Ketika laptop kelas entri saja sudah dilengkapi dengan layar OLED sampai kamera yang jernih untuk conference call, masih perlukah membeli sebuah laptop seharga puluhan juta rupiah? Bila Gizmo friends merupakan pebisnis yang utamakan keamanan, harga HP EliteBook 845 G9 yang premium mungkin bakal terasa pas-pas saja.

Ya, vendor yang satu ini memang telah menyiapkan sejumlah lini berbeda untuk jenis pengguna berbeda. Selain untuk konsumen awam dan para gamer, HP juga hadirkan lini EliteBook yang umumnya digunakan oleh para pebisnis atau perusahaan yang utamakan keamanan data, serta reliabilitas perangkat ketika digunakan untuk bekerja.

Ada sejumlah fitur eksklusif yang membuat laptop bisnis HP terbaru satu ini layak dijual seharga Rp30 jutaan. Namun ada juga fitur unggulannya yang ternyata justru membuat user experience sedikit terganggu, setidaknya buat saya. Berikut adalah review HP EliteBook 845 G9!

Desain

Desain HP EliteBook 845 G9

Tampilan HP EliteBook 845 G9 terlihat cukup sleek dan, ya, selayaknya laptop kantor kebanyakan. Kalau laptop ThinkPad dari Lenovo umumnya tampil dalam warna gelap, laptop seri kantor milik HP memang kebanyakan tampil dalam warna silver. Yang saya suka dari permukaan luarnya, tidak mudah membekas sidik jari. Ditambah logo HP baru yang juga stylish dan beri kesan futuristik.

Bodi HP EliteBook 845 G9 sendiri terbuat dari material aluminum “torsion-resistant”, terasa kokoh baik dari bodi bagian bawah sampai bagian panel layarnya yang tidak banyak flexing saat ditekan secara paksa menggunakan dua tangan. Ini adalah laptop yang aman untuk Gizmo friends bawa bepergian dari satu ruang meeting ke ruang meeting lainnya, meski dalam perjalanannya kepentok atau hanya memegang satu sudut ujung bodinya saja.

HP EliteBook 845 G9

Bagian layarnya bisa terbuka hanya dengan satu tangan. Walaupun cukup kompak, bobotnya sendiri mencapai kisaran 1,4 kilogram, tidak berat, tapi juga bukan yang paling ringan. Meski ketebalannya mencapai 19mm, saya tidak menganggap laptop ini tebal. Oh ya, bagian layarnya bisa dibuka hingga mendekati 180 derajat.

Kokoh? Iya. Prestis? Semua orang yang saya beri tahu harga laptop ini, cukup tertegun atau kaget, dan mengira ini hanyalah laptop kantor dengan harga standar. Beberapa lainnya menambahkan kalau tidak mengira harganya bakal semahal ThinkPad seri premium. Setidaknya menjadi kabar baik untuk konsumen yang inginkan laptop kantor canggih dalam tampilan sederhana, lebih mementingkan daya tahan baik hardware maupun data di dalamnya.

Layar

Layar HP EliteBook 845 G9

Niatnya mengedepankan keamanan, namun harus ada yang dikorbankan. Ketika pertama kali membawa spesifikasi HP EliteBook 845 G9 pada situs resminya, saya terkesima pada bagian layar. Memang terdengar standar awalnya, berukuran 14 inci dengan resolusi WUXGA 1200p, refresh rate 60Hz, gunakan rasio lebih tinggi yang pas untuk akses dokumen, serta cakupan warna 100% sRGB yang juga sudah jadi standar laptop premium—bahkan opsi lain di kelasnya bisa tawarkan panel OLED atau standar DCI-P3.

Ada dua poin yang bikin saya tercengang. Yang pertama, layar HP EliteBook 845 G9 bisa menyala sangat cerah sampai 1000 nits! Dengan begitu, kamu bisa membawa dokumen di mana saja termasuk di bawah terik sinar matahari sekalipun secara mudah. Yang kedua, teknologi HP Sure View yang bisa membuat tampilan layar jadi buram jika dilihat dari samping. Tak perlu takut ada yang mengintip informasi penting.

