Jakarta, Gizmologi – Platform streaming musik Spotify mulai melirik teknologi blockchain untuk melebarkan lini bisnisnya. Di mana mereka mulai uji coba fitur yang mengizinkan para musisi termasuk Steve Aoki untuk menampilkan koleksi non-fungible token (NFT) di platformnya.

Sayangnya untuk saat ini belum semua musisi bisa menggunakan fitur tersebut. Sebab perusahaan asal Swedia itu baru membuka fitur promosi NFT untuk sejumlah artis di antaranya Steve Aoki, The Wombats dan beberapa pengguna android di Amerika Serikat (AS) saja.

“Spotify sedang menjalankan tes di mana itu akan membantu sekelompok kecil artis mempromosikan penawaran NFT pihak ketiga yang ada melalui profil artis mereka,” ungkap juru bicara Spotify kepada Music Ally.

Fitur NFT yang tengah diuji coba memungkinkan pengguna mengakses merchandise atau tiket artis kesukaan mereka lewat halaman profil artis tersebut. Perusahaan meyakini dengan adanya uji coba fitur tersebut bisa menjadi jalan baru bagi para musisi untuk bisa mempromosikan musiknya dalam bentuk NFT-nya kepada para penggemarnya.

“Kami secara rutin melakukan sejumlah tes dalam upaya meningkatkan pengalaman artis dan penggemar. Beberapa dari tes tersebut akhirnya membuka jalan bagi pengalaman yang lebih luas dan yang lainnya hanya berfungsi sebagai pembelajaran yang penting,” imbuhnya.

Steve Aoki Pamer NFT di Spotify

NFT Steve Aoki di Spotify

Melansir Engadget, jika pengguna memiliki akses ke fitur uji coba ini, pengguna dapat melihat galeri dengan mengunjungi salah satu halaman artis yang disertakan dan menggulir melewati daftar lagu.

Spotify juga memberikan opsi “See More” yang akan mengarahkan pengguna ke halaman NFT di OpenSea, platform untuk membeli aset NFT tersebut. Meski demikian, sejauh ini Spotify baru mendukung NFT dalam bentuk gambar statis dan belum mendukung NFT bergerak seperti video maupun GIF.

Dengan mengetuk NFT, pengguna akan melihat versi yang lebih besar, selain deskripsi singkat. Menurut Music Ally, Spotify tidak mengumpulkan komisi penjualan yang membantu memfasilitasi selama pengujian.

Mengutip data dari Wall Street Journal, penjualan harian NFT turun cukup signifikan dari 225 ribu transaksi atau 92% dari puncaknya di september tahun lalu. Bahkan kini jumlah dompet aktif NFT juga turun sekitar 88% pada akhir April.



from Gizmologi https://ift.tt/24zCrEF
via IFTTT