Diresmikan pada awal Februari lalu, OPPO Indonesia hadirkan sebuah seri penyegaran untuk lini mid-range mereka, yakni OPPO Reno Series. Tersedia dalam dua varian, OPPO Reno8 T 4G meluncur lebih dulu. Sementara versi 5G menyusul dalam beberapa waktu mendatang untuk kelas lebih premium.

Membawa spesifikasi “topped up”, OPPO Reno8 T 4G kami anggap sebagai versi penyempurnaan dari Reno8 4G, yang, dibandingkan Reno7 4G, memiliki perbedaan sangat minor. Apakah Reno9 4G bakal ditiadakan, atau justru naik jadi varian 5G saja? Tentu pertanyaan tersebut belum bisa ditemukan jawabannya saat ini.

Pertanyaan berikutnya, dengan perbedaan harga yang tipis kalau dibandingkan bersama Reno8 4G, apakah OPPO Reno8 T 4G mutlak jadi pilihan yang lebih baik saat ini? Untuk menjawabnya, berikut review OPPO Reno8 T 4G dengan kamera 100MP.

Desain

Desain OPPO Reno8 T 4G Midnight Black

Tampil berbeda, desain OPPO Reno8 T 4G gabungkan unsur klasik serta modern dalam sebuah perangkat yang stylish. Dua lingkaran kamera pada bagian belakang beri kesan retro, sementara finishing warna Midnight Black dengan OPPO Glow terlihat modern. Tidak mencolok, tapi masih punya sedikit efek kilau.

Varian yang satu ini memiliki bobot 180 gram dengan ketebalan hanya 7,8mm saja. Memegang bodi OPPO Reno8 T 4G terasa nyaman ketika tidak menggunakan case, dan bakal tetap aman dari goresan berkat teknologi pewarnaan khusus pada bodi belakangnya. Kalau mau lebih terlindung, bisa memanfaatkan soft case yang tersedia di dalam paket penjualan.

Ingin lebih mencolok? OPPO Reno8 T 4G juga hadir dalam opsi warna Sunset Orange. Yang ini bisa terbilang lebih spesial, karena punya permukaan bodi khusus, Fiberglass Leather yang berikan tampilan serupa kulit. Cocok bagi Gizmo friends yang ingin tampil lebih berbeda.

Layar

Keunggulan OPPO Reno8 T

Kalau versi 5G-nya sudah gunakan permukaan kaca lengkung alias curved screen, layar OPPO Reno8 T 4G masih terlihat standar dengan permukaan flat. Jenis panelnya pun serupa Reno8 4G, berukuran 6,43 inci dengan jenis AMOLED fHD+ 90Hz. Sudah terlindungi oleh Gorilla Glass 5.

OPPO berikan standar warna yang cukup baik, mencakup 100% DCI-P3, sehingga berikan akurasi tinggi dan pas untuk para konten kreator. Display OPPO Reno8 T 4G juga sudah mendukung fitur always-on display, serta memiliki sensor sidik jari yang terbenam di balik kaca layar, alias in-display.

Dengan kecerahan yang cukup di luar ruangan, konten yang ditampilkan terlihat jelas pada beragam skenario berbeda. Konten video dari platform streaming favorit sudah bisa ditampilkan hingga resolusi HD, dan bakal aman di mata berkat Eye Care Display.

Kamera

Kamera Microlens OPPO Reno8 T

Secara spesifikasi, salah satu bagian yang paling terlihat peningkatannya, ada pada sektor kamera. Dibandingkan Reno8 4G, kamera OPPO Reno8 T 4G sama-sama punya tiga sensor berbeda. Dengan dua sensor sekunder yang sama jenisnya, yakni depth & microlens dengan resolusi 2MP.

Nah, sensor utamanya naik secara resolusi dari 64MP menjadi 100MP, dengan diafragma yang juga sedikit lebih besar di f/1.7. Lantas apakah kualitasnya meningkat jauh? Well, kalau dibandingkan keduanya, kualitas foto OPPO Reno8 T 4G bisa dibilang mengalami peningkatan, meski tidak signifikan.