HP Sure View off - HP EliteBook 845 G9
Tampilan layar laptop tanpa mengaktifkan HP Sure View
HP Sure View on - HP EliteBook 845 G9
Dalam sekali klik, layar jadi buram dan lebih gelap dari sudut samping

Untuk mengaktifkan HP Sure View, hanya perlu menekan tombol F2, dan efeknya langsung terlihat. Sayangnya, ini membawa kekurangan yang, menurut saya, cukup mengganggu. Saat diaktifkan, kecerahan layar jadi turun dan agak sulit terlihat di luar ruangan. Meredupnya layar juga tidak menyebabkan baterai makin irit, karena justru jadi semakin boros.

Lebih lanjut, meski fitur HP Sure View dinonaktifkan, layar HP EliteBook 845 G9 menampilkan sudut pandang atau viewing angle yang tergolong minim, seolah menggunakan panel layar TN. Well, dilihat dari samping, konten masih kelihatan dengan warna yang tidak memudar. Tapi jadi menggelap—jangankan melihat dari samping, sudut layar juga harus pas supaya layarnya bisa benar-benar cerah. Sedikit terlalu ke atas atau ke bawah, berubah deh.

Padahal ada masanya posisi layar kita sesuaikan ketika sedang duduk dengan ketinggian kursi dan meja yang beragam. Sedangkan kalau kita cerahkan layar sebagai solusi, bakal mengorbankan baterai. Faktor yang harus dipertimbangkan, terutama bila Gizmo friends inginkan laptop yang layarnya bisa terlihat jelas dari berbagai sudut kemiringan pandangan.

Port & Konektivitas

Port HP EliteBook 845 G9

Menjadi laptop kelas bisnis, tentu urusan konektivitas harus prima. HP EliteBook 845 G9 hadir dengan jumlah port yang cukup banyak dan berjenis hampir lengkap; HDMI 2.0, dua USB-A 5Gbps, dua USB-C 40Gbps yang mendukung power delivery & DisplayPort 1.4, serta jack audio 3,5mm. Bila diperhatikan secara seksama, memang terlihat seolah ada dua port lainnya yang tertutup.

Masing-masing adalah slot untuk SmartCard, serta slot kartu SIM—di luar negeri, HP EliteBook 845 G9 juga hadir dengan opsi modem LTE untuk berselancar di internet tanpa jaringan Wi-Fi. Sayangnya di Indonesia, keduanya bersifat opsional. Untuk sambungan nirkabel, sudah mendukung WiFi 6E dan Bluetooth 5.2.

HP EliteBook 845 G9

Ya, laptop HP EliteBook satu ini tidak memiliki slot kartu SD, menjadi deal breaker terutama pebisnis yang juga bekerja atau memiliki hobi sebagai kreator konten. Di antara kedua sisi port, terdapat setup keyboard dengan dua tingkatan lampu backlit serta touchpad sangat besar dan nyaman untuk digunakan.

Keyboard pada HP EliteBook 845 G9 sangat nyaman untuk digunakan hingga berlama-lama, dengan feedback yang presisi, suara yang tidak terlalu berisik, dan kedalaman klik yang juga pas. Saya berhasil menyesuaikan kecepatan mengetik dengan cepat, bahkan mengetik lebih cepat dari laptop lain seperti realmeBook atau Acer Swift 3 OLED. Paling-paling, yang sedikit saya keluhkan adalah tombol empat arah di bawah kanan yang ukurannya relatif kecil.

Sementara di atas kanan, tombol power justru diletakkan di sebelah kiri tombol Delete. Tidak dibuat lebih keras, namun HP berikan solusi preventif lain, yakni harus menekannya lebih lama untuk benar-benar sleep atau mati. Kalau ditekan selayaknya mengetik atau menekan tombol Delete, tidak akan bereaksi apa-apa. Tak perlu khawatir salah tekan.

Fitur Lainnya

HP EliteBook 845 G9 - webcam
Webcam 5MP pada HP laptop ini punya kualitas di atas rata-rata

HP EliteBook 845 G9 hadir dengan sistem operasi Windows 11 Pro—bila diperlukan, opsi downgrade ke Windows 10 Pro juga tersedia. Selain untuk bekerja, laptop ini juga membawa tiga hardware yang optimal, membuatnya pas untuk conference call sampai menikmati konten multimedia ketika sedang ingin menghibur diri saat beristirahat.

