Jakarta, Gizmologi – Indosat Ooredoo Hutchison optimis karena telah mengintegrasikan 100 persen jaringannya. Hal tersebut dipersiapkan untuk menghadapi lonjakan trafik data pada periode Idul Fitri dan mudik Lebaran 2023.

“Kita sangat ambisius karena sudah punya jaringan yang terintegrasi 100 persen. Jadi memberikan kita momentum yang sangat baik untuk merasakan pengalaman mudik yang luar biasa di kesempatan kali ini,” papar Presiden Direktur dan CEO Indosat Ooredoo Hutchison Vikram Sinha, Rabu (12/4) malam.

Dirinya menjelaskan, integrasi jaringan ini mengandalkan teknologi Multi Operator Core Network (MOCN) yang dilakukan di lebih dari 46 ribu sites di seluruh Indonesia. Integrasi didukung Ericsson, Huawei, dan Nokia sebagai penyedia perangkat radio, serta mitra-mitra transmisi, infrastructure tower, fiber optik, dan lainnya.

Kini, seluruh pelanggan Indosat, baik IM3 maupun Tri, sudah dapat merasakan jangkauan jaringan yang lebih luas dengan tambahan lebih dari 700 kecamatan, kualitas layanan di dalam ruangan yang lebih baik untuk tambahan 32 persen populasi, serta pengalaman internet yang lebih cepat hingga dua kali lipat.

“Ini menjadi suatu kekuatan baru untuk kita untuk menikmati layanan super dari IOH, baik untuk produk 3 maupun IM3. Network kita terintegrasi dan semua sudah di fully optimize. Teman-teman bisa rasakan di jalur mudik yang sudah kita test lebih lanjut dengan tim-tim yang ada di regional,” jelasnya.

Baca Juga: Sambut Tahun Baru 2023, Indosat Optimalkan Jaringan di 371 Lokasi Prioritas

Integrasi Jaringan untuk Menyambut Idul Fitri 2023

Integrasi Jaringan Indosat jelang Idul Fitri
Integrasi Jaringan Indosat Ooredoo Hutchison

Berdasarkan pengalaman di masa Ramadan dan Lebaran tahun sebelumnya, Indosat telah mengantisipasi peningkatan lalu lintas data tertinggi di area Jawa Barat, Banten, Sumatra Selatan, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Sebagai upaya mengantisipasi mobilitas pelanggan ke kampung halaman, Indosat juga melakukan optimalisasi jaringan di 9 jalur kereta, 17 jalan tol termasuk tol Jakarta-Surabaya, dan 30 jalan non-tol seperti Padang-Bukit Tinggi dan Banjarmasin-Martapura.

“Perusahaan telah mempersiapkan diri untuk mengantisipasi peningkatan tersebut, serta menambahkan kapasitas data lebih dari 30% untuk lonjakan trafik data harian,” ujar SVP Head of Network Operations ISAT, Agus Sulistio.

Lebih lanjut, Indosat juga sudah melakukan optimalisasi jaringan pada hampir 400 titik pusat keramaian di seluruh tanah air seperti destinasi wisata, pusat perbelanjaan, masjid, tempat peristirahatan, bandara, stasiun, terminal, dan pelabuhan. Di mana Indosat juga mengoperasikan command center fisik terpusat sejak H-3 Lebaran.

Hal tersebut dilakukan guna memastikan kecepatan unduh dan latensi yang lebih baik, dapat meningkatkan sekitar 20 persen pengalaman pelanggan untuk layanan utama seperti video streaming dan gaming. Kenaikan seiring meningkatnya penggunaan aplikasi dan messaging berbasis video seperti YouTube, TikTok, Instagram, Facebook, dan WhatsApp.

“Dengan dukungan lebih dari 2.000 petugas teknis yang bersiaga sepanjang waktu, tim Indosat Network Operation Center (INOC) dan Indosat Service Operation Center (ISOC) akan memantau ketersediaan dan kualitas jaringan secara nasional selama 24/7,” pungkasnya.

Artikel berjudul Sambut Idul Fitri, Indosat Pede Integrasi Jaringan 100% Fully Optimize yang ditulis oleh Aditya Fajar pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/FM4drGv
via IFTTT