Untuk foto obyek dalam kondisi pencahayaan berlimpah, pengguna bisa memanfaatkan dua cara untuk membidik obyek lebih dekat; menggunakan digital zoom, atau mengambil foto dalam mode resolusi penuh 100MP lalu lakukan proses cropping keduanya. Metode kedua berikan keleluasaan lebih setelah foto diambil, namun tentunya memakan lebih banyak storage.

Baca juga: Cara Ambil Foto Resolusi 100MP dengan OPPO Reno8 T

Sementara dalam kondisi pencahayaan indoor atau malam, sebaiknya memanfaatkan mode malam supaya noise pada foto bisa lebih sedikit dan ketajaman yang cukup. Hanya saja, hasil foto condong sedikit lebih berwarna (saturated). Bakal pas bagi kamu yang ingin langsung share ke media sosial, namun lebih sulit untuk proses editing setelahnya.

Hasil foto lengkap dari kamera OPPO Reno8 T 4G bisa kamu akses pada album berikut ini ya.

ybLSh3qQVKlyp FBDueTE4QH Jh4AFm3 gNYb3ct wZjc4j 2dZVzTP2QqF6HsJrhSHKK9YUIRGa2Ptjnfewso4Qy1uIcSuI0tPVDjqf0GlvmVdqY0xLLKixm9fAiYGYxBqmk f b U=w2400
Hasil foto oudoor, siang hari
6cDZI4Nfgpn9PQfvPwsl8jIRUUdia8kS6r2GH19la2ha0EDUiHnn2Sb5wsho8JbdI6aWhUmRn1gk7vYNtNZeBbfcPj7uF4scqJ1ApODhSdEmq5Hr3 LL3H9e1s72qHm6buuYA vA1w=w2400
Saat indoor, kamera OPPO Reno8 T masih bisa berikan detail dan saturasi optimal
lB0zoim869P7QVDTF 0FpBcrcdu4Lqt1rRgA4xvLJmxDY1Wg4my8oTX eR7wY P4HtoQRDyFfQ2UMkunO6K9Ei3OS5FxJedTE iQQ4e LbCWqjrX Yif hsJbUBMKOm
Indoor malam hari, tanpa menggunakan mode malam
m95boEv1cO egxDzJbiCztciQVc8Oqs0KGYZy7C 4rX4Gtdm eYBm9O t9SUw71X0u WZYRng WXGWghfzLQm 5ugyz OOb9OAGFqv8UoTZthUTRX T1cHbQl47K0jpq11sSLYO1iE=w2400
Outdoor malam hari, dengan mode malam aktif
VKx8noLsfNxsNP4GloXziOd2DAlYfmlH0HDnwzdavO4cL78oyHNJ3yejoCeLQUDhv3bXKwTn3ULO3v5cBUDb yRD4ISSTleAjvLk KdE7oJ6 d tFk86i0blZKhNo03czKY1O5 BUY8=w2400
Menggunakan microlens dengan pembesaran 20x untuk ambil detail serat pada jaket
jCTGSRBxRCkhGNWX5kMsFTVJAdTnWGf3VuQB3X8RbLQ9VG3LTg75tGVZlcwWRraCz9OUF6V6ra
Menggunakan mode Bokeh Flare Portrait pada kamera belakang
hBOOLN5K UX oeraxt7m Pj ykyiq6sRM7m E3L q8q1lg7RR9dmn3qyGHMtkVPrfEABgVHNL0dRegzVH wzbbIoDPXFd6OId rkUHaGbIPl911g4vcr4uF89WbdYrH9TaKJjHWFMA4=w2400
Mode portrait dari kamera selfie OPPO Reno8 T 4G

Lalu untuk perekaman video, OPPO Reno8 T 4G memang masih belum bisa menangkap hingga resolusi 4K. Setidaknya pada 1080p 30fps, masih ada EIS yang bisa sedikit stabilkan footage tanpa alat bantu. Belum bisa hasilkan video portrait, namun bisa beri efek retouch wajah baik dengan kamera depan, belakang, atau saat pakai mode Dual-View Video untuk tangkap momen dari dua sisi kamera berbeda.

