Jakarta, Gizmologi – PT Kovee Jaya Indonesia (Kovee) berkolaborasi dengan Meligo menghadirkan teknologi VR canggih yakni Full Body Motion Capture System di Indonesia. Mengingat tingginya animo masyarakat, khususnya milenial dan gen Z dalam membuat konten metaverse.

Direktur Kovee Shin Hye Jung, mengatakan teknologi yang dibawa ke Tanah Air itu merupakan bagian dari komitmen perusahaan untuk mempercepat akselerasi metaverse di Indonesia. Saat ini pemanfaatan teknologi virtual reality (VR) dan augmented reality (AR) mulai bisa diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

“Pasar Indonesia sangat luas dan juga potensi pasarnya yang besar. Untuk itu, kami ingin mempercepat revolusi industri 4.0 yang berbasis teknologi. Kami ingin mempercepat akses metaverse ke Indonesia,” ujar wanita yang akrab disapa Cindy itu, dalam rilis pers yang diterima, Senin (3/10/2022).

Kovee Full Body Motion Capture System dapat membantu siapa saja untuk menjadi virtual YouTuber dengan cara mudah. Perangkat ini terdiri dari sarung tangan dan kaki yang dilengkapi sensor untuk merefleksikan gerakan (motion capture), headset yang telah dimodifikasi untuk merespon gerakan kepala, dan smartphone berbasis iOS (minimal iPhone X) untuk merekam mimik dan gerak wajah.

Nantinya, perangkat-perangkat tersebut dipakai oleh pengguna, lalu diproses oleh berbagai software dan aplikasi yang dibuat khusus oleh Meligo. Setelah keduanya terhubung, pengguna bebas membuat avatar sesuka hati mereka karena avatar tersebut akan menirukan gerakan dari penggunanya.

Cindy mengatakan, teknologi tersebut dirancang bagi para pembuat konten, baik yang tergabung dalam manajemen maupun para kreator independen. “Target pasar kami adalah Youtuber independen atau manajemen influencer. Untuk pemasarannya nanti bisa rental (sewa) atau dijual.”

Baca Juga: Gandeng The Sandbox, Bank DBS Masuki Dunia Metaverse

Full Body Motion Capture System VR

Lebih lanjut untuk mempopulerkan teknologi ini, Kovee juga berencana meluncurkan karakter penyanyi avatar yang dikembangkan di Korea untuk bertemu dengan penggemarnya di Indonesia pada Desember nanti. Termasuk menghadirkan berbagai macam hiburan, di antaranya K-Culture, begitu juga dengan keseruan K-Game yang mutakhir di kalangan milenial yang berasal dari Korea.

“Kami berencana untuk mengadakan pertemuan penggemar, baik offline maupun online, karena sistem interaktif offline telah tersedia sejak perilisannya hari ini,” ucap dia.

Sedangkan untuk membangun ekosistem, Kovee akan menggelar audisi untuk streamer baru dan berbakat dari Indonesia sesuai dengan karakter yang dibuat perusahaan. “Pemenang akan diberikan hadiah senilai Rp200 juta,” pungkas dia.

Kovee VR Theme Park berlokasi di satu mal terkemuka di Jakarta, yaitu Neo Soho Mall tepatnya di lantai 2, bersebelahan dengan Mall Central Park, yang membuat Neo Soho Mall menjadi mall yang paling progresif, di mana pengunjung setiap harinya semakin terus meningkat. Untuk harga permainan bervariasi, dengan target kalangan masyarakat Indonesia yang ingin merasakan pengalaman dunia VR.



from Gizmologi https://ift.tt/da6MrYm
via IFTTT