Jakarta, Gizmologi – Operator seluler XL Axiata menerapkan prinsip Environment, Social, and Governance (ESG) pada infrastruktur jaringannya, salah satunya dalam membangun Green BTS pada setiap menara berbasis Base Transceiver Station (BTS). Penerapan konsep ini dinilai mampu menghemat energi hingga 50 persen.

XL Axiata sudah menerapkan Green BTS sejak 2014 dan kini telah mencakup lebih dari 90 persen dari BTS perusahaan. Penerapan Green BTS mampu mengurangi konsumsi energi hingga 50 persen. Sejak akhir 2022 lalu, XL Axiata juga mulai menerapkan penggunaan baterai lithium sebagai pengganti genset.

“Khusus di lini pengelolaan jaringan, kami melakukan moderninasi perangkat BTS menjadi Green BTS sehingga bisa menekan tingkat emisi dan sekaligus memungkinkan menghemat konsumsi energi,” ungkap Direktur & Chief Digital Transformation and Enterprise Business Officer XL Axiata, Yessie D. Yosetya dalam keteranganya, Sabtu (25/2/2023).

Khusus lini pengelolaan, XL Axiata melakukan modernisasi perangkat BTS menjadi Green BTS sehingga bisa menekan tingkat emisi dan sekaligus memungkinkan menghemat konsumsi energi. Penerapan prinsip ESG pada Green BTS meliputi penggunaan Intelligent Ventilation Cooling System (IVS), penggunaan kipas angin DC dan Air Conditioning (AC).

Baca Juga: XL Axiata Bukukan Laba Bersih Rp 29,2 Triliun Di Penghujung 2022

Green BTS XL Axiata untuk Infrastruktur Hybrid

Green BTS XL Axiata

Lebih lanjut, XL Axiata juga menerapkan penggunaan Hybrid System Charge Discharge Battery (CDC) pada BTS di area terpencil yang tidak ada pasokan listrik. Penerapan CDC oleh XL Axiata telah berhasil mengurangi konsumsi solar hingga rata-rata 54 persen.

Untuk memastikan efektifitas penerapan ESG, setiap tahun perusahaan melakukan penghitungan konsumsi daya energi yang dikeluarkan beserta emisi yang dihasilkan. Penghitungan ini merupakan bagian dari proses pengawasan sekaligus acuan dalam perencanaan efisiensi konsumsi energi untuk tahun-tahun ke depan.

Perusahaan terus berupaya menerapkan prinsip ESG dengan mengacu kepada target Global System for Mobile Communication Association (GSMA), yaitu menurunkan emisi karbon menjadi 0 pada 2050. XL Axiata menilai dengan ikut menurunkan emisi karbon menjadi 0, merekaes juga bisa ikut berperan dalam mencegah bencana jangka panjang akibat perubahan iklim.

Artikel berjudul Terapkan Prinsip ESG, XL Axiata Bangun Green BTS Secara Massal yang ditulis oleh Aditya Fajar pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/OWCU0r4
via IFTTT