Speaker HP EliteBook 845 G9

HP memberikan setup dua speaker yang menurut saya salah satu speaker terbaik di laptop Windows yang pernah saya ulas. Secara volume bisa mendekati MacBook, dengan bass yang juga cukup terdengar dan kejernihan yang patut diapresiasi bisa dihasilkan dari sebuah laptop bisnis. Tentunya speaker ini juga bakal sangat membantu ketika harus meeting virtual di kafe atau lokasi publik lainnya.

Dua mikrofon pada HP EliteBook 845 G9 juga sudah mendukung teknologi nosie reduction, yang bisa kita atur untuk mengambil suara dari depan saja, atau sekeliling. Ditambah dengan webcam 5MP yang berkualitas termasuk dalam kondisi kurang cahaya. Sedikit kekurangan ada pada sudut pandangnya yang standar, dan fitur HP AutoFrame yang masih kurang andal untuk mengikuti posisi wajah di dalam frame.

Fitur Keamanan

HP EliteBook 845 G9 - HP Wolf Security

Menjadi sebuah laptop bisnis dengan harga premium, salah satu faktor yang bisa menjadi pembenaran harganya adalah fitur keamanan yang ditawarkan. Jumlah aplikasi bawaan yang ada pada HP EliteBook 845 G9 memang tergolong cukup banyak, namun tidak semua harus Gizmo friends akses atau lakukan kustomisasi. Karena bisa otomatis bekerja ketika diperlukan.

HP Wolf Security jadi aplikasi inti yang berperan besar terhadap keamanan data di dalamnya, cegah data penting dari malware maupun ancaman lainnya. Meski tidak kita buka, proteksinya berjalan menyeluruh namun juga tidak intrusive (tidak menampilkan notifikasi mengganggu yang muncul terus menerus, misalnya).

HP EliteBook 845 G9

Ketika saya mengunduh file dari Microsoft Edge, setiap file unduhan otomatis dicek oleh HP Wolf Security. Ketika saya mengakses dokumen hasil unduhan, dokumen tersebut bakal dibuka pada layer lebih aman lewat HP Sure Click Secure View, yang seolah berjalan di atas Microsoft Office. HP juga sediakan browser bikinan sendiri yang diklaim bisa melindungi aktivitas jelajah internet lebih baik.

Opsi Windows Hello pada HP EliteBook 845 G9 terbilang lengkap. Webcam di atas layar juga dipasangkan dengan sejumlah sensor lainnya untuk mendeteksi wajah. Ingin gunakan metode lain? Ada sensor fingerprint di sebelah kanan touchpad. Dua opsi ini bisa dipilih maupun diaktifkan keduanya. Fingerprint juga bisa dipilih ketika pengguna memilih untuk menutup webcam dengan shutter fisik.

Performa

HP EliteBook 845 G9 - PCMark 10
HP EliteBook 845 G9 - Cinebench R23
HP EliteBook 845 G9 - CrystalDiskMark

HP EliteBook 845 G9 hadir dengan prosesor AMD Ryzen 9 Pro 6950HS, membawa 8 inti dan 16 thread dengan clock speed maksimum mencapai 4,9GHz ketika turbo aktif. Tergolong baru, arsitekturnya sudah gunakan proses fabrikasi 6nm, memiliki TDP 35 watt yang bisa meningkat sampai 50 watt ketika diperlukan.

Dipasangkan dengan GPU AMD Radeon 680M, bisa disimpulkan kalau HP EliteBook 845 G9 adalah laptop yang membawa performa cukup tinggi, pas bagi para pengguna yang menginginkan sebuah laptop dengan kelancaran yang terus terjamin, sebanyak apa pun aplikasi maupun dokumen yang diakses dalam satu waktu.

Varian yang hadir resmi di Indonesia hadir membawa RAM 16GB DDR5-4800MHz dual-channel dengan 1 slot yang masih kosong, serta storage 1TB berjenis PCIe NVMe TLC. Dalam penggunaan standar dengan aplikasi kantoran pada umumnya, kipas pada HP EliteBook 845 G9 selalu senyap.

Namun ketika sudah membuka cukup banyak tab pada browser, ditambah memutar video beresolusi tinggi dan lainnya, kipas tunggal pada HP EliteBook 845 G9 langsung berputar cukup kencang dengan noise yang lumayan terdengar. Dalam penggunaan lebih intensif, bagian kiri perangkat juga bakal terasa panas, terutama pada bagian bawah. Tidak sampai ke bagian keyboard, memang. Tapi bakal terasa sangat panas ketika dipegang, termasuk sisi samping kiri bodi.

