Jakarta, Gizmologi – Aplikasi keuangan (fintech) hingga platform olahraga jadi beberapa aplikasi yang paling banyak digunakan pengguna di Indonesia selama bulan Ramadan. Hal ini berdasarkan riset SHAREit Grup bertajuk “Impactful Ramadan 2022”

Selain itu, ada pula aplikasi lainnya seperti buku dan referensi, portal berita dan majalah, aplikasi resep makanan, aplikasi kesehatan (telemedicine), serta platfrom berbagi pesan chat dan event. Aplikasi tersebut dirangkum SHAREit selama beberapa pekan fase ramadan yang menunjukkan perbedaan kebutuhan konsumen dalam menggunakan aplikasi tertentu.

“Selama Ramadhan, brand harus mengenali kebutuhan pelanggan mereka dan menyusun strategi untuk dapat mencapai target demografis mereka melalui pemasaran yang disesuaikan dan platform terpercaya,” kata Country Sales Director of SHAREit Group, Aat Pangestu Hadi, dalam keterangannya, Selasa (26/4/2022).

Berdasarkan hasil riset SHAREit, salah satu aplikasi yang paling banyak dibagikan selama bulan Ramadhan yaitu aplikasi keuangan (fintech) sebesar 25 persen dan memuncak hingga 43% pada fase ketiga Ramadan. Hal ini disebabkan adanya lonjakan belanja dari minggu pertama hingga lebaran, serta tingginya pengajuan pinjaman untuk membiayai kebutuhan acara dan liburan menjelang hari raya.

Aplikasi Populer Selama Ramadan

SHAREit

Selain itu, aplikasi event juga meningkat signifikan sebesar 55% selama Ramadan, memuncak pada fase keempat dengan peningkatan 80%. Ini adalah hasil dari tren pasca-Ramadan di mana sebagian besar publik merencanakan pertemuan dengan orang-orang terdekat untuk merayakan Idul Fitri bersama dan menggunakan aplikasi event untuk mencari referensi tempat

“Dengan memahami kebiasaan konsumen selama Ramadhan, setiap merek atau brand dapat meraih pasar lebih tepat sasaran. Hal ini juga tentunya sejalan dengan tingginya potensi permintaan yang cukup tinggi di bulan Ramadhan.” tutur Aat.

Sementara itu, aplikasi pesan-antar makanan juga mengalami peningkatan sebesar 29% karena tingginya animo masyarakat mencari inspirasi menemukan resep baru untuk sahur dan buka puasa. Disusul dengan layanan kesehatan dan kebugaran juga mengalami peningkatan 32% di fase ketiga akibat dorongan untuk tetap bisa melakukan olahraga dengan porsi yang sesuai selama bulan puasa.

Dan yang terakhir, aplikasi komunikasi meningkat 26% pada fase keempat, yang biasanya digunakan publik untuk membagikan momen favorit mereka seperti foto atau video dari waktu yang dihabiskan bersama orang terdekat.



from Gizmologi https://ift.tt/6HGSa1D
via IFTTT