Jakarta, Gizmologi – Tokopedia melalui ekosistem Mitra Bisnis Tokopedia mengupayakan dampak positif secara berkelanjutan untuk menjadi platform dengan skala dan lingkup yang lebih spesifik. Termasuk ragam produk digital, mulai dari pulsa hingga tagihan pembayaran.

“Di aplikasi Mitra Tokopedia, persentase pengguna produk digital (pulsa, paket data, game voucher, token listrik, dan lain-lain) jauh lebih tinggi dibandingkan dengan produk grosir (sembako dan produk fisik lainnya),” jelas Head of Mitra Tokopedia Carlo Yudhistira Praditya, Kamis, 13 April 2023.

Melihat data tersebut, lanjutnya, Tokopedia memutuskan untuk menyesuaikan bisnis kami dengan mengeliminasi fitur pembelian produk grosir di aplikasi Mitra Tokopedia. “Dan fokus memfasilitasi individu dan pemilik usaha untuk menjual 21 jenis produk digital dengan harga kompetitif, sehingga mereka bisa mendapatkan penghasilan lebih,” kata Carlo.

Sebanyak 21 jenis produk digital tersebut dibagi atas tiga kategori, yakni pertama pembelian yang mencakup lima produk seperti pulsa dan voucher game. Kedua dompet digital, yang mencakup tiga produk seperti saldo dompet Gojek dan top up GoPay. Ketiga, pembayaran yang mencakup 13 produk seperti Tagihan Tokopedia dan PDAM.

“Penyesuaian bisnis Mitra Tokopedia ini sejalan dengan tujuan grup perusahaan Tokopedia, yaitu grup GoTo, dalam membangun bisnis yang tetap bertumbuh secara jangka panjang,” imbuhnya.

Baca Juga: Ramadan 2023, Penjualan Hampers di Tokopedia Naik 3,5 Kali Lipat

Mitra Bisnis Tokopedia

Mitra Bisnis Tokopedia

Ia menambahkan selain memberikan manfaat kepada individu dan pemilik usaha, Mitra Tokopedia juga terus berupaya membantu masyarakat yang masih menghadapi tantangan dalam mengakses produk digital. “Untuk bisa lebih mudah membeli produk digital dari individu atau pemilik usaha (termasuk warung) yang bergabung di Mitra Tokopedia,” papar Carlo.

Melalui berbagai kolaborasi dan inovasi, Mitra Bisnis Tokopedia mencatat sejumlah wilayah yang mengalami peningkatan jumlah produk digital pada kuartal I 2023. Bahkan bila dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2022, dengan rata-rata peningkatan sebesar hampir 3x lipat.

Masyarakat di lebih dari 700 kota dan kabupaten di Indonesia bisa mengakses berbagai produk digital –seperti pulsa, paket data, game voucher, token listrik, tagihan BPJS, biaya pendidikan dan produk digital lainnya– melalui individu atau pemilik usaha yang bergabung di Mitra Tokopedia.

“Biaya pendidikan, internet dan TV kabel, serta E-Samsat merupakan sejumlah produk digital dengan pertumbuhan paling pesat di Mitra Tokopedia pada kuartal I-2023 dibandingkan dengan periode yang sama di 2022, dengan rata-rata peningkatan transaksi hampir empat kali lipat,” kata Carlo.

Selama Ramadan, Mitra Tokopedia menghadirkan kampanye Ketupat (Kembali Untung Dahsyat) dengan hadiah total hingga Rp 100 juta. Adapun kampanye ini merupakan bentuk apresiasi bagi individu maupun pelaku usaha yang memanfaatkan Mitra Tokopedia. Kampanye Ketupat berisi berbagai program, salah satunya THR Misi Rejeki.

Artikel berjudul Transaksi Digital Mitra Bisnis Tokopedia Cuan 5,5x Lipat yang ditulis oleh Aditya Fajar pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/j52xKYh
via IFTTT