Fitur

Spesifikasi OPPO Reno8 T 4G

Tampilan antarmuka smartphone OPPO secara terus menerus dimatangkan, dan kini semakin nyaman digunakan lewat ColorOS 13. Semakin banyak fitur-fitur ekstra yang ditambahkan untuk memudahkan aktivitas harian. Sesimpel mengganti lagu ketika memutar lagu Spotify, kini bisa langsung dari always-on display.

Karena sudah pakai Android 13, sekarang akses perizinan setiap aplikasi jadi lebih mudah, dan pengguna diberikan kebebasan untuk berbagi lokasi yang tidak presisi. Sensor NFC, jack audio, speaker stereo? Ada. Tergolong lantang dan berkualitas, volumenya masih bisa ditingkatkan sampai 200% bila diperlukan (meski jadi muncul sedikit distorsi).

Fitur ekstra lainnya seperti split screen, flexible windows (untuk jalankan aplikasi dalam mode jendela) sampai Kid Space bisa diakses lewat menu Settings. Kloning aplikasi juga bisa, meski kebanyakan hanya aplikasi messenger populer. Untuk mengaktifkan fitur Orbit RGB Light, kamu bisa cek tipsnya berikut ini.

Performa

Skor Antutu OPPO Reno8 T 4G

Kali ini tidak gunakan cip dari Qualcomm, melainkan performa OPPO Reno8 T 4G disokong oleh sebuah chipset 4G rilisan pertengahan 2022, yakni MediaTek Helio G99. Gunakan fabrikasi 6nm dengan arsitektur octa-core, sejatinya cip satu ini adalah versi penyegaran dari Helio G96 yang sebelumnya terbilang sangat populer untuk smartphone mid-range.

Lewat ColorOS 13 berbasis Android 13, OPPO Reno8 T 4G menjanjikan performa yang meningkat. Dikombinasikan bersama penyimpanan internal seluas 256GB dan RAM 8GB (+8GB lagi lewat RAM Expansion), OPPO juga sempurnakan software-nya. Sampai berani mengklaim kalau smartphone ini aman jalankan 25 aplikasi terbuka sekaligus, dan bakal tetap lancar hingga 4 tahun penggunaan.

Selama masa pengujian kami, OPPO Reno8 T 4G memang tergolong cukup lancar dalam jalankan cukup banyak aplikasi maupun multitasking dalam refresh rate 90Hz. Skor Antutu-nya lebih tinggi dibandingkan seri Reno8 4G standar, dan digunakan untuk bermain Genshin Impact pun masih bisa, meski dengan setting grafis rendah.

Ketika digunakan untuk ambil foto secara intensif maupun bermain gim, bodi OPPO Reno8 T 4G tidak terasa begitu panas, termasuk saat tidak menggunakan case. Meski belum gunakan chipset 5G sekalipun, nampaknya performa smartphone mid-range OPPO satu ini memang sudah cukup untuk penggunaan harian.

Baterai

Baterai OPPO Reno8 T 4G

Meski kapasitas baterai OPPO Reno8 T 4G terbilang standar di 5,000 mAh, masa pakainya tergolong cukup lama, alias awet. Rasanya OPPO benar-benar bisa mengoptimalkan chipset MediaTek yang tergolong masih baru ini. Selain lebih kencang, juga aman untuk penggunaan seharian.

Dengan akses aplikasi harian seperti messenger, media sosial dan kamera, OPPO Reno8 T 4G bisa hasilkan screen-on time 5-6 jam. Ini sudah menggunakan mode refresh rate high, namun kami tidak mengaktifkan AOD—karena selalu meletakkan perangkat menghadap bawah, supaya notifikasi Orbit Light terlihat.

