Jakarta, Gizmologi – Tidak hanya sekadar untuk hiburan saja, kini masyarakat semakin banyak yang bekerja atau mencari cuan sebagai streamer atau penyiar. Ada beragam platform digital yang bisa mereka pilih, dan untuk pengendalian lebih baik, Razer telah hadirkan aksesori yang pas. Yakni lewat Razer Stream Controller X yang sudah mulai tersedia di pasaran.

Walaupun lebih dikenal sebagai produsen perangkat gaming, Razer sendiri lebih mengedepankan nama mereka sebagai sebuah brand lifestyle. Sejumlah pilihan produk yang ditawarkan saat ini tidak hanya cocok untuk para gamer saja, namun juga untuk kreator dan pengguna jenis lainnya. Lewat sejumlah jenis produk seperti laptop, perangkat audio, hingga produk terbarunya yang hadir melengkapi lini produk siaran.

Razer Stream Controller X sendiri merupakan perangkat generasi terbaru yang dirilis oleh brand asal Amerika Serikat tersebut. Generasi sebelumnya, Stream Controller pertama kali dirilis tahun lalu, dilengkapi sejumlah pintasan berupa tombol di sekeliling layarnya. Namun yang baru ini tampak lebih sederhana.

Baca juga: Razer DeathAdder V3 Pro Faker Edition, Mouse Gaming Custom Pro Player

Kompatibel dengan Banyak Aplikasi Populer

Razer Stream Controller X

Bisa dibilang, Razer Stream Controller X merupakan kompetitor langsung dari Elgato Steam Deck yang sudah lebih lama tersedia di pasaran. Perangkat ini dilengkapi dengan 15 tombol LCD yang dapat deprogram ulang, sesuai dengan kebutuhan masing-masing penyiar alias streamer. Juga ditenagai oleh perangkat lunak Loupedeck, sama seperti yang sebelumnya.

Tampilan antarmuka yang lebih familiar dari Loupedeck memudahkan para penyiar untuk memasang aplikasi sesuai keinginan mereka, serta lainnya seperti plugin sampai emote. Memasang aplikasi ke Razer Stream Controller X bisa semudah drag-and-drop saja, melalui marketplace yang sudah kompatibel dengan beragam aplikasi populer.

Razer Stream Controller X

Pengguna bisa memilih plugin dari aplikasi seperti Spotify, Phillips Hue, Adobe Photoshop hingga Voice Mod. Juga terdapat opsi untuk menambahkan profil khusus, supaya bisa diberikan fungsi makro yang bisa diatur secara lebih spesifik. Aksi yang dihasilkan dari sebuah pintasan, bisa di-trigger secara individual maupun simultan.

Bagi para pemula, masing-masing program populer di atas juga berikan opsi profil yang bisa langsung digunakan, sehingga pengguna Razer Stream Controller X tidak harus merancang sendiri profil dari nol.

Kustomisasi Razer Stream Controller X

Razer Stream Controller X

Masing-masing tombol LCD yang disediakan oleh Razer Stream Controller X bisa dikustomisasi secara lebih personal, dengan ikon hingga ikon GIF bergerak yang bisa mereka pilih sesuai dengan keinginan atau bentuk favorit. Dengan tingkatan kustomisasi kreatif, pengguna bisa lebih mudah mengambil tangkapan layar atau mulai inisiasi rekaman pada sesi siaran, sehingga lebih mudah untuk membagikan sorotan bagian tertentu dalam sebuah sesi kepada para penontonnya.

Untuk kenyamanan penggunaan, Razer Stream Controller X hadir dengan stand magnetik yang dirancang dengan bahan dasar anti-licin, pas untuk berbagai permukaan. Sementara kemiringan 50 derajat juga ditujukan agar sudut pandangnya pas serta nyaman oleh streamer, dan kemiringan pas untuk ditekan.

Harga Razer Stream Controller X sendiri dibanderol USD149,99, atau sekitar Rp2,2 jutaan. Perangkat ini sudah mulai tersedia sejak 13 April 2023 lalu, namun dari hasil pencarian tim Gizmologi, masih belum tersedia secara resmi di sejumlah e-commerce lokal populer Indonesia.

Artikel berjudul Razer Stream Controller X Resmi Dijual, Alat Mungil Serbaguna Khusus Streamer yang ditulis oleh Prasetyo Herfianto pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/RjpOYsx
via IFTTT