Jakarta, Gizmologi – Meta Platforms Inc akhirnya memberikan lampu hijau untuk memulihkan akun Facebook dan Instagram milik Donald Trump. Mengingat akun media sosial (medsos) dari mantan presiden Amerika Serikat (AS) ke 45 itu sudah lama diblokir.

Direktur Urusan Global Meta Nick Clegg, mengatakan pemulihan akun Facebook dan Instgram Trump adalah keputusan yang diambil berdasarkan masukan dari dewan pengawas independen mereka. Di mana sebelumnya mereka mendukung aksi penangguhan Donald Trump di platform media sosial.

Dewan Pengawas Meta juga mengkritik platform itu karena tidak memberikan aturan yang jelas kapan akun yang ditangguhkan bisa dipulihkan. Meta memutuskan memberikan batas waktu dua tahun sejak waktu penangguhan 7 Januari 2021.

“Sebelum memutuskan apakah akan mencabut penangguhan Trump atau tidak, kami menilai apakah risiko terhadap keselamatan publik sudah berkurang,” kata Clegg dalam tulisan di blog resmi Meta Platforms, Kamis (26/1/2023)

Baca Juga:Donald Trump Gugat Twitter, Ingin Akunnya Bisa Nge-Tweet Lagi

Akun Medsos Donald Trump Bakal Dipulihkan

Medsos Donald Trump
Truth Platform Media Sosial Khusus Donald Trump

Berdasarkan aturan mereka soal krisis, Meta melihat risiko keselamatan publik sudah berkurang sehingga mereka memulihkan akun Trump setelah dua tahun. Jika Trump melanggar aturan lagi setelah akun dipulihkan,

Meta berkomitmen menghapus konten itu dan kembali menangguhkan akun untuk satu bulan sampai dua tahun bergantung pada tingkat pelanggaran. Akun Facebook dan Instagram milik Trump ditangguhkan karena dinilai bisa mengganggu keamanan menyusul kerusuhan di Capitol Hill pada 6 Januari 2021.

Belum diketahui apakah Trump akan mengambil kesempatan untuk kembali ke platform Meta atau tidak. Terlebih akun Twitter Trump yang telah dipulihkan lebih dulu pada November 2022 juga belum digunakan.

Artikel berjudul Meta Segera Pulihkan Akun Facebook & Instagram Donald Trump yang ditulis oleh Aditya Fajar pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/3MACqrK
via IFTTT