Dengan mengaktifkan mode hotspot berjam-jam pun, masih bisa terus menyala hingga mendekati jam tidur. Proses isi dayanya pun juga kencang lewat 33W SuperVOOC (plus adaptor yang masih disertakan ke dalam paket pembelian). Mengisi daya OPPO Reno8 T 4G hanya membutuhkan waktu sedikit melebihi 1 jam, dari kisaran 5% hingga penuh. Sementara 30 menit sudah bisa menambah lebih dari 50%.

Kesimpulan

Kelengkapan OPPO Reno8 T 4G unboxing

Dengan selisih harga Rp100 ribu lebih murah dibandingkan Reno8 4G, OPPO Reno8 T 4G terasa lebih menarik. Desain yang lebih segar, keseluruhan fitur yang kurang lebih sama, speaker yang sudah stereo, software lebih baru, dan tentunya resolusi kamera lebih tinggi jadi daya tarik tersendiri.

Dengan spesifikasi yang mungkin terasa tidak begitu menggigit terutama bila dibandingkan sejumlah smartphone dari vendor lain, OPPO berani kasih jaminan performa yang bakal tetap optimal dalam penggunaan jangka panjang. Sebuah klaim yang cukup berani, dan tentunya bisa memberikan rasa yakin yang lebih ketika konsumen sedang memutuskan untuk membeli smartphone OPPO satu ini.

Spesifikasi OPPO Reno8 T 4G

OPPO Reno8 T 4G
Klik pada gambar untuk spesifikasi lengkap

General

Device Type Smartphone
Model / Series Oppo Reno8 T 4G
Released 07 February, 2023
Status Available
Price Rp4.899.000

Platform

Chipset Mediatek MT8781 Helio G99 (6nm)
CPU Octa-core (2x2.2 GHz Cortex-A76 & 6x2.0 GHz Cortex-A55)
GPU Mali-G57 MC2
RAM (Memory) 8 GB (+8 GB RAM Expansion)
Storage 256 GB
External Storage dedicated slot
Operating System Android 13
User Interface ColorOS 13

Design

Dimensions 160.8 x 73.8 x 7.8 mm
Weight 180 gram
Design Features OPPO Reno Glow/Fiberglass Leather
Warna: Midnight Black, Sunset Orange
IPX4 Splash Resistant
Battery 5000 mAh
33W SuperVOOC

Display

Screen Type Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
Size and Resolution 6.43", full HD+ 2400x1080 pixels (409 ppi)
Touch Screen Capacitive Touchscreen
Features Single punch hole camera
90Hz refresh rate
100% DCI-P3
180Hz touch sampling rate
SGS Eye Care
HD certified

Network

Network Frequency GSM / HSPA / LTE
SIM Dual-SIM
Data Speed HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE-A

Camera

Multi Camera Yes (Rear)
Rear 100MP f/1.7 PDAF (main) + 2MP f/3.3 (microscope) + 2MP f/2.4 (depth)
Front 32 MP, f/2.4, 22mm (wide)
Flash Yes
Video Front Camera: 1080P/720P@30fps; Rear Camera: 1080P@30fps; 720P@30fps
Camera Features Ultra 108MP Clear Image
Bokeh Flare Portrait
Dual-View Video
Microscope up to 40x zoom

Connectivity

Wi-fi Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band
Bluetooth 5.3, A2DP, LE, aptX HD
USB 2.0, Type-C 1.0 reversible connector, USB On-The-Go
GPS Yes, with A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS
HDMI No
Wireless Charging No
NFC
Infrared No

Smartphone Features

Multimedia Features - Three finger translate with Google
- Gaming shortcut mode
- Bullet screen message
FM Radio Yes
Web Browser HTML 5
Messaging SMS, MMS, Online
Sensors Fingerprint (Hidden Fingerprint Unlock 3.0), accelerometer, gyro, proximity, compass

Artikel berjudul Review OPPO Reno8 T 4G: Versi Upgrade, Bawa Kamera 100MP yang ditulis oleh Redaksi pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/fg4IvhP
via IFTTT