Baterai

HP EliteBook 845 G9

HP menyematkan kapasitas baterai yang cukup besar ke dalam bodi HP EliteBook 845 G9. Bukan yang terbesar memang, namun baterai 3-cell 51Wh pada laptop ini bisa menunjang penggunaan kantoran seharian. Meski prosesornya tergolong bertenaga dan punya kecerahan layar di atas rata-rata, umumnya saya bisa gunakan laptop ini hingga 8-9 jam. Akses aplikasi harian seperti peramban (browser), Office, serta aplikasi edit foto.

Durasi tersebut juga sudah termasuk sesekali memutar lagu lewat Spotify, maupun mengaktifkan fitur HP Sure View ketika menginputkan data penting di keramaian. Daya tahan baterai HP EliteBook 845 G9 sudah bisa dibilang cukup dan bisa mengakomodir gaya hidup aktif tanpa harus sering mengisi daya. Bila diperlukan, terdapat charger 65W yang berikan daya penuh dalam kisaran waktu dua jam.

Charger HP EliteBook 845 G9

Saya sendiri memilih untuk menggunakan GaN charger dari smartphone pribadi, meski charger bawaan HP EliteBook 845 G9 sudah tergolong kompak untuk kelas charger bawaan laptop. Bagian kabelnya pun dibuat dengan material braided, berikan kesan premium sekaligus lebih awet ketika digunakan.

Kesimpulan

HP EliteBook 845 G9

HP EliteBook 845 G9 hadir sebagai laptop bisnis yang cukup buas, namun terlihat konvensional dari luar. Penggunaan prosesor AMD Ryzen 9 Pro membawa potensi yang besar untuk berbagai skenario penggunaan lebih berat. Sementara fitur keamanannya pun benar-benar memadai, berkat HP Wolf Security, opsi Windows Hello lengkap, sampai teknologi layar khusus berbasis hardware.

Sayangnya, fitur keamanan terakhir yang saya sebutkan tadi, juga sedikit mengganggu pengalaman penggunaan harian. Dengan harga premium, HP juga masih belum bisa berikan proteksi atas kerusakan yang tidak disengaja maupun on-site repair (layanan perbaikan di tempat). Akan lebih sempurna bila pengguna diberikan benefit lebih lengkap atau lebih spesial.

Spesifikasi HP EliteBook 845 G9

HP EliteBook 845 G9
Klik pada gambar untuk spesifikasi lebih lanjut.

General

Device Type Laptop
Model / Series HP EliteBook 845 G9
Released 23 December, 2022
Status Available
Price Rp37.000.000

Platform

Processor AMD Ryzen™ 9 PRO 6950HS (up to 4.9 GHz max boost clock, 16 MB L3 cache, 8 cores, 16 threads)
VGA (Graphic Card) AMD Radeon 680M
RAM (Memory) 16GB DDR5-4800MHz dual-channel (onboard)
Storage 1TB NVMe PCIe SSD
Operating System Windows 11 Pro

Body

Dimensions 315,6 x 224 x 19,2 mm
Display 14-inch diagonal, WUXGA (1920 x 1200), IPS, anti-glare, 1000 nits, 100% sRGB, HP Sure View Reflect integrated privacy screen
Battery 3-cell, 51Wh
65W AC adapter
Support USB-C charging

Connectivity

Webcam 5MP privacy camera
Bluetooth 5.2
Wi-fi 6E
NFC
I/O Interface 2 USB4™ Type-C® 40Gbps signaling rate (USB Power Delivery, DisplayPort™ 1.4); 2 SuperSpeed USB Type-A 5Gbps signaling rate (1 charging); 1 Stereo headphone/microphone combo jack; 1 HDMI 2.0

Other

Audio Stereo speakers by Bang & Olufsen
Features HP Premium Keyboard – spill-resistant, backlit keyboard, HP Wolf Security,

Artikel berjudul Review HP EliteBook 845 G9: Laptop Premium Bertenaga, Utamakan Fitur Keamanan yang ditulis oleh Prasetyo Herfianto pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/OiCq3ZP
via IFTTT