Jakarta, Gizmologi – Setelah 30 tahun lamanya, Microsoft membuat perubahan besar pada branding Microsoft Office. Kini software produktivitas yang berisi Word, Excel, PowerPoints, Outlook, Teams dan OneDrive itu akan di rebrand menjadi Microsoft 365 mulai November 2022.
Sejatinya langkah ini sudah dimulai dari dua tahun lalu, di mana Microsoft mengganti nama langganan Office 365 menjadi Microsoft 365. Hal ini juga mengakhiri 32 tahun perjalanannya sejak pertama kali dirilis pada 1990 silam.
“Dalam beberapa bulan mendatang, Office.com, aplikasi seluler Office, dan aplikasi Office untuk Windows akan menjadi aplikasi Microsoft 365, dengan ikon baru, tampilan baru, dan bahkan lebih banyak fitur,” ujar Microsoft menjelaskan dalam keterangannya, Selasa (18/10/2022).
Dalam beberapa bulan ke depan, Office.com, aplikasi seluler Office, dan aplikasi Office untuk Windows, akan mulai menerapkan brand Microsoft 365, serta mendapatkan ikon baru. Hal serupa juga akan diterapkan pada aplikasi Microsoft di Windows, MacOS, Android, dan iOS akan mulai diganti pada Januari 2023.
Melansir Gizmodo, perbedaan terbesar dari Microsoft 365 dan Office terletak pada harga berlangganannya saja. Di mana Microsoft 365 adalah layanan berlangganan bulanan, sementara Office menggunakan satu kali pembelian.
Baca Juga: Microsoft Designer Resmi Diluncurkan, Jadi Aplikasi Saingan Canva
Software Produktivitas Microsoft 365
Selanjutnya, mereka yang sudah berlangganan Microsoft 365, akan mendapatkan pembaruan terbaru yang disertakan dalam paket mereka. Sementara pengguna Microsoft Office harus membeli software versi terbaru.
“Aplikasi baru ini berfungsi sebagai hub untuk semua aplikasi produktivitas yang ditawarkan Microsoft 365 dan memberikan pengalaman yang sederhana namun kuat bagi pelanggan kami saat mereka menavigasi perubahan gaya kerja dan pola kolaborasi,” kata Jared Spataro, Corporate Vice President for Modern Work, Microsoft.
Kendati mengalami perubahan nama dan ikon, nama aplikasi tidak ikut dirombak oleh Microsoft. Kata Jared, mereka akan tetap menawarkan pembelian satu kali untuk aplikasi seperti Word, Outlook, dan Excel untuk pengguna Office 2021, serta paket Office LTSC.
Menurutnya, mereka akan menjadi hub bagi semua file pengguna di semua produk perusahaan seperti Microsoft Word dan PowerPoint, serta diklaim memungkinkan pengguna akan bisa dengan cepat mengakses file yang dibagikan dalam sebuah pertemuan.
“Tidak akan ada dampak untuk akun, profil, langganan, atau file yang sudah ada. Aplikasi akan diperbarui otomatis dengan ikon dan nama baru, jadi pantau perubahan tersebut di bulan November dan seterusnya,” tulis Microsoft.
Sementara dilansir dari Engadget, layanan berlangganan Microsoft 365 diluncurkan dua tahun lalu, menawarkan akses ke Office, Teams, dan platform lainnya, yang bisa didapatkan dengan langganan bulanan. Strategi ini dinilai sukses, karena pelanggan Microsoft 365 dilaporkan terus bertumbuh dan sudah mencapai 59,7 juta.
from Gizmologi https://ift.tt/Z8zNctG
via IFTTT
0 Komentar