Jakarta, Gizmologi – Jelang bulan Ramadan, Smartfren melakukan perluasan coverage dan pembangunan Content Delivery Network (CDN) yang memperkuat kualitas jaringan di seluruh wilayah operasionalnya. Hal ini dilakukan untuk memastikan pelanggan dapat menikmati layanan telekomunikasi terutama menjelangan momen Ramadan, Idulfitri 1444H dan mudik lebaran.

“Inisiatif penguatan jaringan ini kami lakukan 100% untuk Indonesia dengan mempertimbangkan perilaku serta kebutuhan digital masyarakat. Lewat optimasi jaringan dan perluasan coverage ini akan semakin banyak masyarakat yang bisa menikmati jaringan internet Smartfren. Kemudian dengan dukungan CDN yang lebih mutakhir ini pelanggan bisa mendapatkan pengalaman latensi yang lebih baik dan andal, terutama menjelang Ramadan, Idulfitri 1444H dan momen mudik lebaran,” ujar Agus Rohmat, VP Network Operations Smartfren.

Perluasan coverage dilakukan di tingkat kabupaten dengan menambah sejumlah BTS untuk memperkuat jaringan. Pada tingkat nasional penambahan coverage dan kapasitas jaringan secara nasional meningkat 12,3%. Di setiap wilayah operasional pun terjadi peningkatan dengan rincian: Jawa Barat (meningkat 10%), Sumatera Utara (3%), Sumatera Selatan (10%), Jabodetabek (9%), Jawa Tengah (3%), Jawa Timur (4%), serta Sulawesi dan Kalimantan (7%).

Khusus untuk wilayah Bogor, coverage jaringan ditargetkan mencapai 95% dari total populasi pada 2023 ini. Perluasan tersebut antara lain dilakukan di sejumlah wilayah seperti Dramaga, Ciampea, Puncak-Ciawi, Megamendung, dan jalur menuju Sukabumi/ Cianjur.

Baca juga: Ingin Percepat 5G, Smartfren Gandeng Cisco untuk Partnership Value Framework

Smartfren Bangun CDN di 7 Kota 

Dalam usaha meningkatkan pengalaman telekomunikasi pelanggan, Smartfren berusaha menurunkan latency, yaitu tingkat respon jaringan yang sangat menentukan pengalaman pelanggan saat mengakses berbagai konten dan aplikasi menggunakan internet.

Smartfren berinvestasi di core network dengan membangun CDN yang berfungsi sebagai cache sehingga mempersingkat waktu yang diperlukan untuk mengirim serta menerima data.

Adapun CDN tersebut diletakkan di 7 kota di Indonesia yang menjadi titik perlintasan data dari berbagai wilayah, yaitu di Medan, Bandung, Tangerang, Yogyakarta, Banjarmasin, Surabaya, Makassar.

Pada momen Ramadan, Idulfitri, dan lebaran nanti, Smartfren juga menyiagakan tim khusus untuk bersiaga 24 jam memantau serta menangani keluhan pelanggan, 337 unit BTS Mobile, dan NOC yang terus memantau kondisi jaringan.

Artikel berjudul Smartfren Perluas Coverage untuk Layani Kebutuhan Masyarakat Indonesia di Bulan Ramadan yang ditulis oleh Ronggo pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/zqUCxkO
via IFTTT