Swiss, Gizmologi – Siapa yang menyangka fitur iPhone ternyata bisa menyelamatkan nyawa. Hal ini dialami oleh seorang pria yang bernama Tim Blakey.

Pria yang dikenal sebagai seorang veteran snowboarder asal Selandia Baru ini menceritakan bagaimana dia terjatuh ke dalam lubang sedalam 15 kaki ketika sedang meluncur di atas salju di atas ketinggian 10 ribu kaki. Ketika berada di bawah permukaan lubang yang ternyata sebuah jurang, Blakey menyadari bahwa hidupnya berada di ujung tanduk.

Ketika terperangkap di atas jurang lubang tersebut, dia hanya memiliki 3% daya pada iPhone-nya. Namun dia tidak putus asa dan langsung menekan tombol power ponselnya itu sebanyak lima kali.

“Saya memang memiliki powerbank di ransel, tapi saya harus bergerak dengan sangat hati-hati untuk mengeluarkannya. Saya memiliki koneksi 3G tapi membutuhkan waktu cukup lama agar orang menemukan saya,” ujarnya seperti dikutip Gizmologi dari LBC, Sabtu (9/4/2022).

Secara otomatis salah satu fitur iPhone yang disebut SOS tersebut memanggil layanan darurat dan membagikan lokasi dia berada. Sekitar 45 menit kemudian, seorang relawan yang bernama Michael Schwarzl pun datang untuk menjemputnya setelah menerima teks dengan titik lokasi Blakey.

Schwarzl memimpin tim penyelamat dan meminta bantuan helikopter untuk mengangkat Blakey. Menurutnya, Blakey sangat beruntung karena masih mendapatkan sinyal, karena bisa saja kondisinya tidak seberuntung itu.

“Saya pernah melakukan penyelamatan serupa di dekat sana, tetapi orang itu terjatuh sedalam 100 kaki dan meninggal,” ujar pria yang berusia 41 tahun ini.

Terima Kasih untuk Fitur iPhone

Tak lama setelah aksi penyelamatan itu, Blakey dilarikan ke rumah sakit di hari yang sama dan harus menjalani perawatan intensif. Hal ini dikarena dia mengalami cedera di ligamen pergelangan kaki.

Pengalaman mengerikan ini kemudian dibagikan Blakey ke akun Instagram-nya. Selain mensyukuri bahwa dirinya selamat dari kejadian tersebut berkat fitur iPhone, dia juga mengucapkan terima kasih kepada tim penyelamat di sana.

“Michael dan timnya benar-benar menyelamatkan hidup saya. Saya masih tidak tahu bagaimana saya membalasnya dan juga layanan Swiss Rescue. Tapi saya yakinkan kamu bahwa saya sedang melakukannya. Mungkin langkah pertama adalah menginformasikan mengenai pekerjaan luar biasa yang dilakukan orang-orang ini dan memberikan kesadaran kepada orang lain agar tidak sembrono seperti saya,” demikian tulisnya di akun Instagram @mrtimblakey.

Baca juga: 5 Alasan Kenapa iPhone Lebih Baik dari Ponsel Android

Tak lupa, dia juga mengucapkan terima kasih kepada Apple karena berkat fitur iPhone-nya dia bisa berhasil ditemukan dan diselamatkan.

“Terakhir saya ucapkan terima kasih kepada @apple, layanan darurat dengan 5 kali klik di tombol sampingnya sangat bagus ketika layar terus menerus macet, kepada provider yang memberikan saya koneksi 3G, dan baterai 3% selama berada di bawah es,” pungkasnya.

 



from Gizmologi https://ift.tt/HVci4kU
via IFTTT