikan video Reels Facebook ke pengguna atau aplikasi lainnya.

 



from Gizmologi https://ift.tt/bJyleEq
via IFTTT