Jakarta, Gizmologi – Tokopedia mencatat kenaikan penjualan makanan dan minuman untuk berbuka atau takjil, selama minggu pertama Ramadan 2023. Berdasarkan periode data 23-29 Maret, kategori produk makanan jadi yang paling populer.

“Di kategori produk Makanan dan Minuman, ada peningkatan penjualan takjil tiga kali lipat selama seminggu awal Ramadan dari rata-rata transaksi mingguan sepanjang 2023 di Tokopedia. Ini karena puasa berburu takjil menjadi kegiatan yang sering dilakukan masyarakat,” kata Direktur Corporate Affairs Tokopedia Nuraini Razak, dalam keterangan resminya, Rabu (5/4/2023).

Ia menambahkan, beragam jenis takjil menjadi produk yang mengalami peningkatan transaksi secara signifikan di Tokopedia. Salah satu contohnya pemesanan kelapa muda yang naik hampir dua kali lipat dibandingkan dengan rata-rata transaksi mingguan sepanjang 2023.

Tak terkecuali cincau yang umumnya menjadi topping dalam berbagai jenis minuman dingin selama bulan puasa. Pasalnya, Kelapa muda dan cincau cenderung dicari banyak orang karena bisa membantu mencukupi kebutuhan elektrolit serta memelihara kesehatan lambung, terutama selama berpuasa.

Bahkan, kudapan seperti es pisang ijo yang terbuat dari pisang dibungkus lapisan tepung hijau tutut melonjak lebih dari dua kali lipat. “Transaksi takjil populer lainnya untuk buka puasa, seperti kolak pisang dan kurma, meningkat masing-masing sekitar 3,5 kali lipat, sedangkan penjualan kolang kaling–yang biasanya menjadi campuran takjil–melonjak hampir empat kali lipat,” kata Nuraini.

Ia mengeklaim Tokopedia memberi panggung UMKM makanan dan minuman lewat Tokopedia NYAM! dan membuat jumlah penjual melonjak belasan kali. Kini sudah ada sekitar 12 juta penjual di Tokopedia, yang hampir 100 persennya pelaku UMKM. Belasan juta pelaku usaha ini menjual berbagai kategori produk termasuk makanan dan minuman.

“Di bulan puasa, Tokopedia membantu para penjual makanan dan minuman, termasuk takjil, untuk meningkatkan penjualan sekaligus mempermudah masyarakat menemukan beragam pilihan takjil lewat berbagi upaya. Salah satunya lewat kampanye Tokopedia NYAM!” kata Nuraini.

Baca Juga: Permudah Lapor SPT, Tokopedia Catat Kenaikan Nilai Transaksi Pajak Online

Berburu Takjil Lewat Tokopedia Nyam

Takjil di Tokopedia Nyam
Tokopedia Nyam!

Lewat Tokopedia NYAM!, penjual makanan dan minuman bisa menjangkau pasar yang lebih luas. Para pembeli di sisi lain dapat menikmati cashback, flash sale, dan penawaran lain agar belanja produk makanan dan minuman makin hemat.

“Antusiasme masyarakat dalam mengikuti kampanye Tokopedia NYAM! di minggu pertama Ramadan 2023 meningkat drastis. Jumlah penjual di Tokopedia NYAM! melonjak hampir 12 kali lipat dibandingkan dengan periode yang sama di Ramadan tahun lalu. Jumlah pembeli yang berbelanja lewat Tokopedia NYAM! juga meningkat lebih dari 13 kali lipat,” jelas Nuraini.

Deliki, misalnya, salah satu UMKM makanan tanpa MSG, pengawet dan pewarna di Tokopedia NYAM!, mengalami kenaikan transaksi lebih dari 3,5 kali lipat selama seminggu awal bulan puasa dibandingkan dengan periode yang sama di Ramadan tahun lalu.

Berkat inisiatif Hyperlocal dan berbagai manifestasinya, Tokopedia mencatat beberapa daerah seperti Cimahi (Jawa Barat), Bantul (D.I. Yogyakarta), Badung (Bali), Denpasar (Bali) serta Makassar (Sulawesi Selatan) mengalami peningkatan jumlah penjual takjil paling tinggi selama seminggu pertama Ramadhan 2023, dibandingkan rata-rata mingguan jumlah penjual di 2023, dengan rata-rata peningkatan hampir 2 kali lipat.

Sedangkan Lampung Tengah (Lampung), Purwakarta (Jawa Barat), Tegal (Jawa Tengah), Batu (Jawa Timur) dan Gianyar (Bali) merupakan beberapa daerah dengan peningkatan jumlah pembeli takjil paling tinggi selama seminggu pertama Ramadhan 2023, dibandingkan rata-rata mingguan jumlah pembeli di 2023, dengan rata-rata peningkatan lebih dari 2 kali lipat.

“Secara keseluruhan, jumlah penjual dan pembeli takjil di Tokopedia masing-masing meningkat hampir 3 kali lipat selama seminggu pertama Ramadan 2023 dibandingkan rata-rata peningkatan penjual dan pembeli sepanjang 2023,” tutup Nuraini.

Artikel berjudul Penjualan Takjil di Tokopedia Naik 3 Kali Lipat di Minggu Pertama Puasa yang ditulis oleh Aditya Fajar pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/gJvFYCU
via IFTTT