Jakarta, Gizmologi – Saat ini, OPPO Indonesia memang telah membuka pre-order dari smartphone layar lipat resmi perdananya, OPPO Find N2 Flip. Namun di sejumlah negara lain, kamera OPPO Find X6 Pro banyak diperbincangkan berkat sensornya yang mutakhir. Kini telah berhasil merajai chart firma pengujian DxOMark.

Smartphone OPPO memang dikenal dengan kualitas kameranya yang jempolan, mulai OPPO Reno Series yang membawa sejumlah fitur portrait menarik, sampai OPPO Find Series yang berkolaborasi dengan Hasselblad—sang pembuat kamera terkemuka, pertama kali ditemukan sejak 1841. Memang, tidak turun tangan langsung dalam menciptakan sensor kamera bersama OPPO, namun termasuk berkontribusi untuk color tuning.

Kamera OPPO Find X6 Pro sendiri membawa peningkatan yang sangat signifikan dibandingkan generasi sebelumnya, Find X5 Pro. Setelah hilang dari Find X2 Pro, akhirnya OPPO sematkan kembali sensor zoom berjenis periskop. Dengan sensor tersebut, smartphone flagship OPPO di 2023 ini diklaim yang paling hebat untuk zoom saat low-light.

Baca juga: Semarak Ramadan, Deretan Promo Produk OPPO ini Gak Ada yang Kelewat

Beri Detail Terbaik Pada Foto dan Video

kamera OPPO Find X6 Pro - DxOMark

Firma DxOMark sendiri menguji kamera smartphone dengan metode yang cukup lengkap, di mana pada halaman ulasan kamera OPPO Find X6 Pro, dibahas per bagian secara mendetail mulai dari hasil tangkapan foto standar, mode portrait, zoom, serta video. Secara keseluruhan, kamera OPPO Find X6 Pro meraih skor tertinggi di 153 poin. Melampaui Honor Magic5 Pro & Huawei Mate 50 Pro pada posisi 2-3, serta Google Pixel 7 Pro di posisi keempat.

Sebagai informasi, iPhone 14 Pro Max berada pada urutan ke-6 dengan skor 146. Sementara Galaxy S23 Ultra ada di posisi ke-13 dengan skor 140. Alasan DxOMark menobatkan kamera OPPO Find X6 Pro menjadi yang terbaik saat ini, adalah detail gambar terbaik dari semua sensor yang dibawanya. Videonya juga diklaim cukup tajam dengan stabilisasi optimal.

Kualitas foto portraitnya juga meraih skor yang cukup tinggi. Namun begitu, DxOMark masih berikan sejumlah catatan khusus. Penggunaan sensor utama 1-inci pada kamera OPPO Find X6 Pro membuat rentang fokusnya jadi terbatas, sehingga harus ada penyesuaian jarak saat foto subyek dalam jumlah banyak (grup). Serta penentuan eksposur yang terkadang masih kurang konsisten.

Sayangnya, OPPO Find X6 Pro tidak diluncurkan secara global. Alias hanya tersedia di sejumlah negara tertentu saja, termasuk negara asalnya. Sehingga bila Gizmo friends benar-benar tergiur dengan hasil tangkapan kamera OPPO Find X6 Pro, harus rela membelinya dari luar negeri dengan tambahan biaya pajak masuk.

Keunggulan Kamera OPPO Find X6 Pro

kamera OPPO Find X6 Pro

Lantas apa yang membuat kamera OPPO Find X6 Pro berkualitas? Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, sensor utama 1-inci pada smartphone ini gunakan Sony IMX989, sama dengan Xiaomi 13 Pro maupun vivo X90 Pro yang juga sepertinya bakalan absen hadir secara resmi. Sementara sensor ultra-widenya sendiri gunakan Sony IMX890 1/1,56 inci, sebuah sensor yang juga digunakan flagship lain sebagai sensor utama.

Kemudian ada sensor periskop yang juga sama-sama pakai Sony IMX890 dengan diafragma sangat besar di f/2.6, memiliki focal length 65mm untuk berikan jarak portrait selayaknya kamera profesional. Lewat mode portrait khusus dari Hasselblad, pengguna bisa simulasikan tangkapan kamera Hasselblad XCD30 (30mm f/3.5) & XCD80 (80mm f/1.9).

Saking superiornya sensor telefoto yang dimiliki oleh kamera OPPO Find X6 Pro, kualitas 6x hybrid zoom diklaim setara optikal. Dan dalam mode perekaman video 4K, opsi zoom 3x & 6x juga diberikan dengan janji kualitas yang tetap tinggi. Andai saja yang satu ini hadir resmi di Indonesia, ya.

Artikel berjudul Kamera OPPO Find X6 Pro Rajai Chart DxOMark, Ungguli Samsung & Apple yang ditulis oleh Prasetyo Herfianto pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/CQPvLpk
via IFTTT