Jakarta, Gizmologi – Walaupun belum pernah hadir secara resmi di Indonesia, smartphone rilisan Google memang selalu dinanti oleh masyarakat terutama para tech enthusiast. Tahun ini, kabarnya Google bakal siap perkenalkan perangkat foldable pertamanya. Dan kini bocoran harga Google Pixel Fold sendiri sudah muncul.

Sebentar lagi, Google siap mengadakan acara tahunan Google I/O 2023. Dalam acara tersebut, umumnya bakal disampaikan info terbaru mengenai pengembangan software bikinan Google termasuk Android. Dan tentunya pengenalan produk baru, di mana Google Pixel Fold & Pixel 7a siap diperkenalkan pertama kali. Jadi yang paling mahal dan paling terjangkau sekaligus.

Desain kedua smartphone Google tersebut sudah dibocorkan lewat sejumlah render yang sudah beredar sejak beberapa pekan lalu. Kalau Pixel 7a dibuat semakin mirip Pixel 7 Series, lain halnya dengan Pixel Fold yang punya jenis form-factor baru. Bakal berkompetisi dengan foldable rilisan Samsung maupun OPPO, seperti Galaxy Z Fold4 serta OPPO Find N2.

Baca juga: Android 14 Beta Sudah Tersedia, Bisa Dicoba di Google Pixel

Pixel Fold Dikabarkan Membawa Desain Kokoh

Google Pixel Fold

Google Pixel Fold bakal jadi smartphone layar lipat perdana dari Google, dan meski begitu, dokumen internal mereka sebutkan bila hinge alias mekanisme lipatnya bakal jadi salah satu yang paling kuat alias durable. Rumor lainnya juga sebutkan bila foldable satu ini dirancang tahan air. Walaupun belum didetailkan apakah hanya tahan dari cipratan air atau secara total seperti Galaxy Z Series.

Untuk harga Pixel Fold sendiri, kabarnya bakal dibanderol di kisaran USD1799, atau setara Rp26 jutaan. Pre-order Pixel Fold disebut bakal dimulai pada 10 Mei mendatang, alias saat Google I/O dimulai bulan depan. Terasa premium? Wajar, mengingat smartphone rilisan Google selalu masuk ke dalam kelas flagship. Namun kabar baiknya, setiap pembelian Pixel Fold nantinya bakal di-bundling dengan Pixel Watch—smartwatch pertama Google.

Spesifikasi Pixel Fold lainnya meliputi layar utama 7,6 inci, serta layar sekunder di luar berukuran 5,8 inci. Bobotnya bakal mencapai lebih dari 280 gram, namun juga punya kapasitas baterai lebih besar dari Samsung. Disebut bisa digunakan hingga seharian penuh, atau 3 hari dalam mode hemat daya.

Pixel 7a Naik Kelas

Google Pixel 7a

Selain Pixel Fold, Google juga tengah mempersiapkan smartphone versi terjangkau terbarunya, Pixel 7a. Menjadi suksesor dari generasi sebelumnya, rumor menyebutkan bila Google akan menjualnya dengan harga lebih mahal, mencapai USD499 (Rp7 jutaan). Tentu hal tersebut menuai kontroversi di media sosial.

Pasalnya, di sejumlah negara seperti Amerika Serikat, Pixel 7 sudah bisa didapatkan dengan harga diskon yang sama. Padahal, keduanya punya cukup banyak perbedaan, walaupun bakal sama-sama gunakan chipset Tensor G2. Namun peningkatan spesifikasinya dari Pixel 6a cukup signifikan.

Setelah lama ‘berhenti’ di 60Hz, akhirnya Pixel 7a bakal mengusung refresh rate 90Hz. Tak hanya itu, sejumlah fitur yang sebelumnya absen dari varian premium, bakal ikutan hadir seperti dukungan wireless charging. Sensor kamera utamanya pun juga akhirnya diperbarui dengan resolusi 64MP, ditemani 13MP ultra wide-angle.

Pixel 7a juga dikabarkan bakal tersedia secara pre-order 10 Mei mendatang, sementara penjualan perdananya akan dimulai 27 Juni. Benar atau tidaknya semua bocoran di atas, kita buktikan bulan depan ya.

Artikel berjudul Bocoran Harga Google Pixel Fold & Pixel 7a, Rilis Bulan Depan yang ditulis oleh Prasetyo Herfianto pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/Xk0a8UT
via IFTTT