Jakarta, Gizmologi – Operator seluler Telkomsel bekerja sama dengan Microsoft untuk mengintegrasikan layanan Azure AI ke platform pemasaran mereka. Penggunaan AI atau kecerdasan buatan dalam platform marketing Telkomsel ini bertujuan untuk menciptakan pengalaman yang lebih personal bagi pelanggan.

Integrasi tersebut dibahas pada Mobile World Congress (MWC) 2023, di Barcelona, Spanyol. Kolaborasi Telkomsel bersama Microsoft ini tidak hanya bertujuan untuk customer engagement dan kepuasan pelanggan, tetapi juga menganalisis data insight.

“Melalui kolaborasi ini kami dapat memberi pengalaman lebih personal, efisien, dan terbaik bagi pelanggan dalam menikmati berbagai aktivitas gaya hidup digitalnya,” ujar Direktur Pemasaran Telkomsel Derrick Heng, dalam keterangannya, Senin (6/3/2023).

Melalui integrasi platform marketing Telkomsel dengan Microsoft Azure AI juga dapat membantu menghadirkan pengalaman yang lebih personal bagi pelanggan. “Melalui kolaborasi ini kami dapat memberi pengalaman lebih personal, efisien, dan terbaik bagi pelanggan dalam menikmati berbagai aktivitas gaya hidup digitalnya.”

Telkomsel Gunakan Teknologi Azure AI Microsoft

Telkomsel Azure Ai
Kolaborasi-Telkomsel-dan-Microsoft

Sementara itu, Presiden Direktur Microsoft Indonesia Dharma Simorangkir mengatakan bahwa lewat integrasi tersebut Telkomsel akan berkolaborasi dengan Microsoft untuk bersama-sama menentukan proses end-to-end dalam meningkatkan dan mengembangkan platform marketing Telkomsel dengan menggabungkan Neural Language Processing yang dapat menganalisis data.

Telkomsel akan menggunakan algoritma machine learning dari kecerdasan buatan itu untuk menganalisis data, neural language processing untuk bisa memahami interaksi dan sentimen pelanggan lebih baik, serta analisis prediktif untuk mengantisipasi perilaku di masa depan.

“Teknologi ini akan memungkinkan Telkomsel untuk menciptakan produk maupun layanan yang lebih personal sesuai dengan kebutuhan dan preferensi unik setiap pelanggan,” pungkas Dharma.

Baca Juga: Kolaborasi Ericsson-Qualcomm Siap Geber Jaringan 5G Telkomsel

Di sisi lain, pengembangan artificial intelligence (AI) yang masif turut mendorong Microsoft untuk membenahi aplikasi mereka agar tetap relevan dan mampu bersaing. Mesin pencarian Bing menjadi salah satu yang akan mengalami pembaharuan AI dalam sistemnya.

Seperti diketahui, pada 2019 Microsoft melakukan investasi senilai USD1 miliar kepada perusahaan OpenAI yang membuat ChatGPT. Hasilnya, ChatGPT berjalan menggunakan server Azure milik Microsoft.

Tak hanya itu, mereka juga akan menjejalkan ChatGPT dalam perangkat Office untuk fitur Word, PowerPoint dan juga Outloook. Hal tersebut memungkinkan pengguna untuk dapat bekerja dengan lebih produktif sekaligus efisien dalam waktu.

Artikel berjudul Telkomsel Gunakan Azure AI Microsoft Buat Pemasaran Digital yang ditulis oleh Aditya Fajar pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/CO0e9Ls
via IFTTT