Jakarta, Gizmologi – Operator seluler XL Axiata mencatat layanan streaming mendominasi lonjakan kenaikan trafik data XL Axiata selama periode libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru). Adapun kenaikan trafik data sebesar 8% dibandingkan hari normal dan naik 29% dibandingkan periode Nataru tahun sebelumnya.
Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, mengatakan puncak kenaikan trafik data terjadi pada malam tahun baru 2023 yang mencapai 50 persen dibandingkan kondisi hari normal. Hal ini berdasarkan monitoring pada 24 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023.
“Seperti yang kami prediksikan sebelumnya, ada kenaikan trafik data yang signifikan mengingat terjadi mobilitas masyarakat di berbagai wilayah untuk merayakan dan menikmati liburan nataru,” ujar Gede dalam siaran pers, Rabu (4/1/2023).
Dia memerinci, dari keseluruhan trafik layanan data selama periode Nataru, didominasi oleh trafik dari aktivitas streaming yang naik 25 persen dibanding hari normal. Lalu, trafik layanan legacy, yaitu percakapan (voice) meningkat 2 persen dan SMS sebesar 5 persen dibandingkan hari biasa.
Sementara trafik game meningkat sebesar 35 persen dan web browsing sebesar 30 persen. Bila dijabarkan khusus sejumlah platform media sosial populer, trafik Facebook meningkat sebesar 9 persen dari hari normal, Twitter 6 persen, Instagram 19 persen.
Baca Juga: Libur Nataru, XL Axiata Naikkan Kapasitas Jaringan hingga 2 Kali Lipat
Trafik Data XL Axiata Didominasi Layanan Streaming
Pada layanan berbagi video, Gede mengungkapkan lonjakan trafik data pada YouTube meningkat 24 persen dan Tiktok 22 persen. Hal serupa juga dialami pada layanan penyampai pesan, seperti WhatsApp naik 39 persen dan Telegram 737 persen. Untuk trafik streaming musik, layanan Spotify naik 3 persen, Joox naik 2 persen. Sedangkan kenaikan trafik tertinggi pada platform game mobile, dicatat Mobile Legends sebesar 35 persen dari hari normal, lalu Free Fire naik 78 persen.
Sedangkan layanan streaming film, trafik Netflix naik 70 persen dibandingkan hari normal, Disney+ 36 persen, Vidio 5 persen, WeTV 55 persen, dan Amazon Prime Video 61 persen. “Seperti biasanya selama masa libur panjang, trafik layanan peta juga meningkat, yakni Google Maps meningkat sebesar 42 persen, Waze GPS meningkat sebesar 40 persen dan Apple Map sebesar 21 persen,” paparnya.
Jika dilihat dari sebaran geografis, kenaikan trafik tertinggi terjadi di provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Yogyakarta dengan kenaikan hingga 22%. Kemudian ada Bali, NTT, dan NTB sebesar 21%. Lalu, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah 19%.
Daerah tujuan wisata populer juga mengalami kenaikan trafik data yang cukup signifikan. Di Bali, trafik data naik hingga 21% dibandingkan hari normal. Di alun-alun Solo naik hingga 90%, Lombok naik 25%.
Hingga saat ini, XL Axiata telah memiliki 145.000 BTS termasuk lebih dari 90.000 BTS 4G, serta jaringan tulang punggung fiber optik yang membentang sepanjang lebih dari 130.000 kilometer.
from Gizmologi https://ift.tt/vMyY86e
via IFTTT
0 Komentar