Agar dapat menyiarkan sebuah tayangan, televisi (TV) membutuhkan antena yang berfungsi untuk menangkap sinyal, lalu dikonversi menjadi gambar serta audio yang ditayangkan oleh stasiun TV. Terdapat dua jenis antena, yaitu antena TV digital dan antena analog.

Sesuai namanya, antena TV digital dan antena analog menangkap jenis gelombang sinyal yang berbeda. Selain itu, kualitas siaran yang diberikan juga berbeda. Jika kamu sedang mencari antena TV digital, kamu bisa membelinya menggunakan PayLater Shopee.

Perbedaan Antena TV Digital dan Antena Analog

1.  Jenis Sinyal

Antena digital dapat menangkap data dan sinyal digital dengan frekuensi tinggi. Setelah itu, sinyal digital akan diubah menjadi gambar dan audio oleh perangkat TV menjadi tayangan dengan kualitas gambar yang tajam dan suara yang jernih. Data yang ditangkap akan dikonversi ke dalam bentuk digital baru setelah itu disiarkan.

Saat sinyal yang dideteksi kurang baik, koneksi akan langsung terputus dan gambar serta suara akan langsung hilang. Hal itu karena sinyal digital bersifat discrete atau sinyal digital diproses dengan kode binary yaitu 1 dan 0.

Berbeda dengan antena analog, yang menangkap jenis sinyal radio dengan format audio dan video. Sinyal video yang ditangkap oleh antena analog ditransmisikan menggunakan gelombang AM, sementara sinyal untuk audio disalurkan melalui gelombang FM.

Mungkin kamu sudah tidak asing dengan noise pada TV analog yang dikenal juga dengan gambar ‘semut’. Gangguan tersebut dapat muncul karena sinyal analog bersifat kontinu alias akan terus disiarkan walaupun kualitas sinyalnya buruk.

2.  Kualitas Siaran

Kualitas siaran yang dihasilkan dari antena digital tentu jauh lebih baik, karena sinyal yang diterima ditransmisikan dalam bentuk “bit” atau data, sehingga gambar serta suara yang disiarkan jadi lebih jernih. Kualitas sinyal digital juga tidak dapat terpengaruh oleh faktor eksternal seperti cuaca.

Berbeda dengan kualitas siaran dari antena analog. Karena menggunakan sinyal AM dan FM, kualitas siaran akan sangat bergantung pada lokasi serta cuaca. Umumnya, kualitas siaran akan memburuk jika turun hujan deras.

3.  Perbedaan Konsumsi Bandwidth

Antena digital atau sistem siaran TV digital hanya menggunakan sedikit bandwith, sekitar 176 MHz. Berbeda dengan siaran TV analog yang menggunakan pita frekuensi 700 MHz sebanyak 328 MHz.

Sisa bandwith dari siaran digital dapat digunakan untuk mengembangkan potensi ekonomi digital hingga perkembangan jaringan koneksi 5G.

Walaupun antena digital identik dengan TV digital, bukan berarti untuk menggunakan TV digital atau untuk menikmati siaran digital harus dilengkapi dengan antena digital.

Mengingat harga antena digital yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan antena analog, kamu bisa memanfaatkan antena analog terlebih dahulu untuk menikmati siaran digital. Karena, tidak ada ketentuan mengenai jenis antena apa yang harus digunakan untuk menikmati siaran digital.

Antena analog pun juga bisa digunakan, kok. Karena, antena analog memiliki fungsi dasar untuk menangkap sinyal gambar serta audio.

Beli Antena TV Digital Bisa di Shopee

antena TV digital
Ilustrasi (foto: Pixabay/Mohammed-Hasan)

Perbedaan mendasar antara antena digital serta antena analog terletak di jenis sinyal yang ditangkap serta hasil siaran yang akan disiarkan. Antena digital memang lebih unggul, karena dapat menerima sinyal serta data, dan dapat memberikan siaran dengan kualitas gambar yang lebih tajam dan suara yang lebih jernih.

Jika kamu sedang mencari antena TV digital, Ada banyak antena TV digital di Shopee yang dapat kamu pertimbangkan. Antena TV digital pun dijual dengan harga yang beragam, berkisar antara Rp 80 ribu hingga Rp 130 ribu.

Beli antena TV digital hanya di Shopee. karena di Shopee,  tersedia banyak metode pembayaran dan salah satunya adalah SPayLater atau Shopee PayLater. Shopee PayLater merupakan metode pembayaran yang memungkinkan kamu untuk membeli kebutuhan kamu sekarang, lalu dapat membayarnya kemudian hari.

Selain aman dan cepat, SPayLater  juga bisa memberi keuntungan berupa cashback sampai dengan 1 juta dan pembayarannya bisa dicicil hingga 12 bulan. Selain itu, cara daftarnya mudah, cepat, dan verifikasi instan.

Yuk, beli semua kebutuhanmu seperti antena TV digital dan lainnya dengan menggunakan Shopee PayLater sekarang juga!

 



from Gizmologi https://ift.tt/lp3zhWJ
via IFTTT