Jakarta, Gizmologi – Tidak terasa, aplikasi atau dompet digital DANA telah hadir selama empat tahun menemani para penggunanya dalam banyak aspek keseharian. Baik sebagai salah satu metode kirim uang, pembayaran, sampai pembelian voucher dan lainnya. Berbagai inovasi juga terus diperkenalkan dari waktu ke waktu.

Mencoba berikan teknologi yang inklusif, DANA hadir sebagai solusi bertransaksi yang mudah, aman serta nyaman bagi masyarakat Tanah Air. Setelah empat tahun hadir di Indonesia, pertumbuhan jumlah pengguna hingga nilai transaksinya tergolong pesat. Yakni memiliki lebih dari 100 juta pengguna, dengan rata-rata 8 juta transaksi per hari.

Saat ini, setidaknya sudah ada 5 ribu merchant daring, dan sebanyak lebih dari 500 ribu UMKM telah memanfaatkan fitur DANA Bisnis. Menurut Rangga Wiseno, Chief of Product DANA Indonesia, hal tersebut menunjukkan bila teknologi dan keamanan yang selama ini dihadirkan oleh konsumen telah semakin dipercaya.

Bisa Kombinasikan Sumber Uang Untuk Pembayaran

Press Launch Inov4si Untuk Negeri Merayakan HUT Ke-4 DANA

“Pembaruan yang kami sebut Inov4si Untuk Negeri ini merupakan wujud terima kasih kami atas kepercayaan dari seluruh pengguna dan mitra kepada DANA,” jelas Rangga. Bersamaan dengan HUT DANA yang ke-4, dihadirkan empat inovasi terbaru yang menjadi bentuk komitmen perusahaan. “Kami meyakini bahwa teknologi berbasis open platform yang kami miliki mampu membawa perubahan bagi percepatan literasi dan inklusi keuangan digital.”

Dua dari empat inovasi terbaru dari DANA adalah DANA Pay serta Rapor DANA. DANA Pay sendiri bakal hadir sebagai jawaban untuk permudah proses pembayaran, ketika saldo pengguna tidak mencukupi jumlah pembayaran. Alih-alih harus melakukan top-up secara penuh lebih dulu, nantinya metode pembayaran dapat dikombinasikan.

Baik melalui saldo DANA, kartu debit maupun kredit, aplikasi DANA mungkinkan transaksi bisa terus berjalan, selagi pengguna lakukan top-up supaya saldo mencukupi. Kemudahan ini tetap diimbangi dengan fitur keamanan seperti pilihan otentikasi pembayaran. Sementara Rapor DANA hadir sebagai platform pengetahuan bagi pengguna untuk meningkatkan literasi, termasuk memberikan rekomendasi bagi penggunanya untuk tentukan langkah finansial.

Lewat Rapor DANA, nantinya pengguna bakal diberikan beberapa pertanyaan yang mencakup tiga aspek utama. Setelah terjawab, akan diberikan rekomendasi manajemen keuangan yang sudah dipersonalisasi sesuai hasil jawabannya. Edukasi finansial yang terintegrasi ini hadir secara gratis, supaya pengguna DANA bisa lebih bijak tentukan langkah finansial.

Bayar STNK Juga Bisa Lewat DANA

DANA Goals

Dua inovasi lainnya yang baru dihadirkan oleh DANA bakal permudah proses pembayaran, serta proses kirim maupun tarik tunai di minimarket. Terintegrasi dengan Samsat Digital Nasional (Signal), dompet digital DANA bisa digunakan untuk membayar STNK. Caranya pun mudah, dengan memasukkan nomor tagihan lewat kategori Biller di dalam aplikasi.

Layanan pembayaran ini sudah mencakup 15 provinsi di Indonesia, yakni Jawa Timur, Banten, DKI Jakarta, Sumatera Barat, Jawa Tengah, Jambi, Jawa Barat, NTB, Bali, Bengkulu, Sulawesi Selatan/Tenggara/Barat, Riau hingga Kepulauan Riau. Dan untuk hadirkan layanan keuangan digital inklusif, pengguna bisa mengirim uang lewat aplikasi DANA, dan dapat ditarik lewat Alfamart.

Pengirim bisa mengikuti langkah mudah di dalam ikon Send – Withdraw Cash, pilih Alfamart, lalu Send Cash. Nantinya bakal ada kode verifikasi yang bisa digunakan oleh penerima, dengan batas waktu selama 12 jam. Penerima bisa menarik uang dengan mengunjungi Alfamart, menyebutkan bila ingin tarik uang lewat DANA, serta menunjukkan data diri sesuai KTP, selain kode verifikasi yang dikirimkan oleh pengirim.



from Gizmologi https://ift.tt/RIm2iGp
via IFTTT